MENGGALI POTENSI DIRI PEREMPUAN BALI SEBAGAI STIMULUS MENINGKATKAN EKONOMI DESA BAYUNG GEDE

Authors

  • Putu Ayu Titha Paramita Pika Universitas Pendidikan Nasional
  • Kadek Darmaastawan Universitas Pendidikan Nasional

Keywords:

Perempuan, Kecantikan, UMKM, Pembinaan Kesejahteraan Keluarga

Abstract

Perekonomian nasional yang belum merata di Indonesia menjadi fokus utama saat ini. Indonesia adalah negara yang memiliki ribuan pulau yang memuat beberapa provinsi dan banyak desa di dalamnya. Indonesia merupakan negara yang bergantung pada pembangunan pedesaan karena merupakan daerah yang berpotensi membantu perekonomian nasional. Desa-desa di Indonesia, termasuk di Bali, memiliki potensi untuk menopang perekonomian nasional melalui Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Perempuan merupakan salah satu dari sekian banyak potensi desa yang ada di Bali. Namun yang menjadi permasalahan adalah perempuan, khususnya di pedesaan, dianggap memiliki kegiatan yang terbatas karena tingkat pendidikan yang rendah serta kurangnya keterampilan dan kesempatan kerja bagi perempuan di perdesaan. Selain itu, perempuan di desa juga menghadapi kendala yang dikenal dengan triple burden of women, dimana perempuan harus menjalankan fungsi reproduksi, produksi, dan sosial secara bersamaan di masyarakat. Oleh karena itu kegiatan pengabdian masyarakat ini menggali potensi diri perempuan desa di Bali khususnya di bidang kecantikan, agar perempuan desa di Bali dapat berkontribusi membangun ekonomi desa dan bangsa dengan segala keterbatasannya. Kegiatan pengabdian masyarakat ini telah menghasilkan kemampuan baru bagi perempuan desa di Bali dalam bidang kecantikan dalam bentuk seni menata rambut atau hairdo yang diperoleh melalui sosialisasi dan pelatihan.

References

Gresya, Febbyana Intan, Ainul Yaqin, Shofihatul Maula, Salwa Rania Jasmine, Septia Nurafifatul Jannah, Sekar Ayu Rarasati, Muhammad Rafli Maulana Badar, Rania Alifia Imawan, Adellya Tabitha Safa Marcella, Gilbert Anselmo Rajagukguk, Dan Dewi Puspa Arum. 2022. “Peningkatan Pemahaman Digital Marketing Pada Para Pelaku Usaha Mikro Di Kelurahan Sidodadi Melalui Kegiatan Sosialisasi.” Community Development Journal?: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3(2):895–99. Doi: 10.31004/Cdj.V3i2.4958.

Hikmah Andini, Ully, Mochamad Saleh Soeaidy, Dan Ainul Hayat. 2022. Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Dari Desa Tertinggal Menuju Desa Tidak Tertinggal (Studi Di Desa Muktiharjo Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati). Vol. 2.

Holistik, Jurnal, Dan I. X. Tahun. 2016. Peran Wanita Dalam Menunjang Perekonomian Rumah Tangga Keluarga Petani Tradisional Untuk Penanggulangan Kemiskinan Di Desa Kuwil Kecamatan Kalawat.

Megawaty, Dyah Ayu, Setiawansyah Setiawansyah, Imam Ahmad, Dyah Aminatun, Berlinda Mandasari, Debby Alita, Reza Pustika, Dan Dinda Titian Lestari. 2022. “Penerapan Dan Pelatihan Web Pkk Desa Purworejo Kota Gajah Lampung Tengah.” Community Development Journal?: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3(1):339–44. Doi: 10.31004/Cdj.V3i1.4031.

Normansyah, Normansyah. 2022. “Memberdayakan Umkm Dalam Ekonomi Di Kelurahan Bunut Kecamatan Kisaran Barat Kabupaten Asahan.” Community Development Journal?: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3(2):379–83. Doi: 10.31004/Cdj.V3i2.4272.

Tjiptaningsih, Wahyu. 2017. Pemberdayaan Perempuan Dalam Upaya Peningkatan Ekonomi Keluarga (Studi Kasus Pada Kelompok Usaha Perempuan Di Desa Sindangkempeng Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon).

Yusda, Desi Derina, Tyas Desita Wengrum, Hikmah Justiti Adiastuti, Eka Travilta Oktaria, Dan Pipit Novilasari. 2021. “Pelatihan Usaha Kecil Menengah Ibu Pkk Kelurahan Banjar Sari, Metro Utara.” Community Development Journal?: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2(2):288–92. Doi: 10.31004/Cdj.V2i2.1320.

Downloads

Published

2023-04-03

How to Cite

Pika, P. A. T. P. ., & Darmaastawan, K. . (2023). MENGGALI POTENSI DIRI PEREMPUAN BALI SEBAGAI STIMULUS MENINGKATKAN EKONOMI DESA BAYUNG GEDE. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1702–1706. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/13635