RUMAH CERDAS DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAGI ANAK-ANAK SEKOLAH DASAR DI DESA AEK GODANG
Keywords:
Rumah Cerdas, Pendidikan, Bimbingan Belajar, KKNAbstract
Pendidikan disekolah tidak selamanya sesuai dengan hasil yang diharapkan, oleh karena itu diperlukan pembelajaran tambahan untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan yang di cita-citakan orangtua. Berbagai upaya dilakukan untuk mengatasi permasalahan pendidikan yang ada di desa-desa seluruh inidonesia, salah satunya yaitu melalui program Kerja yang dilakukan oleh mahasiswa KKN T Institut Teknologi dan Sains Paluta yaitu dengan mendirikan rumah cerdas bagi anak-anak desa Aek Godang. Rumah cerdas merupakan rumah yang dibuat untuk sumber pembelajaran setelah kegiatan pembelajaran disekolah. Program rumah cerdas ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan peserta didik dan membantu dalam meningkatkan prestasi bagi anak-anak sekolah dasar. Kegiatan ini dilakukan di desa Aek Godang, Kecamatan Batang Onang, Kabupaten Padang Lawas Utara, bentuk kegitan yang dilaksanakan terdiri dari bimbingan belajar membaca, belajar menghitung, belajar menulis dan lain sebagainya. Kegiatan ini memberikan hasil berupa peningkatan pemahaman dan pengetahuan peserta didik akan pentingnya belajar dan menumbuhkan semangat belajar anak-anak sekolah dasar untuk menimba ilmu dan menguasai kemampuan membaca, berhitung.References
Aliyyah, R. R., Septriyani, W., Safitri, J., Nur, S., & Ramadhan, P. (2021). KULIAH KERJA NYATA?: PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT. 5(2), 663–676.
Amelia, J. (2021). Pentingnya Penerapan Bimbingan Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid 19 di Desa Bronjong Kecamatan Bluluk. 2(2).
Covid-, P., Yektyastuti, R., Nuroniah, L., Julia, L., Andiani, M., Sukahami, D., Megamendung, K., & Bogor, K. (2020). Rumah Pintar?: Bimbingan Belajar Siswa Sekolah Dasar di Masa pandemi. https://doi.org/10.30997/ejpm.v2i1.3585
Febriyanti, R. H. (2017). PENGGUNAAN METODE COMMUNICATIVE LANGUAGE TEACHING PADA GURU TUTOR DI BIMBINGAN BELAJAR. 4(3), 319–328.
Manurung, L. W., Sihotang, S., & Hasugian, E. V. (2022). Bimbingan Belajar Gratis sebagai Upaya Social-Distancing bagi Siswa di SMP Negeri 2 Lintong Nihuta. 3(April), 239–246.
Muzaqi, A., Ratih, K., & Sutopo, A. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik melalui Bimbel pada Masa Pandemi Covid-19. 1(2).
Saltifa, I., & Putri, Y. (2021). Program bimbingan belajar bagi siswa sekolah dasar pada masa pandemi covid-19 di Desa Paling Serumpun ? Altruis.
Santoso, A., Rusmawati, Y., Lamongan, U. I., Ekonomi, F., & Lamongan, U. I. (2019). Pendampingan belajar siswa di rumah melalui kegiatan bimbingan belajar di desa guci karanggeneng lamongan. 2(2), 36–43.
Sueca, I. N. (2020). Pendampingan bimbingan belajar di rumah bagi siswa sd dusun buruan tampaksiring untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa. 3, 207–210.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Feri Irawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.