PELATIHAN MENYUSUN INSTRUMEN ASESMEN AUTENTIK HOLISTIK BERORIENTASI PEMBELAJARAN INOVATIF DI KABUPATEN BARITO KUALA

Authors

  • Darmiyati Darmiyati Universitas Lambung Mangkurat
  • Sunarno Sunarno Universitas Lambung Mangkurat
  • Yogi Prihandoko Universitas Lambung Mangkurat

Keywords:

Asesmen Autentik, Pembelajaran Inovatif, Sekolah Dasar

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memberikan bimbingan dan pelatihan tentang membuat perencanaan penilaian, merumuskan indikator instrumen penilaian, dan menetukan teknik penilaian yang tepat pada penilaian autentik, dan memberikan gambaran teknis pelaksanaanya. Kemudian pendidik diberikan pendampingan dalam melaksanakan penilaian autentik pada pembelajaran matematika, sesuai teknik penilaian yang tepat berdasarkan kompetensi dasar yang diajarkan. Target peserta pelatihan seperti direncanakan sebelumnya adalah 34 orang yang terdiri dari guru dan kepala sekolah SD se-Kecamatan Kuripan Kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan. Seluruh peserta diberikan bekal pengetahuan dan keterampilan tentang mernacang pembelajaran yang inovatif dan penilaian sesuai dengan materi pembelajaran matematika di Sekolah Dasar. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa target peserta tercapai 82%. Angka tersebut menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilihat dari jumlah peserta yang mengikuti dan telah mencapai target dapat dikatakan berhasil.

References

Alten, D. C. D. Van, Phielix, C., Janssen, J., & Kester, L. (2019). Effects of flipping the classroom on learning outcomes and satisfaction?: A meta-analysis. Educational Research Review Journal, 28(November 2018), 1–18.

Auliya, R. N. (2016). Kecemasan Matematika Dan Pemahaman.” Formatif: Jurnal Ilmiah Guruan MIPA, 6(20), 12–22.

Bell, Frderick H. 2013. Teaching and Learning Mathematics in Secondary School. New York: Printed in the United States of Amerika

Guo, P., Saab, N., Post, L. S., & Admiraal, W. (2020). A review of project-based learning in higher education?: Student outcomes and measures. International Journal of Educational Research, 102(April), 101586.

Ida, Nengah, Handayani. 2019. Kegunaan Model Pembelajaran Inovatif di Perguruan Tinggi. Jurnal Internasional Ilmu Sosial, 2 (1), 38-43

Magyar, A., Krausz, A., & Hab, A. (2020). Exploring Hungarian teachers’ perceptions of inclusive education of SEN students. Heliyon.

Majid, A. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. PT Remaja Rosdakarya: Bandung

Natsir, Yusuf, Nasution. 2018. The Rise and Fall of Curriculum 2013: Insights on the Attitude Assessment from Practicing Teachers. Global Conference on Teaching, Assessment, and Learning in Education (GC-TALE 2017)

Syafnidawaty. (2020). Model Pembelajaran Cooperative Learning https://raharja.ac.id/author/wati/

Ukashatu, Suleiman, Mahmoud. 2021. Emerging Issues In Educational Measurment: Authentic Assessment. P-ISSN: 2442-4919, E-ISSN: 2597-8934 Vol 7. No.2 Journal of Indonesian Student Assessment and Evaluation (JISAE)

Yurniwati. (2019). Pembelajaran Aritmatika di Sekolah Dasar. PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2023-03-22

How to Cite

Darmiyati, D., Sunarno, S., & Prihandoko, Y. . (2023). PELATIHAN MENYUSUN INSTRUMEN ASESMEN AUTENTIK HOLISTIK BERORIENTASI PEMBELAJARAN INOVATIF DI KABUPATEN BARITO KUALA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1346–1350. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/13163