PENGUATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMBELAJARAN GURU TKIT DAN SDIT AR-RAHMAN I SIMPANG PEUT KABUPATEN NAGAN RAYA

Authors

  • Jamal Mildad Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas FISIPOL, Fakultas Ekonomi, Universitas Teuku Umar
  • Yoyon Safrianto Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Teuku Umar
  • Rollis Juliasnyah Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Teuku Umar

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v1i2.1386

Keywords:

Penguatan Kemampuan Komunikasi, Pembelajaran Guru TKIT SDIT, Ar-Rahman I Simpang Peut Nagan Raya

Abstract

Hakikat Komunikasi adalah suatu proses sosial antar manusia, terjadi interaksi individu dengan lingkungannya akhirnya menyebabkan perubahan perilaku tidak paham menjadi paham. Guru waktu bersamaan melakukan komunikasi dengan anak didik, penukaran informasi. Komunikasi terjadi jika penyampai informasi, mengerti bentuk dan pola komunikasi yang baik. Komunikasi keterampilan mengajar guna memenuhi capaian dari pembelajaran. Kegiatan pengabdian pada SDIT dan Taman Kanak Islam Terpadu (TKIT) Ar-Rahman I Nagan Raya terletak di Lorong Cot Ganti Desa Simpang Peut Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya berdiri sejak tahun 2011. Jumlah lulusan TKIT 210 anak. Sekarang ini sebanyak 92, terdiri dari 54 murid laki-laki dan 38 anak murid perempuan. Dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM) di jalankan oleh sejumlah Guru sebanyak delapan orang dan satu orang kepala sekolah. Kesembilannya terdiri dari Eliza, S.Hum. selaku kepala sekolah, beserta dewan guru yang terdiri dari Sandi Herawati, A.MK, Rahmawati, A.Ma, Nursawida, S.Pd. I, Siti Aisyah, S. KM, Nurmayani, Era Diana,S. KM, Yulia Citra dan Anita serta Eka Yuni Kartika. Kelas A anak didik berjumlah 40 orang dan kelas B berjumlah 41 orang anak didik, komunikasi pendidikan dalam mentransfer ilmu kepada anaka didik melalui komunikasi efektif di TKIT dan SDIT Ar-Rahman I Nagan Raya.

Author Biographies

Jamal Mildad, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas FISIPOL, Fakultas Ekonomi, Universitas Teuku Umar

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas FISIPOL, Fakultas Ekonomi, Universitas Teuku Umar

Yoyon Safrianto, Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Teuku Umar

Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Teuku Umar

Rollis Juliasnyah, Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Teuku Umar

Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Teuku Umar

References

Aang Ridwan. Filsafat Komunikasi, Bandung: Pustaka Setia, 2003

Ainur Rofieq, Materi Pelatihan Keterampilan Teknik Instruksional, Universitas Muhammadiyah Malang, 2013.

Ahmad A.S. Paradigma Ilmu Komunikasi dalam Pendidikan Tinggi. Jurnal: ISKI No. 5, Jakarta. 1993.

Anwar Arifin. Ilmu Komunikasi: Sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: Rajawali Press. 1988.

Deddy Mulyana. Nuansa-nuansa Komunikasi; Meneropong Politik dan Budaya Komunikasi Masyarakat Kontemporer. Bandung: Rosda karya, 2001.

Ellis, The Dimension of Proverty dalam Social Indicator Reseacrh. G.F.R. 1984

Ocky Karna Radjasa, Panduan Pelaksanaa Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi, Edisi XI Tahun 2017.

Onong Uchjana Effendy, Ilmu,Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Rosdakarya. 2004.

Tim Penyusun¸ Buku Panduan Pelaksanaan dan Standar Operasional Prosedur (SOP) Pengabdian Kepada Masyarakat Secara Insidentil, Meulaboh : LPPM & PM Universits Teuku Umar, 2018

Ujang Saifullah, Kapita Selekta Komunikasi, Pendekatan Budaya dan Agama, Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2013.

Downloads

Published

2020-06-29

How to Cite

Mildad, J., Safrianto, Y., & Juliasnyah, R. (2020). PENGUATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMBELAJARAN GURU TKIT DAN SDIT AR-RAHMAN I SIMPANG PEUT KABUPATEN NAGAN RAYA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 190–194. https://doi.org/10.31004/cdj.v1i2.1386