PEMBELAJARAN SAINS ANAK USIA DINI MELALUI METODE EKSPERIMEN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13912Keywords:
Pembelajaran Sains, Metode EksperimenAbstract
Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini, yaitu memberikan kesempatan pada anak untuk melatih scientific approach pada pembelajaran sains melalui eksperimen. Mitra kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu TK Dapena Surabaya yang berlokasi di jalan Dinoyo nomor 33, Surabaya. Kegiatan ini dilakukan selama 2 hari yang diikuti oleh guru kelompok B dan anak didik kelompok B di TK Dapena Suarabaya. Anak-anak kelompok B yang mengikuti kegiatan pembelajaran sains melalui eksperimen ini tampak antusias. Beberapa anak, yang awalnya pemalu dan pendiam menjadi lebih baik dari sebelumnya. Hal ini dikarenakan anak kelompok B belum mengikuti pembelajaran sains melalui eksperimen. Hasil pengabdian masyarakat ini menunjukan bahwa hasil rata-rata setelah diberikan kegiatan pembelajaran sains melalui metode eksperimen pada kelompok B yaitu tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa implementasi kegiatan pembelajaran sains melalui metode eksperimen sangat efektif bagi anak usia 5-6 tahun.References
Ahmad Susanto. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta: Bumi Aksara.
Heni, N., & Ghina, W. (2020). Metode Pembelajaran Eksperimen Berbasis Belajar Di Rumah. Jurnal Tunas Siliwangi, 6(2), 98–104. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/2144/1146
Kemdikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kemdikbud.
Khaeriyah, E., Saripudin, A., & Kartiyawati, R. (2018). Penerapan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. AWLADY?: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 102. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i2.3155
Mursid. (2015). Pengembangan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Novie Azizah, E., Koesmadi, D. P., & Widyaningsih, I. (2021). Pengaruh Metode Eksperimen Melalui Media Realia Terhadap Kemampuan Sains Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1), 82–91. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i1.159
Rahardjo, M. M. (2019). Implementasi Pendekatan Saintifik Sebagai Pembentuk Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 148–159. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p148-159
Widhiasih, A. P., & Yunita, S. (2021). Pengembangan Permainan Interaktif Berbasis Teknologi Untuk Anak Usia Dini. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 1. https://doi.org/10.31000/ceria.v10i1.4831
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Anita Roslina Simanjuntak, Jane Koswojo, Regina Christine Takumansang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.