PKM BIMBINGAN PENGEMBANGAN WORKSHEET DIGITAL BAGI GURU SMP IT AL IKHWAN

Authors

  • Irham Habibi Harahap Universitas Muslim Nusantara Al washliyah
  • Dwi Novita Sari Universitas Muslim Nusantara Al washliyah
  • Nomi Novianti Universitas Muslim Nusantara Al washliyah
  • Sarah Nabilah Universitas Muslim Nusantara Al washliyah

Keywords:

Pengembangan, Worksheet, Digital, SMP IT Al Ikhwan

Abstract

Kegiatan PKM ini dilaksanakan di SMP IT Al Ikhwan Tanjung Morawa yang merupakan mitra dalam kegiatan. Berlandasan pada proses pembelajaran yang dilakukan saat masa pandemic, yang dilakukan secara daring. Sekolah SMP IT Al Ikhwan Tanjung Morawa mengalami beberapa kendala dalam pelaksanaan yaitu salah satunya memberikan Worksheet yang menarik dan mudah diakses bagi peserta didik sehingga proses pembelajaran bermakna yang dilakukan dapat mencapai tujuan. Pembelajaran bermakna harus dapat diciptakan agar proses belajar mengajar berjalan dengan baik. Pembelajaran bermakna dapat terwujud jika guru dapat mendesain seluruh perlengkapan atau instrument pembelajaran yang diintegrasikan kehidupan sehari – hari dan penggunaan teknologi. Worksheet Digital merupakan salah satuperangkat ajar yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran yang dapat diakses oleh pesertadidik. Perangkat Ajar berbasis Digital adalah media pembelajaran yang menyajikan bahan pembelajaran yang didesign dengan mengintegrasikan teknologi yang dapat membantu peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan. Perangkat ajar digital dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan minat belajar peserta didik dan membantu peserta didik untuk dapat menggunakan IT dalam pembelajaran. Pengabdian kemitraan masyarakat ini membahas mengenai pembuatan, perancangan dan penggunaan worksheet digital bagi guru – guru SMP IT Al – Ikhwan Tanjung Morawayang harapannya dapat memberikan pengetahuan baru dalam menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar secara daring yaitu membuat materi pembelajaran digital.

References

Afriana, I., & Festiyed, F. (2022). Pengembangan Assessment Autentik didasarkan LKPD Terintegrasi Literasi Digital Untuk Menilai Keterampilan Abad Ke-21. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 8(1), 90. https://doi.org/10.24036/jppf.v8i1.116565

Aqida, A. N. (2017). Pengaruh pelatihan siswa pemantauan jentik terhadap pengetahuan, sikap, dan ketrampilannya di Sekolah Dasar Kecamatan Pamulang Tahun 2017. FKIK UIN Jakarta. https://doi.org/http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/37327

Budiyono, S. (2021). Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Kompetensi Guru Mata Pelajaran Utbk Tahun 2021. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 8(3), 291–299. https://doi.org/10.32699/ppkm.v8i3.1870

Cao, Y., Postareff, L., Lindblom-Ylänne, S., & Toom, A. (2019). Teacher educators’ approaches to teaching and connections with their perceptions of the closeness of their research and teaching. Teaching and Teacher Education, 85, 125–136. https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.06.013

Chandra, F. E., & Rahman, S. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Quantum Teaching And Learning Berbasis Web Materi Geometri Transformasi pada Siswa SMK di Era New Normal. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1). https://doi.org/10.33387/dpi.v10i1.2974

Hakim, A. B. (2016). Efektifitas penggunaan e-learning moodle, google classroom dan edmodo. Jurnal I-Statement, 2(1), 1–6.

Harahap, I. H., Sari, D. N., & Napitupulu, S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Melalui Penerapan Media Edmodo. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, 5(1), 133–139.

Kuntarto, E. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Literasi Digital Berbasis Merdeka Belajar untuk Masyarakat Pedesaan. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(1), 34–42. https://doi.org/10.30998/sap.v7i1.12288

Kurniasari, D. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Digital Berbasis Education For Sustainable Development Pada Materi Ekosistem Untuk Menumbuhkan Keterampilan Argumentasi Peserta Didik SMP/MTs. IAIN KUDUS. http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6323

Nuraini, L. (2022). Integrasi nilai kearifan lokal dalam pembelajaran matematika sd/mi kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/jmtk.v1i2.4143

Ota, M. K., Djou, A. M. G., & Numba, F. F. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Siswa Kelas Vii Smpn 1 Ende Selatan, Kabupaten Ende. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 74–81. https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i1.769

Permatasari, D. S., & Retno, R. S. (2021). Pengembangan Media Worksheet Digital Berbasis Inquiry Penunjang Pembelajaran Daring Siswa. Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship, 1(1).

Prasetya, R. E., & Syarif, A. (2021). Pelatihan pembuatan materi pembelajaran digital dan penggunaan google classroom untuk guru-guru smk. Jurnal Pengabdian Sosial, 1(1), 85–93.

Purwanggana, A., Mumpuni, E., & Mulatsari, E. (2021). Formulasi Gel Antijerawat Dengan 1, 5-Bis (3’-Etoksi-4’-Hidroksifenil)-1, 4-Pentadien-3-On (Ehp) Sebagai Bahan Antibakterial.

Ramadhani, W. N., Putra, P. D. A., & Novenda, I. L. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Engineering Design Process (Edp) Pada Topik Pemanasan Global Dalam Pembelajaran Ipa Di Smp. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.37478/optika.v6i1.1062

Ratnawati, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing pada Pokok Bahasan Segiempat Kelas VII MTs Madani Alauddin. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/16107

Saputri, A. H., Kresnadi, H., & Kartono, K. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Budaya Lokal Kalimantan Barat Untuk Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 9(7). Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.26418/Jppk.V9i7.41235

Saraswati, R. R. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Digital Berbasis High Order Thinking Skill (Hots) Pada Materi Dimensi Tiga Untuk Siswa Kelas Xii Sma. Universitas Negeri Jakarta.

Sari, D. N., & Saragih, N. A. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika Dengan Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing Berbasis Budaya. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, 3(1), 318–323.

Sari, D. N., Saragih, S., Nuraini, N., Hanif, I., Anim, A., Ramadhani, E., & Sari, N. (2022). Analysis mathematical communication skills based on Java culture through blended learning. AIP Conference Proceedings, 2659(1), 100010. https://doi.org/10.1063/5.0113646

Sholeh, A., & Fahrurozi, F. (2021). Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Berbasis Blended untuk Meningkatkan Kreativitas Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1743–1753. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1022

Suharnita, E., Armis, A., & Anggraini, R. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbantuan Worksheet Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Algoritma: Journal of Mathematics Education, 3(1), 11–26.

Sumardani, S. (2021). Meningkatkan Kompetensi Pengelolaan Pembelajaran Paikem melalui Penerapan Supervisi Akademik Individual dengan Pendekatan Non Directif. Journal of Education and Technology, 1(2), 119–123.

Sunandar, M. A. (2017). Pembelajaran matematika SMK bernuansa etnomatematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 95–105. https://doi.org/https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21622

Wahyuni, N., Purwati, D., Karmila, K., Jaenudin, J., & Ikhwan, I. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Blended Learning Matakuliah Speaking menggunakan “Rawa Mbojo” untuk Mengembangkan Kreativitas Mahasiswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5271–5277. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1265

Wijayanti, A., & Ernawati, T. (2021). Bagaimana Menerapkan Life Skills dan Ngerti, Ngrasa, Nglakoni Pada Worksheet Digital Berbasis Integrated-Science. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 1–7. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.1686

Yusuf, V., & Marlina, R. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa Digital Pada Materi Transformasi. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 10(2), 223–243. https://Doi.Org/10.35706/Judika.V10i2.6954

Downloads

Published

2023-03-23

How to Cite

Harahap, I. H. ., Sari, D. N. ., Novianti, N. ., & Nabilah, S. . (2023). PKM BIMBINGAN PENGEMBANGAN WORKSHEET DIGITAL BAGI GURU SMP IT AL IKHWAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1351–1357. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/13164