SOSIALISASI LITERASI KEUANGAN DIGITAL DALAM PENGEMBANGAN WISATA PANTAI DI DESA SUNGAI BUNTU
Keywords:
UMK, Aplikasi Digital, Keuangan DigitalAbstract
Sosialisasi literasi keuangan digital telah diselenggarakan di Desa Sungaibuntu, Kecamatan Pedes, Kabupaten Karawang pada 5 Oktober 2022. Acara tersebut dihadiri oleh 30 peserta dari UKM setempat dari pendaftar sebanyak 50 orang. Materi sosialisasi meliputi konsep keuangan digital, aplikasi keuangan digital, dan perencanaan keuangan bagi UKM, meliputi penghematan, investasi, serta pengurangan hutang. Pemberian doorprize bagi peserta yang aktif bertanya dan motivasi untuk menggunakan aplikasi keuangan digital juga dilakukan. Sebelum acara, dilakukan survey pendahuluan yang menunjukkan bahwa para pengusaha UKM di Pantai Samudera Baru dan Pantai Pelangi Desa Sungaibuntu belum memahami sepenuhnya konsep keuangan digital dan penggunaan aplikasi keuangan digital. Namun, setelah acara sosialisasi dilakukan, para peserta berhasil memahami dan mempraktikkan konsep-konsep tersebut. Indikator keberhasilan acara sosialisasi meliputi pemahaman konsep keuangan digital, pemahaman penggunaan aplikasi keuangan digital, perubahan perilaku pengelolaan keuangan, keinginan untuk memberikan informasi lanjutan tentang literasi keuangan digital kepada orang lain, kepuasan dan kemampuan menguasai materi, serta pemahaman untuk tidak banyak melakukan pengeluaran konsumtif. Dalam kesimpulannya, acara sosialisasi literasi keuangan digital di Desa Sungaibuntu telah berhasil memberikan edukasi dan informasi yang berguna bagi para peserta dan diharapkan dapat membantu pengembangan UKM di daerah tersebut.References
Bank Indonensia. (2020). Peraturan Bank Indonesia. 6(May), 1–5.
Bintariningtyas, S., Mulyaningsih, T., & Ratwianingsih, L. (2021). E-commerce dan Literasi Digital UMKM di Kabupaten Madiun di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Manajemen, Ilmu Ekonomi Kreatif Dan Bisnis, 10, 25. http://ekomaks.unmermadiun.ac.id/index.php/ekomaks
Efendi, N., Budiono, Priyono, A. F., Ervani, E., Sapulette, S., & Dewi, V. I. (2022). Pelatihan Literasi Keuangan Digital kepada Pengusaha Mikro di Kabupaten Bandung Jawa Barat. Panrita Abdi; Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 81–90.
Fadillah, A., & Pospos, F. W. (2022). Sosialisasi dan edukasi dalam rangka peningkatan literasi keuangan non tunai. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 686–693. https://doi.org/10.31949/jb.v3i4.3402
Fuadi, D. S., Akhyadi, A. S., & Saripah, I. (2021). Systematic Review: Strategi Pemberdayaan Pelaku UMKM Menuju Ekonomi Digital Melalui Aksi Sosial. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.21831/diklus.v5i1.37122
International Finance Corporation & the SME Finance Forum. (2021). MSME Digital Finance. International Finance Corporation and the SME Finance Forum for the G20 Global Partnership for
Lestari, R. I., & Santoso, D. (2021). Meningkatkan literasi keuangan digital pada pelaku UMKM melalui sosialisasi gerakan nasional non-tunai Info Artikel Abstrak Sosial Berskala Besar ( PSBB ) serta mulai mengkampanyekan social distancing dan stay at home . Wali Kota Semarang menyatakan penti. 4(36), 378–390. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i3.10947
Nidya Waras Sayekti. (2019). Tantangan Perkembangan Ekonomi Digital di Indonesia. Info Sngkat, 10(05). https://doi.org/10.31227/osf.io/d89jm
Primasari, N. S., & Ghofirin, M. (2021). Sosialisasi Kesiapan Masyarakat Menuju Transaksi Digital di Era New Normal Life. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.25008/altifani.v1i1.110
Susila, A. R. (2013). Potensi Ekonomi Daerah Dalam Pengembangan Umkm Unggulan Di Kota Tangerang. Fakultas Ekonomi Universitas Terbuka, 1–9. http://repository.ut.ac.id/1414/1/Artikel Arief Rahman Susila.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nanu Hasanuh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.