EDUKASI PENGGUNAAN OBAT SELAMA BULAN RAMADHAN DI DESA KALIBAKUNG, KABUPATEN TEGAL

Authors

  • Ikrima Khaerun Nisa STIKes Muhammadiyah Tegal
  • Nur Rahmah Hidayati STIKes Muhammadiyah Tegal
  • Tutik Wuryandari STIKes Muhammadiyah Tegal

Keywords:

Penggunaan Obat, Ramadhan, Edukasi

Abstract

Indonesia adalah negara dengan penduduk mayoritas beragama Islam, yaitu sebesar 87,18%. Islam merupakan agama mayoritas di Provinsi Jawa Tengah yaitu sebesar 96,74%. Bulan Ramadhan adalah bulan suci bagi umat muslim diseluruh dunia, dimana setiap penganutnya diwajibkan untuk berpuasa sebulan penuh. Hal ini disebabkan keutamaan bulan tersebut, meskipun terdapat keringanan bagi mereka yang tidak dapat melaksanakan puasa karena alasan sakit, banyak masyarakat yang mengusahakan dirinya untuk tetap melakukan ibadah puasa Ramadhan. Bagi masyarakat yang tidak dalam kondisi sehat dan ingin tetap melaksanakan ibadah puasa tentunya akan mempengaruhi pola penggunaan obat yang berbeda dari hari-hari biasa. Perubahan jadwal penggunaan obat perlu diperhatikan agar tidak mempengaruhi efek terapi yang sedang dijalani. Penyuluhan dilakukan dengan metode ceramah, tanya jawab, dan kuisioner. Terdapat peningkatan antara sebelum dan sesudah penyuluhan dilakukan yang memberikan yang memberikan peningkatan pengetahuan pada peserta, yang dapat bermanfaat bagi mereka yang ingin melaksanakan puasa dalam kondisi tidak sehat tanpa mempengaruhi terapi yang sedang dijalani.

References

Ghani, Fatimah. 2013. Most Muslims say they fast during Ramadan. Pew Research Center. https://www.pewresearch.org/fact-tank/2013/07/09/global-median-of-93-of-muslims-say-they-fast-during-ramadan/ (diakses tanggal 09 September 2022).

Grindrod K, Alsabbagh W. 2017. Managing medications during Ramadan fasting. CPJ/RPC, No.03, Vol. 150, halaman 146-149.

Patel NR, Kennedy A, Blickem C, et al. Having diabetes and having to fast: a qualitative study of British Muslims with diabetes. Health Expect 2015;18(5):1698-708.

Khalife T, Pettit JM, Weiss BD. Caring for Muslim patients who fast during Ramadan. Am Fam Physician 2015;91(9):641-42.

Downloads

Published

2023-03-26

How to Cite

Nisa, I. K. ., Hidayati, N. R. ., & Wuryandari, T. . (2023). EDUKASI PENGGUNAAN OBAT SELAMA BULAN RAMADHAN DI DESA KALIBAKUNG, KABUPATEN TEGAL. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1413–1417. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/13267