Pelatihan Peningkatan Inovasi Virtual Reality (VR) Millealab Bagi Guru SDN 05 Kampung Jawa Kota Solok

Authors

  • Budi Yanto Universitas Pasir Pengaraian
  • Satria Riki Mustafa Universitas Pasir Pengaraian
  • Asep Supriyanto Universitas Pasir Pengaraian
  • Risnofiardi Risnofiardi SDN 05 Kampung Jawa Kota Solok

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13505

Keywords:

Millealab, Virtual Reality, PkM, Guru, Siswa

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk: (1) memberikan pengenalan kepada guru-guru SDN 05 Kampung Jawa Kota solok mengenai media pembelajaran Virtual Reality dengan Millea Lab sebagai alternatif media pembelajaran berbasis IT, dan (2) melatih guru-guru untuk mampu memanfaatkan media pembelajaran berbasis Virtual Reality. Kegiatan dilakukan dengan metode pelatihan yang dilakukan selama 3 tahap, tahap pertama pelatihan terkait pengenalan macam-macam media pembelajaran yang digunakan sesuai dengan perkembangan Revolusi Industri 5.0 salah satu media yang digunakan adalah media pembelajaran berbasis Virtual Reality dengan Millea Lab. Pelatihan tahap 2 dengan materi tentang pelatihan penggunaan media pembelajaran berbasis Virtual Reality dengan Millea Lab dalam pembelajaran serta tahap ketiga melakukan evaluasi dan pemantapan. Dengan hasil 80 persen guru mampu dan bisa menggunakan tool Millealab, serta bagaimana mengkoneksikan dengan akun Millealab Viewer, selanjutnya memberikan quiz, dan penilaian terhadap siswa yang telah mengikuti dan mempelajari media pembelajaran ini. Terhadap siswa memberikan daya tarik dalam pembelajaran, sehingga dengan memberikan pelatihan ini siswa semangat dan antusias untuk menggunakan media Virtual Reality

References

Anshari Nur, M. N. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Multimedia, Animasi dan Virtual Reality Pada Pembelajaran Saintifik. Jurnal Fokus Elektroda?: Energi Listrik, Telekomunikasi, Komputer, Elektronika Dan Kendali), 3(4). https://doi.org/10.33772/jfe.v4i2.14663

Asikin, N., Nevrita, N., & Alpindo, O. (2019). Pelatihan Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Reality untuk Guru-Guru IPA Kota Tanjungpinang. Jurnal Anugerah,1(2). https://doi.org/10.31629/anugerah.v1i2.1606

I Sagala, 2021. (2021). Pemanfaatan Fitur Google untuk Mendukung e-Government di Tingkat Desa / Kelurahan. 5(3), 113–118.

Kumoro, D. T., Saputri, D. S. C., & Apriani, A. (2017). Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Untuk Guru Smp. Semnasteknomedia ….

Murwonugroho, W., Suryani, V., Akkapurlaura, A., Aryo, L., & Rinanti, A. (2022). Penguatan Pembelajaran Jarak Jauh Praktikum Mikrobiologi Lingkungan Berbasis Augmented Reality dan Virtual Reality. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1). https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.677-686.2022

Nur, M. N. A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Multimedia, Animasi dan Virtual Reality Pada Pembelajaran Saintifik. Jurnal Fokus Elektroda?: Energi Listrik, Telekomunikasi, Komputer, Elektronika Dan Kendali), 3(4). Nurhadi, Z., Estu, S., & H., I. (2017). Perancangan Media Pembelajaran Virtualisasi Masjidil Harram Dengan Virtual Reality. Prosiding Seminar Nasional Teknoka, 2(2502).

Rizkyani, B. (2019). Front.O VR: Sistem Pelatihan Hotel Front Desk Officer Berbasis Realitas Virtual. EProceedings of Applied Science, 5(2).

Suherman, Ahmad, D., Rusyda, N. A., Zafirah, A., & Agusti, F. A. (2019). Penggunaan Aplikasi Virtual Geometry Berbasis Augmented Reality Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 8(4).

Yanto, B., Setiawan, A., & Husni, R. (2020). PKM Blended Learning dengan Google Classroom for Education bagi Guru SMA Sederajat di Kecamatan Tambusai Provinsi Riau. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(01). https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01.209

Downloads

Published

2023-04-05

How to Cite

Yanto, B., Riki Mustafa, S., Supriyanto, A. ., & Risnofiardi, R. (2023). Pelatihan Peningkatan Inovasi Virtual Reality (VR) Millealab Bagi Guru SDN 05 Kampung Jawa Kota Solok. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1782–1788. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13505