This is an outdated version published on 2023-04-08. Read the most recent version.

PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF BAGI KOMUNITAS PEREMPUAN PESISIR PADA MASA AFTER PANDEMICOVID-19 DI DESA GALESO KAB POLEWALI MANDAR

Authors

  • Wandi Abbas Universitas Sulawesi Barat
  • Sutrisno Sutrisno Universitas Sulawesi Barat
  • Asma Amin Universitas Sulawesi Barat
  • Andi Ismira Universitas Sulawesi Barat
  • Sriwiyata Ismail Universitas Sulawesi Barat

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13810

Keywords:

UMKM, Polewali mandar, Kelompok Wanita, Sipatuo

Abstract

Pada era globalisasi dan otonomi daerah, desa merupakan bagian yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan pembangunan dan bersetuhan langsung dengan masyarakat terutama dalam peningkatan perekonomian warga desa. Seperti halnya di desa Galeso, Salah satu kegiatan yang dilakukan ialah dengan memanfaatkan potensi yang ada di desa agar dapat menjadi solutif bagi warga desa yakni pemanfaatan hasil laut menjadi produk yang bernilai ekonomis.  Masalah yang timbul dan dihadapi di desa Galeso adalah minimnya pemahaman dan pengetahuan kelompok UKM perempuan pesisir terkait pemanfaatan dan pengelolaan hasil laut untuk menjadi sesuatu yang memiliki nilai ekonomis tinggi yakni pembuatan abon ikan. Metode yang digunakan dalam kegitana ini ialah melalui pelatihan langsung kepada kelompok wanita Sipatuo yakni dengan tahap Sosialisasi, pengolahan dan pemnafaatan hasil laut ikan. Tujuan pelaksanaan program ini adalah menyediakan media untuk pengelolaan potensi yang dimiliki desa Galeso yakni dengan melakukan pelatihan kepada Kelompok Wanita UKM Sipatuo agar dapat mengembangkan potensi hasil laut menjadi produk olahan. Pelaksanaan kegiatan ini meliputi; proses produksi mulai dari penghalusan, penggorengan abon, proses packaging untuk  pengemasan dan pemasaran yang dilakukan secara konvensinal dan melalui e-commerce. Adapun Hasil dari kegiatan ini ialah menghasilkan kelompok wanita yang lebih prduktif yang nantinya dapat digunakan untuk kebutuhan pribadi kelompok wanita dan dapat dijual ke daerah lain khususnya di kabupaten Polewali Mandar.

References

Abbas, W., Sutrisno, S., & Ambarwati, L. (2023). Instilling Utilization of Corn Cob Waste Fermentation for Animal Feed by “Mesa Pau” Farmers Group in Ihing Village. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 6(1).

Abbas, W., & Sutrisno, S. (2022). Pengembangan website desa sebagai sistem informasi dan inovasi di desa indu makkombong, kabupaten polewali mandar. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(2), 505-512.

Bentian, B. (2015). Peranan Perempuan dalam Meningkatkan Kesejahteraan Taraf Hidup Keluarga di Desa Kalawat Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Administrasi Publik, 2(30).

Rohmah, N. L. (2016). Pemberdayaan Perempuan Pesisir dalam Pengelolaan Ikan Laut untuk Meningkatkan EKonomi Keluarga (Studi Kasus Desa Purworejo, Bonang, Demak, Jawa Tengah) (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).

Sembiring, M. (2018). Karakteristik Dan Kontribusi Nelayan Perempuan Pencari Kerang Dlam Meningkatkan Pendapatan Keluarga Di Desa Siti Ambia Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Singkil (Doctoral Dissertation, Unimed).

Downloads

Published

2023-04-08

Versions

How to Cite

Abbas, W. ., Sutrisno, S., Amin, A. ., Ismira, A. ., & Ismail, S. . (2023). PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF BAGI KOMUNITAS PEREMPUAN PESISIR PADA MASA AFTER PANDEMICOVID-19 DI DESA GALESO KAB POLEWALI MANDAR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1803–1807. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13810