PEMBELAJARAN SAINS ANAK USIA DINI MELALUI METODE EKSPERIMEN

Authors

  • Anita Roslina Simanjuntak Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
  • Jane Koswojo Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
  • Regina Christine Takumansang Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13912

Keywords:

Pembelajaran Sains, Metode Eksperimen

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini, yaitu memberikan kesempatan pada anak untuk melatih scientific approach pada pembelajaran sains melalui eksperimen. Mitra kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu TK Dapena Surabaya yang berlokasi di jalan Dinoyo nomor 33, Surabaya. Kegiatan ini dilakukan selama 2 hari yang diikuti oleh guru kelompok B dan anak didik kelompok B di TK Dapena Suarabaya. Anak-anak kelompok B yang mengikuti kegiatan pembelajaran sains melalui eksperimen ini tampak antusias. Beberapa anak, yang awalnya pemalu dan pendiam menjadi lebih baik dari sebelumnya. Hal ini dikarenakan anak kelompok B belum mengikuti pembelajaran sains melalui eksperimen. Hasil pengabdian masyarakat ini menunjukan bahwa hasil rata-rata setelah diberikan kegiatan pembelajaran sains melalui metode eksperimen pada kelompok B yaitu tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa implementasi kegiatan pembelajaran sains melalui metode eksperimen sangat efektif bagi anak usia 5-6 tahun.

References

Ahmad Susanto. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta: Bumi Aksara.

Heni, N., & Ghina, W. (2020). Metode Pembelajaran Eksperimen Berbasis Belajar Di Rumah. Jurnal Tunas Siliwangi, 6(2), 98–104. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/2144/1146

Kemdikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kemdikbud.

Khaeriyah, E., Saripudin, A., & Kartiyawati, R. (2018). Penerapan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. AWLADY?: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 102. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i2.3155

Mursid. (2015). Pengembangan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Novie Azizah, E., Koesmadi, D. P., & Widyaningsih, I. (2021). Pengaruh Metode Eksperimen Melalui Media Realia Terhadap Kemampuan Sains Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1), 82–91. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i1.159

Rahardjo, M. M. (2019). Implementasi Pendekatan Saintifik Sebagai Pembentuk Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 148–159. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p148-159

Widhiasih, A. P., & Yunita, S. (2021). Pengembangan Permainan Interaktif Berbasis Teknologi Untuk Anak Usia Dini. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 1. https://doi.org/10.31000/ceria.v10i1.4831

Downloads

Published

2023-04-12

How to Cite

Simanjuntak, A. R., Koswojo, J. ., & Takumansang, R. C. . (2023). PEMBELAJARAN SAINS ANAK USIA DINI MELALUI METODE EKSPERIMEN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2078–2083. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13912