PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN DI SMK NEGERI 1 KOTA TEBING TINGGI

Authors

  • Fazli Rachman Universitas Negeri Medan
  • Liber Siagian Universitas Negeri Medan
  • Maryatun Kabatian Universitas Negeri Medan
  • Abdinur Batubara Universitas Negeri Medan
  • Arief Wahyudi Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13763

Keywords:

Pembelajaran, Dalam Jaringan, Perangkat Pembelajaran Digital, Covid-19

Abstract

Revolusi industri 4.0 mendorong tersebut harus segera direspon cermat untuk menyelaraskan edukasi 4.0 dengan industri 4.0 PKM bertujuan membantu meningkatkan kompetensi pedagogik guru SMK Negeri 1 Kota Tebing Tinggi secara khusus dalam pengembangan perangkat pembelajaran digital untuk mendukung pembelajaran dalam jaringan. Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dilaksanakan dengan beberapa tahapan, yaitu: perencanaan, pelatihan, pendampingan berkelanjutan, dan evaluasi. Peserta PKM adalan guru SMK Negeri 1 Kota Tebing Tinggi. PKM dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kota Tebing Tinggi. PKM dilaksanakan dari tanggal 15 November 2021 sampai 23 November 2021. Pelaksanaan PKM berhasil. Hal ini dapat dilihat dari produk perangkat pembelajaran yang telah dihasilkan seperti: rencana pelaksanaan pembelajaran; lembar kerja peserta didik, materi ajar berbasis digital dan media menggunakan Powtoon: Video Maker relatif cukup baik. Keberhasilan PKM tidak diukur hanya berhasil mencapai tujuan, tetapi PKM juga menciptakan proses dan pengalaman pelatihan yang berkualitas untuk peserta.

References

Azam, Q., & Rachman, F. (2020). Memetakan Efek dan Kebutuhan Anak di desa Perkebunan Sawit di Provinsi Sumatera Utara Pada Masa Pandemi COVID-19. Medan.

Bahtiar, F. (2020). KPAI-FSGI: 53% Guru Berorientasi Kurikulum Saat Belajar dari Rumah. Diambil 11 Maret 2021, dari https://edukasi.sindonews.com/ website: https://news.detik.com/berita/d-4994539/kpai-fsgi-53-guru-berorientasi-kurikulum-saat-belajar-dari-rumah

Catherine, R. N. (2020). Survei KPAI-FSGI: Guru Masih Mengejar Penuntasan Kurikulum dalam Pelaksanaan PJJ. Diambil 11 Maret 2021, dari https://news.detik.com/ website: https://edukasi.sindonews.com/read/10239/144/survei-kpai-fsgi-guru-masih-mengejar-penuntasan-kurikulum-dalam-pelaksanaan-pjj-1588061060

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djiwandono, S. E. W. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Feriansyah, Muhammad Iqbal, & Simarmata, J. (2019). Kewargaan Digital: Warga Digital dalam Kepungan Hiperkoneksi. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Irwanto. (2006). Focused Group Discussion. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2009). Models of Teaching: Model-model Pembelajaran (Delapan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kabatiah, M., Siagian, L., Wahyudi, A., Batubara, A., & Rachman, F. (2022). Pendampingan Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Pengelolaan Kelas Dalam Jaringan. Mitra Abdimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1–5. Diambil dari http://jurnal.medanresourcecenter.org/index.php/MABDIMAS/article/view/395

Kyriacou, C. (2009). Effective Teaching in Schools: Theory and Practice (Third). Delta Place: Nelson Thornes.

Malik, H. K. (2008). Teori Belajar Andragogi dan Aplikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Inovasi, 5(2), 1–16.

Partnership for 21st Century Skills. (2008). 21st Century Skills, Education & Competitiveness: A Resource and Policy Guide. Diambil dari https://eric.ed.gov/?id=ED519337

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. (n.d.).

Rachman, F., & Azam, Q. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal of Moral and Civic Education, 5(1), 42–55. https://doi.org/10.24036/8851412512021536

Rachman, F., & Fitra, I. (2020). Kewarganegaraan dan Kesehatan: Partisipasi Warga dalam Penanganan Pandemi COVID-19 di Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 5(2), 289–303. https://doi.org/10.17977/um019v5i2p289-303

Rachman, F., Muhtaj, M. El, Siregar, M. F., Perangin-angin, R. B. B., & Prayetno, P. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Untuk Mewujudkan Desa Pakam Peduli Hak Asasi Manusia. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 6(3), 241–250. https://doi.org/10.35334/JPMB.V6I3.2487

Rachman, F., Prayetno, P., Muhtaj, M. El, Perangin-angin, R. B. B., & Siregar, M. F. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Pembangunan Berbasis Hak Asasi Manusia di Kecamatan Besitang Kabupaten Langkat. Abdi: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.24036/ABDI.V5I1.316

Rashty, D. (1999). eLearning Process Models. Dikutip dari http://www. addwise. com/articles/e-learning_Process_Models. pdf.

Savitri, A. (2019a). Bonus Demografi 2030: Menjawab Tantangan serta Peluang Edukasi 4.0 dan Revolusi Industri 4.0. Semarang: Penerbit Genesis.

Savitri, A. (2019b). Revolusi Industri 4.0; Mengubah Tantangan Menjadi Peluang di Era Distrupsi 4.0. Semarang: Penerbit Genesis.

Setyosari, P. (2017). Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(5), 20–30. https://doi.org/10.17977/um031v1i12014p020

Yusuf, B. B. (2018). Konsep dan Indikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan, 1(2), 13–20.

Downloads

Published

2023-04-11

How to Cite

Rachman, F., Siagian, L., Kabatian, M. ., Batubara, A., & Wahyudi, A. (2023). PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN DI SMK NEGERI 1 KOTA TEBING TINGGI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2023–2028. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13763