PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN DI SMK NEGERI 1 KOTA TEBING TINGGI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13763Keywords:
Pembelajaran, Dalam Jaringan, Perangkat Pembelajaran Digital, Covid-19Abstract
Revolusi industri 4.0 mendorong tersebut harus segera direspon cermat untuk menyelaraskan edukasi 4.0 dengan industri 4.0 PKM bertujuan membantu meningkatkan kompetensi pedagogik guru SMK Negeri 1 Kota Tebing Tinggi secara khusus dalam pengembangan perangkat pembelajaran digital untuk mendukung pembelajaran dalam jaringan. Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dilaksanakan dengan beberapa tahapan, yaitu: perencanaan, pelatihan, pendampingan berkelanjutan, dan evaluasi. Peserta PKM adalan guru SMK Negeri 1 Kota Tebing Tinggi. PKM dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kota Tebing Tinggi. PKM dilaksanakan dari tanggal 15 November 2021 sampai 23 November 2021. Pelaksanaan PKM berhasil. Hal ini dapat dilihat dari produk perangkat pembelajaran yang telah dihasilkan seperti: rencana pelaksanaan pembelajaran; lembar kerja peserta didik, materi ajar berbasis digital dan media menggunakan Powtoon: Video Maker relatif cukup baik. Keberhasilan PKM tidak diukur hanya berhasil mencapai tujuan, tetapi PKM juga menciptakan proses dan pengalaman pelatihan yang berkualitas untuk peserta.References
Azam, Q., & Rachman, F. (2020). Memetakan Efek dan Kebutuhan Anak di desa Perkebunan Sawit di Provinsi Sumatera Utara Pada Masa Pandemi COVID-19. Medan.
Bahtiar, F. (2020). KPAI-FSGI: 53% Guru Berorientasi Kurikulum Saat Belajar dari Rumah. Diambil 11 Maret 2021, dari https://edukasi.sindonews.com/ website: https://news.detik.com/berita/d-4994539/kpai-fsgi-53-guru-berorientasi-kurikulum-saat-belajar-dari-rumah
Catherine, R. N. (2020). Survei KPAI-FSGI: Guru Masih Mengejar Penuntasan Kurikulum dalam Pelaksanaan PJJ. Diambil 11 Maret 2021, dari https://news.detik.com/ website: https://edukasi.sindonews.com/read/10239/144/survei-kpai-fsgi-guru-masih-mengejar-penuntasan-kurikulum-dalam-pelaksanaan-pjj-1588061060
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djiwandono, S. E. W. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.
Feriansyah, Muhammad Iqbal, & Simarmata, J. (2019). Kewargaan Digital: Warga Digital dalam Kepungan Hiperkoneksi. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Irwanto. (2006). Focused Group Discussion. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2009). Models of Teaching: Model-model Pembelajaran (Delapan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kabatiah, M., Siagian, L., Wahyudi, A., Batubara, A., & Rachman, F. (2022). Pendampingan Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Pengelolaan Kelas Dalam Jaringan. Mitra Abdimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1–5. Diambil dari http://jurnal.medanresourcecenter.org/index.php/MABDIMAS/article/view/395
Kyriacou, C. (2009). Effective Teaching in Schools: Theory and Practice (Third). Delta Place: Nelson Thornes.
Malik, H. K. (2008). Teori Belajar Andragogi dan Aplikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Inovasi, 5(2), 1–16.
Partnership for 21st Century Skills. (2008). 21st Century Skills, Education & Competitiveness: A Resource and Policy Guide. Diambil dari https://eric.ed.gov/?id=ED519337
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. (n.d.).
Rachman, F., & Azam, Q. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal of Moral and Civic Education, 5(1), 42–55. https://doi.org/10.24036/8851412512021536
Rachman, F., & Fitra, I. (2020). Kewarganegaraan dan Kesehatan: Partisipasi Warga dalam Penanganan Pandemi COVID-19 di Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 5(2), 289–303. https://doi.org/10.17977/um019v5i2p289-303
Rachman, F., Muhtaj, M. El, Siregar, M. F., Perangin-angin, R. B. B., & Prayetno, P. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Untuk Mewujudkan Desa Pakam Peduli Hak Asasi Manusia. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 6(3), 241–250. https://doi.org/10.35334/JPMB.V6I3.2487
Rachman, F., Prayetno, P., Muhtaj, M. El, Perangin-angin, R. B. B., & Siregar, M. F. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Pembangunan Berbasis Hak Asasi Manusia di Kecamatan Besitang Kabupaten Langkat. Abdi: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.24036/ABDI.V5I1.316
Rashty, D. (1999). eLearning Process Models. Dikutip dari http://www. addwise. com/articles/e-learning_Process_Models. pdf.
Savitri, A. (2019a). Bonus Demografi 2030: Menjawab Tantangan serta Peluang Edukasi 4.0 dan Revolusi Industri 4.0. Semarang: Penerbit Genesis.
Savitri, A. (2019b). Revolusi Industri 4.0; Mengubah Tantangan Menjadi Peluang di Era Distrupsi 4.0. Semarang: Penerbit Genesis.
Setyosari, P. (2017). Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(5), 20–30. https://doi.org/10.17977/um031v1i12014p020
Yusuf, B. B. (2018). Konsep dan Indikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan, 1(2), 13–20.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fazli Rachman, Liber Siagian, Maryatun Kabatian, Abdinur Batubara, Arief Wahyudi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.