PENINGKATAN LITERASI DIGITAL DAN NUMERASI SERTA BAHASA INGGRIS DI DESA RUMAH GERAT

Authors

  • Hebron Pardede Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Gomer Ikhtiar Gulo Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Perdinaria Sianipar Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Bernalenta Lafau Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Reni Mustika Gulo Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Lidia Monica Romauli Zega Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Michelle Cornelia Santoso Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13957

Keywords:

Pengabdian kepada masyarakat, Literasi Numerasi, Literasi Digital, Pendidikan dan Desa Rumah Gerat_

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat (PkM)) merupakan wujud nyata dari tugas dosen dan mahasiswa dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni aspek pengabdian. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat desa Rumah Gerat, maka terjadi sinergi antara perguruan tinggi dengan masyarakat sebagai wujud knowledge demokrasi. Tujuan pengabdian ini adalah Siswa memiliki motivasi yang tinggi dalam belajar, memiliki keterampilan atau teknik belajar yang efektif seperti memiliki keterampilan membaca buku, mencatat pelajaran dan persiapan ujian, memiliki sikap dan kebiasaan belajar yang positif, seperti disiplin dalam belajar dan mengikuti kegiatan belajar yang diadakan, memiliki keterampilan menetapkan perencanaan dan tujuan pendidikan, memiliki kesiapan mental dalam menghadapi ujian. Bentuk pelaksanaan kegiatan ini meliputi Kegiatan pembelajaran les belajar di Tk desa dan TK Elshadai dan diluar jam sekolah yang di adakan di posko mahasiswa/i, gotong royong, merapikan dokumen dikantor Desa serta membantu menginput data penduduk di Desa dan juga kegiatan tim PKK di Desa Rumah Gerat. Dengan dilaksanakannya Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) memberikan peningkatan dalam setiap pengambilan keputusan dilapangan dan menjadikan mahasiswa/i terus berfikir inovatif dalam menyikapi permasalahan yang ditemukan dilapangan. Dan berdasarkan kegiatan dan laporan yang sudah terselesaikan ini, maka dapat disimpulkan bahwasannya kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) sangat berdampak positif baik bagi siswa, mahasiswa dan seluruh masyarakat yang terlibat seperti orang tua, pemerintahan di desa, dan lainnya. Dan juga membantu siswa/i dan mahasiswa/i semakin berkembang dan meningkatnya jiwa sosial.  

References

Manalu, A., Laia, I. S. A., Giawa, B., Giawa, S., Zalukhu, A., Hia, M. G., & Gea, K. (2022). Program Bimbingan Belajar Sebagai Upaya Penangganan Learning Loss Selama Pembelajaran Daring Di SMP Negeri 3 Lolowau. Jurnal Abdimas Mutiara, 3(2), 20-25.

Naufal, H. A. (2021). Literasi digital. Perspektif, 1(2), 195-202.

Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi numerasi dalam pembelajaran tematik siswa kelas atas sekolah dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9-15.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.

Restianty, A. (2018). Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru Dalam Literasi Media. Gunahumas, 1(1), 72-87

Downloads

Published

2023-04-14

How to Cite

Pardede, H., Gulo, G. I. ., Sianipar , P. ., Lafau, B. ., Gulo, R. M. ., Zega, L. M. R. ., & Santoso, M. C. . (2023). PENINGKATAN LITERASI DIGITAL DAN NUMERASI SERTA BAHASA INGGRIS DI DESA RUMAH GERAT. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2095–2100. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13957