PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PRAKTEK PENGAJARAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN PENGALAMAN DI UPTD SMP NEGERI 9 PEMATANG SIANTAR

Authors

  • Albert Welman Daulat Lumbangaol Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Herman Herman Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Yanti Kristina Sinaga Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Muktar B. Panjaitan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Dumaris E. Silalahi Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Juli Antasari Br Sinaga Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Melvin M. S Simanjuntak Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Lydia Purba Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Ridwin Purba Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13910

Keywords:

Calon Guru, Praktik Pengalaman Lapangan, Praktik Mengajar, Sekolah.

Abstract

PPL merupakan metode pembekalan mahasiswa kependidikan sekaligus mempersiapkan mereka menjadi tenaga kependidikan yang profesional. Pada kesempatan kali ini saya memilih untuk melakukan praktek lapangan di UPTD SMP Negeri 9 Pematang Siantar yang beralamat di Jl. km Medan. 4.5 Pematang Siantar, Sumber Jaya dan telah disetujui oleh Koordinator PPL UHN untuk menjadi tuan rumah PPL pada tahun 2022. Tujuan dari program PPL adalah untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar tentang, mengalami, dan tinggal di sekolah atau masalah pembelajaran terkait institusi: meningkat kemampuan siswa untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan interdisipliner mereka untuk pembelajaran berbasis sekolah. Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) yang akan selesai pada bulan Oktober 2022 meliputi pelaksanaan PPL terbimbing sebanyak 1 kali. Meski terdapat beberapa tantangan, kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di UPTD SMP Negeri 9 Pematang Siantar berjalan lancar. Dengan dukungan dan arahan dari berbagai pihak terutama sekolah itu sendiri, kami mampu mengatasi tantangan yang kami hadapi dan sangat membantu kelancaran pelaksanaan program PPL di sekolah..

References

Herman, H., Silalahi, D. E., and Sinaga, Y. K. (2022). Collaborative Teacher and Students Sebagai Realisasi Pembelajaran Inovatif. Indonesia Berdaya, 4(1), 267-272, DOI: 10.47679/ib.2023408

Manalu, R. J., Tumanggor, E. J., Sidauruk, M. A. B., Sitorus, H. A., Damanik, G. T. I., and Herman, H. (2023). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Script dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di SD Negeri 056915 Perumnas Batu 6 dalam Keterampilan Menyimak. Journal on Teacher Education, 4(3),204-211 DOI:

Sianipar, E. C., Simalango, L. M., Manik, R. B. B., Sianturi, R., Simbolon, C> H. V. B., Herman, H., and Simanjuntak, M. M. (2023). The Effect of School Learning Facilities on Students’ Learning Motivation at SDN 091302 Pematang Panei. Jurnal Scientia, 12(01), 330-334. https://doi.org/10.58471/scientia.v12i01.1113

Sinaga, J. A. B., Butarbutar, I. P., Pangaribuan, F., and Herman, H. (2023). In House Training: Upaya meningkatkan kemampuan guru dalam penulisan karya ilmiah di SMA Swasta Teladan Pematangsiantar. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 199-206. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12175

Downloads

Published

2023-04-09 — Updated on 2023-04-10

How to Cite

Lumbangaol, A. W. D. ., Herman, H., Sinaga, Y. K., Panjaitan, M. B. ., Silalahi, D. E. ., Sinaga, J. A. B. ., Simanjuntak, M. M. S. ., Purba, L. ., & Purba, R. . (2023). PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PRAKTEK PENGAJARAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN PENGALAMAN DI UPTD SMP NEGERI 9 PEMATANG SIANTAR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1933–1937. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13910