MANAJEMEN NYERI DENGAN KOMPRES JAHE PADA LANSIA DENGAN RHEUMATOID ARTHRITIS

Authors

  • Ani Syafriati STIKES Mitra Adiguna Palembang
  • R.A Fadila STIKES Mitra Adiguna Palembang

Keywords:

Lanjut Usia, Nyeri, Rheumatoid Artritis, Jahe Merah

Abstract

Rheumatoid Artritis (RA) merupakan penyakit muskuloskeletal yang sering terjadi pada usia lanjut. Gangguan pada sistem muskuloskeletal yang ditandai dengan munculnya nyeri sendi dan kekakuan yang mengakibatkan penurunan kemampuan fisiologis atau kualitas hidup lansia. Dampak dari rheumatoid artritis dapat menimbulkan beberapa keluhan dan dapat menyebabkan kelumpuhan. Tujuan pengabdian masyarakat ini untuk memberikan edukasi terapi non farmakologi yaitu kompres jahe terhadap penurunan tingkat nyeri rheumatoid artritis pada lansia serta mengajarkan lansia cara penerapan kompres jahe saat dirumah. Hasil ukur data pengabdian masyarakat ini menggunakan rancangan pra-eksperimental dengan jenis pre-posttest one group design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 62 orang lansia yang dipilih dengan cara lansia yang masuk kriteria. Hasil penelitian melalui uji statistik wilcoxon test menunjukkan adanya pengaruh penurunan intensitas nyeri sebelum dan sesudah diberikan kompres jahe dengan p value = 0,000 < 0,05 Sehingga ada pengaruh antara kompres jahe terhadap penurunan tingkat nyeri rheumatoid artritis pada lansia.

References

Azizah, (2011) Keperawatan usia lanjut. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Admin, (2013). Lansia dan permasalahannya. Cetakan Pertama. Jakarta: EGC Bambang Setiyohadi (2009). Ilmu Penyakit Dalam. Jakarta

Darmojo, (2011) Geriatrik : ilmu kesehatan usia lanjut. Jakarta : FKUI Damayanti, (2015). Rheumatoid artritis dan penatalaksanaan keperawatan. Nuha Medika: Yogyakarta

Ferawati, (2017). Efektifitas kompres jahe merah hangat dan serai terhadap penurunan intensitas nyeri artritis rheumatoid pada lanjut usia. Bojonegoro: STIKes Insan Cendekia Husada Bojonegoro.

Hernani, (2010) Kandungan bahan aktif jahe dan pemanfaatannya dalam bidang kesehatan. Bogor

Heny,S. (2018). Kompres jahe berkhasiat dalam menurunkan intensitas nyeri rheumatoid artritis, Jurnal Mutiara Ners

Kemenkes RI, (2018) Riset kesehatan dasar tahun 2018. Jakarta : Kementruian Kesehatan RI.

Maramis, (2016) Catatan ilmu kedokteran jiwa edisi 2. Surabaya : Airlangga Marpaung,S.(2013).Jumlah penderita rheumatoid artritis di sumatera utara.

Mujahidullah, (2012) Keperawatan geriatrik merawat lansia dengan cinta dan kasih saying. Yogyakarta : Penerbit Pustaka Pelajar

Notoatmodjo, S (2010) Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta Ninda,W. (2016). Pengaruh kompres jahe merah terhadap penurunan intensitas nyeri rheumatoid artritis puskesmas balam Medan Sunggal.

Nyoman, (2009). Ilmu penyakit dalam. Jakarta

Notoatmodjo, S (2010) Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta Nursalam,(2011) Konsep dan penerapan metodologi penelitian ilmu keperawatan. Jakarta : Penerbit Salemba Medika.

Prasetyo, (2010) Konsep dan proses keperawatan nyeri. Yogyakarta : Graha Ilmu Siti Bandiyah, (2015). Lanjut usia dan keperawatan gerontik. Cetakan Kedua. Jakarta: EGC.

Sugiono. (2010) Metode penelitian pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiono, (2013). Sampel dan populasi. Jakarta

Smart, (2010) Rematik dan asam urat : Pengobatan dan terapi sampai sembuh total. Yogyakarta : Penerbit Plus Books.

Saryono, (2011) Metodologi penelitian keperawatan. Purwokerto : UPT. Percetakan dan Penerbitan UNSOED.

Tamher, S (2009) Kesehatan usia lanjut dengan pendekatan asuhan keperawatan. Jakarta : Penerbit Salemba Medika.

Downloads

Published

2023-04-09

How to Cite

Syafriati, A. ., & Fadila, R. . (2023). MANAJEMEN NYERI DENGAN KOMPRES JAHE PADA LANSIA DENGAN RHEUMATOID ARTHRITIS. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1848–1853. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/13857