PELATIHAN PENYIAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK BAGI GURU DI LINGKUNGAN PERGURUAN AL JAM’IYATUL WASHLIYAH KOTA TASIKMALAYA

Authors

  • Maesaroh Lubis Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Sulidar Fitri Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Ahmad Zaki Mubarak Universitas Islam KH. Ruhiat Cipasung Tasikmalaya
  • Hani Rubiani Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Elfan Fanhas Fatwa Khomaeny Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Rikha Surtika Dewi Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13864

Keywords:

Pelatihan, Media, Pembelajaran, TIK

Abstract

Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, guru harus terampil menyiapkan strategi pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara optimal. Diantara unsur strategi pembelajaran adalah keterampilan dalam memilih, menyiapkan dan memfungsikan media pembelajaran disamping pemilihan metode dan model pembelajaran. Seiring dengan perubahan kurikulum maka guru dituntut adaptif terhadap dinamika dan perkembangan peserta didik. Adaptasi tersebut berkaitan dengan cara guru menggunakan media pembelajaran yang berbasis pada Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Tak dapat dipungkiri bahwa perubahan kurikulum sedikit banyak telah membawa dampak bagi banyak guru, hal tersebut diakibatkan oleh lompatan teknologi informasi yang sangat cepat, akibatnya banyak guru yang melaksanakan tugasnya sebatas formalisme belaka, dan kondisi ini berujung pada kondisi kualitas peserta didik.Untuk tujuan tersebut pelatihan ini diselenggarakan.Pelatihan ini diberikan kepada guru-guru di lingkungan Perguruan Al Washliyah Kota Tasikmalaya. Perguruan Al Washliyah adalah lembaga pendidikan yang dikelola oleh organisasi sosial kemasyarakatan (ormas) Islam Al Jam’iyatul Washliyah, diikuti oleh 37 orang guru yang terdiri dari guru MTs (Madrasah Tsanawiyah), RA (Raudatul Athfal), TKIT (Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu) dan MDA (Madrasah Diniyah). Pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas guru dalam menunjang kualitas pembelajaran.

References

Falahudin, I. 2014. “Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran.” Jurnal Lingkar Widyaiswara 4 (1).

Johar, Asahar, Eko Risdianto, and Desty Asriyani Fera Indriyati. 2014. “Perancangan Dan Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Bidang Studi Bahasa Inggris Di Kelas Vii Smp Negeri 1 Kota Bengkulu Dengan Menggunakan Php Dan Mysql.” Rekursif 2 (1).

Junedi, Beni, Isnaini Mahuda, and Jaka Wijaya Kusuma. 2020. “Optimalisasi Keterampilan Pembelajaran Abad 21 Dalam Proses Pembelajaran Pada Guru MTs Massaratul Mut’allimin Banten.” Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 16 (1). https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i1.1963.

Nurrita, Teni. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah 3 (1). https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171.

Rumidjan, Sumanto, Sukamti, and Sri Sugiharti. 2017. “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar.” Abdimas Pedagogi 1 (1).

Downloads

Published

2023-04-17

How to Cite

Lubis, M., Fitri, S. ., Mubarak, A. Z. ., Rubiani, H. ., Khomaeny, E. F. F. ., & Dewi, R. S. . (2023). PELATIHAN PENYIAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK BAGI GURU DI LINGKUNGAN PERGURUAN AL JAM’IYATUL WASHLIYAH KOTA TASIKMALAYA . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2178–2182. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13864