SOSIALISASI PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN PENYAKIT TIDAK MENULAR DI DESA PORAME

Authors

  • Yulta Kadang Universitas Widya Nusantara
  • Glenn Frekly S. Tapa Ngale Universitas Widya Nusantara
  • Nanang Cahyadi Universitas Widya Nusantara

Keywords:

Sosialisasi, Pencegahan, Pengendalian, Penyakit Tidak Menular.

Abstract

Tingginya angka kejadian penyakit menular dan tidak menular merupakan beban bagi semua elemen bangsa untuk bisa mencegahnya, terutama pada penyakit tidak menular yang dapat dicegah dengan pola hidup sehat. Peningkatan beban akibat penyakit tidak menular sejalan dengan meningkatnya faktor risiko yang meliputi meningkatnya tekanan darah, gula darah, indeks massa tubuh atau obesitas, pola makan tidak sehat, kurang aktivitas fisik, dan merokok. Tujuan kegiatan pengabdian sosilaisasi pencegahan dan pengendalian Penyakit Tidak Menular ini untuk mengedukasi kepada masyarakat agar bisa mencegah dan mengendalikan jenis penyakit tidak menular. Dalam melakukan kegiatan ini tim pengabdi bekerja sama dengan Puskesmas Kinovaro Dusun II Desa Porame. Metode yang diterapkan pada kegiatan sosialisasi ini mencakup: 1) pengukuran pengetahuan tentang PTM; 2) sosialisasi tentang PTM; 3) diskusi dan tanya jawab; 4) evaluasi akhir. Instrumen yang digunakan berupa kuisioner pre-post test. Kegiatan pengabdian ini dilakukan pada tanggal 16 Maret 2023. Masyarakat yang menghadiri sebanyak 29 orang. Sosialisasi terkait kejadian Penyakit Tidak Menular ini telah diselenggarakan di wilayah setempat dan berhasil menarik perhatian audiens untuk mengetahui dan mengenai Penyakit Tidak Menular. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang didapatkan dari analisis pengetahuan mencapai angka 72% memiliki pengetahuan baik setelah diberikan sosialisasi. Kegiatan pengabdian ini diharapkan mampu menjadi ajang perbaikan pengetahuan dan perilaku guna mencapai keadaan sehat yang optimal.

References

Ayukhaliza, Dinda Asa. 2020. “Faktor Risiko Hipertensi Di Wilayah Pesisir (Studi Pada Wilayah Kerja Uptd Puskesmas Tanjung Tiram).”

Dinas Kesehatan Sulawesi Tengah. (2021). Profil Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah (P. K. P. S. Tengah (ed.)). Dinkes Sulteng.

Eriyani. (2020). Deteksi Dini Faktor Resiko Penyakit Tidak Menular Di Rw 12 Desa Jayaraga Kecamatan Tarogong Kidul Kabupaten Garut. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM, 1(22), 2–6.

Indriyawati, N.,Widodo, Nurul M., Priyatno, D., Jannah, M. (2018). Skrining dan Pendampingan Penyakit Tidak Menular di Masyarakat. e-journal Jurusan Keperawatan, Poltekkes Kemenkes. Semarang (LINK, 14(1), 50-54.

Kemenkes RI. (2019). Buku Pedoman Pencegahan Penyakit Tidak Menular. Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular.

& Suci, A. (2020). Pemberdayaan Kader Kesehatan Dalam Mencegah Penyakit Tidak Menular Melalui Posbindu Ptm. Adimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 48

Ngale, T, S, F, G. (2022). Gambaran Pengetahuan dan Perilaku Keluarga Terhadap Tekanan Darah Di Desa Karawana.

Nur, N. N. (2021). Faktor Risiko Perilaku Penyakit Tidak Menular. Majority, 5(2), 88–94.

Rahayu, D., Irawan, H., Santoso, P., Susilowati, E., Atmojo, D. S., & Kristanto, H. (2021). Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular pada Lansia. Jurnal Peduli Masyarakat, 3(1), 91–96.

Rosidin, U., Witdiawati, W., Purnama, D., Sumarna, U., & Sumarni, N. (2022). Sosialisasi Program Cerdik Sebagai Upaya Pencegahan Penyakit Tidak Menular. JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), 3(4), 424–434.

Safitri, L. E., Agustikawati, N., & Adekayanti, P. (2022). Edukasi “CERDIK’’ Sebagai Upaya Pencegahan Penyakit Tidak Menular (PTM) Pada Siswa SMAN 1 Moyo Utara. Jurnal Pengabdian Ilmu Kesehatan, 2(2), 22–27.

Sudayasa, I. P., Rahman, M. F., Eso, A., Jamaluddin, J., Parawansah, P., Alifariki, L. O., Arimaswati, A., & Kholidha, A. N. (2020). Deteksi Dini Faktor Risiko Penyakit Tidak Menular Pada Masyarakat Desa Andepali Kecamatan Sampara Kabupaten Konawe. Journal of Community Engagement in Health, 3(1), 60–66.

Umayana, Haniek, T., Cahyati, Widya, H. (2015). Dukungan Keluarga dan Tokoh Masyarakat Terhadap Keaktifan Penduduk ke Posbindu Penyakit Tidak Menular. Jurnal Kesehatan Masyarakat, Universitas Negeri Semarang, KEMAS, 11 (1), 96-101.

WHO. (2018). Non Communicable Disease Country Profiles 2018. World Health Organization.

Yarmaliza, Y., & Zakiyuddin, Z. (2019). Pencegahan Dini terhadap Penyakit Tidak Menular (PTM) melalui GERMAS. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 2(3), 93–100.

Downloads

Published

2023-04-11

How to Cite

Kadang, Y., Ngale, G. F. S. T. ., & Cahyadi, N. . (2023). SOSIALISASI PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN PENYAKIT TIDAK MENULAR DI DESA PORAME. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1996–2001. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/13949