Mendidik Generasi Muda Mengenai Perkembangan Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat (Pengabdian di Desa Kanekes Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak – Banten)

Authors

  • Yusuf Faisal Ali STKIP Pasundan Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v2i1.1387

Keywords:

Generasi Muda, Kehidupan Sosial, Budaya, STKIP Pasundan Cimahi

Abstract

Memberikan pengetahuan mengenai perkembangan kehidupan sosial budaya masyarakat pada generasi muda merupakan hal yang sangat penting. Kebudayaan adalah keseluruhan pemikiran dan benda yang dibuat atau diciptakan oleh manusia dalam perkembangan sejarahnya. Namun di era digital ini anak muda semakin rawan kehilangan jati diri mereka sehingga kurang tertarik dengan perkembangan kehidupan sosial budaya masyarakat yang di lingkungan mereka. Hal inilah yang menjadi ke khawatiran bersama mengenai masalah Ke-kurang tertarikan generasi muda dengan perkembangan kehidupan sosial budaya masyarakat. Oleh karena it diperlukan wawasan mengenai perkembangan kehidupan sosial budaya masyarakat pada generasi muda. Hal inilah yang menjadi dasar program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan STKIP Pasundan Cimahi bekerjasama dengan masyarakat di di Desa Kanekes Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak – Banten untuk mengadakan pengabdian mengenai Memberikan pengetahuan mengenai perkembangan kehidupan sosial budaya masyarakat pada generasi muda. Dengan adanya pengabdian ini, diharapkan generasi muda dapat mempunyai pemahaman yang baik mengenai perkembangan kehidupan sosial budaya masyarakat.

Author Biography

Yusuf Faisal Ali, STKIP Pasundan Cimahi

STKIP Pasundan Cimahi

References

Hidayah, Y., Feriandi, Y. A., & Saputro, E. A. V. (2019). Transformasi Kearifan Lokal Jawa Dalam Pendidikan Karakter Sekolah Dasar. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1). https://doi.org/10.24252/auladuna.v6i1a6.2019

Kamil, M. (2010). Model Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: Alfabeta.

Malihah, E. (2015). An ideal Indonesian in an increasingly competitive world: Personal character and values required to realise a projected 2045 ‘Golden Indonesia.’ Citizenship, Social and Economics Education, 14(2), 148–156. https://doi.org/10.1177/2047173415597143

Mir, U., Hassan, D. S. M., & Qadri, M. (2014). Understanding Globalization and its Future: An Analysis, 34, 607–624.

Retnasari, L., Suyitno, S., & Hidayah, Y. (2019). Penguatan Peran Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Sebagai Pendidikan Karakter Religius. Jurnal Solma, 8(1), 32-38. https://doi.org/10.29405/solma.v8i1.2968

Sujoko, A. (2012). Peningkatan Kemampuan Guru Mata Pelajaran Melalui In House Training. Jurnal Pendidikan Penabur-No.18 tahun ke-11/Juni.

Wirawan. (2011). Evaluasi Teori Model Standar Aplikasi dan Profesi, Contoh Aplikasi Evaluasi Program: Pengembangan Sumber Daya Manusia, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pedesaan, Kurikulum, Perpustakaan, dan Buku Tes. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2021-02-27

How to Cite

Ali, Y. F. (2021). Mendidik Generasi Muda Mengenai Perkembangan Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat (Pengabdian di Desa Kanekes Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak – Banten). Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 89–93. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i1.1387