PELATIHAN PEMBUATAN MATERI VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN POWERPOINT 365 DI SD NEGERI 75 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13488Keywords:
Guru SD, Media Pembelajaran, PPT Interaktif.Abstract
Kemajuan teknologi informasi haruslah diadopsi oleh penyelenggara pendidikan pada semua level (termasuk sekolah dasar) untuk meningkatkan kualitas bahan ajar yang menarik bagi para peserta didiknya. SD Negeri 75 Palembang merupakan salah satu sekolah yang memiliki kepedulian akan pesatnya kemajuan teknologi informasi yang dapat dilibatkan pada dunia pendidikan mereka. Microsoft PowerPoint 365 merupakan salah satu software pengolah presentasi yang memiliki banyak kegunaan mulai dari kemampuan presentasi biasa sampai dengan presentasi berbasiskan audio video yang menarik. Video hasil olahan Microsoft PowerPoint 365 selanjutnya bisa diupload ke YouTube sehingga bisa lebih mudah disebarkan kepada para peserta didiknya. Melalui workshop pembuatan materi ajar menggunakan Microsoft PowerPoint 365 para Pengajar dan Staf di SD Negeri 75 Palembang memiliki tambahan keahlian dalam membuat materi ajar yang menarik sampai jadi suatau video pembelajaran. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta workshop dapat menangkap materi workshop dengan baik dan tertarik untuk melanjutkan workshop selanjutnya dengan menggunakan software-software presentasi atau pembelajaran lainnya.References
Abdillah, L. A. (2020). Stigma Terhadap Orang Positif COVID-19. In Pandemik COVID-19: Antara Persoalan dan Refleksi di Indonesia. Yayasan Kita Menulis.
Abdillah, L. A., Alwi, M. H., Simarmata, J., Muhammad Bisyri, Nasrullah, Asmeati, Sakir, Gusty, S., Affandy, N. A. & Bachtiar, E. (2020). Aplikasi Teknologi Informasi: Konsep dan Penerapannya. Yayasan Kita Menulis.
Abdillah, L. A., Handayani, T., Rosalyn, E. R. & Mukti, Y. I. (2021). Collaborating Digital Social Media for Teaching Science and Arabic in Higher Education during COVID-19 Pandemic. IJAZ ARABI: Journal of Arabic Learning, 4(1), 12–25. https://doi.org/10.18860/ijazarabi.v4i1.10793
Abdillah, L. A. & Kurniasti, A. (2022). Mobile-based COVID-19 Vaccination Registration Application Prototype. SinkrOn?: Jurnal Dan Penelitian Teknik Informatika, 7(3), 2152–2159. https://doi.org/10.33395/sinkron.v7i3.11779
Al-Tabany, T. I. B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Prenada Media.
Dewi, M. D. & Izzati, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif Berbasis RME Materi Aljabar Kelas VII SMP. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 217. https://doi.org/10.31941/delta.v8i2.1039
Laili, R., Abdillah, L. A., Yulianingsih, E. & Seprina, I. (2021). Sharing Informasi Pedoman Cuci Tangan Untuk Pencegahan COVID-19 Berbasis Sosial Media di SD Negeri 88 Palembang. JPKMBD (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bina Darma), 1(1), 67–73. https://doi.org/10.33557/pengabdian.v1i1.1349
Mirnawati. (2020). Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. Jurnal Didaktika, 9(1), 98–112. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/download/14/12
Sholekah, A. W. (2020). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Materi Pencemaran Lingkungan Melalui Model PjBL Siswa Kelas VII SMPN 9 Salatiga. Jurnal Pendidikan Mipa, 10(1), 16–22. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.260
Supratman, E., Abdillah, L. A., Hurriyati, D. & Mukmin, C. (2022). Tracer Study Berbasis Teknologi Informasi dan Psikologi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bina Darma, 2(1), 38–47. https://doi.org/10.33557/pengabdian.v2i1.1686
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Leon Abdillah, Fitria Aprilia, Neisya Neisya, Dwi Hurriyati
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.