PELATIHAN LITERASI DIGITAL BAGI GURU UNTUK MENINGKATKAN DIGITAL PEDAGOGIK DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH PERMATA HARAPAN 2 BATAM

Authors

  • Benteng Martua Mahuraja Purba 2Sekolah Tinggi Teologi Real Batam
  • Efvi Noyita Sekolah Tinggi Teologi Real Batam
  • Yunira Nababan Sekolah Tinggi Teologi Real Batam
  • Elfrida Elena Br Silaban Sekolah Tinggi Teologi Real Batam
  • Viktor Deni Siregar Sekolah Tinggi Teologi Real Batam
  • Hanyta Priscila Harahap Sekolah Tinggi Teologi Real Batam
  • Matias Christuver Sekolah Tinggi Teologi Real Batam
  • Sri Pertiwi Sekolah Tinggi Teologi Real Batam
  • Fauzi Hutagalung Sekolah Tinggi Teologi Real Batam
  • Juni Romaito Sitompul Sekolah Tinggi Teologi Real Batam
  • Meliana Agustina Simanjuntak Sekolah Tinggi Teologi Real Batam
  • Rini Herniati Panjaitan Sekolah Tinggi Teologi Real Batam

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.13148

Keywords:

Pelatihan, Guru, Media, Teknologi

Abstract

Guru sebagai pendidik yang sangat berperan penting dalam dunia pendidikan tentunya harus mempersiapkan diri baik itu dalam hard skill dan soft skill. Penggunaan media pembelajaran dan teknologi pada zaman ini bagi guru harus dapat disama ratakan dengan perkembangan zaman sehingga dapat memenuhi kebutuhan proses pembelajaran bagi peserta didik. Dengan demikian pelatihan penggunaan media dan teknologi bagi guru sangatlah penting, oleh karenanya PKM ini disusun dan dilaksanakan untuk membantu para Guru yang ada di Sekolah Permata Harapan 2 Batam. Dalam menggunakan Media dan Teknologi. Hasil yang diperoleh melalui kegiatan ini ialah menghasilkan para guru yang ahli menggunakan media dan teknologi dalam proses pembelajaran yang inovatif dan efesien.

References

Agus Ramdani, A. Wahab Jufri, Jamaluddin. “Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Android” 3 (2021): 259–272.

Pratiwi, Retno Andini, Pembelajaran Online, and Google Classroom. “Penerapan Metode Ceramah Dan Diskusi Selama Pembelajaran Online” (2019): 1–8.

Saheriestyan, Pungky, and Nurita Primasatya. “Metode Demonstrasi Berbantuan Media Pembelajaran Microsoft Sway Pada Peningkatan Prestasi Belajar Di Sekolah Dasar” (n.d.): 627–638.

Siregar, Viktor Deni, Putri Melisa Simorangkir, Doni Fernando Sihite, Ardy Lahagu, and Rikardo Butar-butar. “Real Coster?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Pendampingan Pembelajaran Hidup Sehat Melalui Mewarnai Kertas Bergambar Sebagai Upaya Penguatan Pengetahuan PHBS Bagi Anak Usia 5-11 Tahun Di Pulau Lingka” 6, no. 1 (2023): 70–82.

Siregar, Viktor Deni, and Talizaro Tafonao. “Berbagai Konflik Dialami Oleh Remaja Di Era Digital 4.0 Ditinjau Dari Psikologi Perkembangan Afektif.” In Seminar Nasional Teknologi Dan Multidisiplin Ilmu (SEMNASTEKMU), 1:13–20, 2021. https://prosiding.stekom.ac.id/index.php/SEMNASTEKMU/article/view/79.

Wardinur, Wardinur, and Fuadi Mutawally. “Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pendukung Pembelajaran Di MAN 1 Pidie.” Jurnal Sosiologi USK (Media Pemikiran & Aplikasi) 13, no. 2 (2019): 167–182.

Downloads

Published

2024-03-25

How to Cite

Purba, B. M. M. ., Noyita, E. ., Nababan, Y. ., Silaban, E. E. B. ., Siregar, V. D. ., Harahap, H. P. ., Christuver, M. ., Pertiwi, S. ., Hutagalung, F. ., Sitompul, J. R. ., Simanjuntak, M. A. ., & Panjaitan, R. H. . (2024). PELATIHAN LITERASI DIGITAL BAGI GURU UNTUK MENINGKATKAN DIGITAL PEDAGOGIK DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH PERMATA HARAPAN 2 BATAM. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 3152–3157. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.13148