LOKAKARYA PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONALITAS BAGI GURU-GURU DI SMP KRISTEN TAABAH KAB MALAKA

Authors

  • Adriana I.S. Sole Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Christofel Saetban Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Hemi D. Bara Pa Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Misael Boineno Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Donal J. Biaf Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Dominggus Y. Selan Institut Agama Kristen Negeri Kupang,
  • Nofriana Benu Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Putra Nggadas Institut Agama Kristen Negeri Kupang

Keywords:

Kompetensi Profesional Guru, Perilaku Anak Remaja

Abstract

Guru yang profesional dapat dilihat dari kemampuannya dalam merencanakan pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran, dan mengevaluasi pembelajaran. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk melengkapi guru-guru di SMP Kristen Taabah agar dapat mendampingi siswa-siswi SMP Kristen Taabah sebagai anak remaja dalam menjalani masa pubertas, untuk memperlengkapi siswa-siswi agar menjalani masa pubertas dengan sebaiknya dan menjauhi perilaku menyimpang akibat masa pubertas dan untuk memperlengkapi guru-guru dengan materi mendesain media pembelajaran agar guru-guru yang baru selesai pendidikan dan direkrut untuk mengajar di SMP Kristen taabah bisa mendesain media pembelajaran dan mempermudah proses pembelajaran di kelas melalui media yang didesain oleh guru-guru di SMP Kristen taabah. Dalam pelaksana kegiatan ini menggunakan metode ceramah, demonstrasi, tanya jawab dan latihan. Hasil kegiatan yang dilakukan di SMP Kristen Tabaah berdasar hasil evaluasi melalui pengamatan maka kegiatan yang dilakukan berhasil yakni guru-guru memahami apa yang disampaikan dan mampu menerapkannya melalui latihan, anak remaja memahami dan berkomitmen untuk menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

References

Boiliu, D. D. dan F. M. (2020). Pergaulan Teman Sebaya Dalam Pembentukan Konsep Diri Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 381–388.

Boiliu, F. M., & Sinaga, S. (2021). Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Berbasis Student Centered Learning di Sekolah. Jurnal Education and DevelopmentInstitut, 9(2), 120–126.

Hamalik, O. (2010). Manejemen Pengembangan Kurikulum. PT Remaja Rosdakarya,.

Jasmisari, M., & Herdiansah, A. G. (2022). Kenakalan Remaja Di Kalangan Siswa Sekolah Menengah Atas Di Bandung: Studi Pendahuluan. Aliansi?: Jurnal Politik, Keamanan Dan Hubungan Internasional, 137–145.

Maryuti, I. A., & Sari, N. P. W. P. (2022). Prediktor Kenakalan Remaja: Merokok, Mendramatisir, dan Berkelahi. Jambura Nursing Journal, 4(1), 22–31.

Merdekawaty, A. (2018). Peran Gurudalam Menanggulangi Kenakalanremaja. Jurnal Kependidikan, 2(2), 77–86.

Nur, H., & Daulai, N. (2020). Dinamika Perkembangan Remaja: Problematika dan Solusi. Kencana.

Pohan, Z. A., Siregar, F. Z., & Sembiring, N. S. K. B. (2022). Strategi Masyarakat Menghadapi Perilaku Buruk Remaja. Khazanah: Journal of Islamic Studies Vol, 1(1), 1–15.

Rahmadanita, A. (2022). Rendahnya Literasi Remaja di Indonesia: Masalah dan Solusi. Jurnal Pustaka Ilmiah, 8(2), 54–61.

Refnandes, R., Fajria, L., & Nelwati. (2023). Hubungan Kontrol Diri dan Spiritualitas dengan Kenakalan Remaja di Kota Padang. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 33(1), 487–494.

Septiawan, R. R., & Sugiyo. (2020). Kenakalan Remaja Dilihat dari Regulasi Emosi dan Penyesuaian Sosial pada Siswa SMP Indonesian. Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 9(2), 111–115.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2001). Media Pengajaran. Sinar Baru.

Supriadi. (2019). Peran Pendidik Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa-Siswi Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Lingang Bigung. Ejournal Sosiatri-Sosiologi, 7(4), 76–86.

Downloads

Published

2023-04-09

How to Cite

Sole, A. I. ., Saetban, C. ., Pa, H. D. B. ., Boineno, M. ., Biaf, D. J. ., Selan, D. Y. ., Benu, N. ., & Nggadas, P. . (2023). LOKAKARYA PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONALITAS BAGI GURU-GURU DI SMP KRISTEN TAABAH KAB MALAKA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1877–1883. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/13868