ANALISIS TINGKAT RESILIENSI MATEMATIS SISWA JURUSAN MIPA DAN IPS DI SMA

Authors

  • Salsabila Salsabila Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Muhamad Sofian Hadi Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13134

Keywords:

Analisis, Jurusan IPS, Jurusan MIPA, Resiliensi Matematis

Abstract

Matematika masih dianggap sebagai pelajaran yang menakutkan oleh sebagian besar siswa dan menjadi salah satu pelajaran yang dianggap sulit. Oleh karena itu, sikap kuat dan tangguh dibutuhkan dalam belajar matematika, terutama bagi siswa SMA, karena materi yang dipelajari sudah lebih abstrak dan membutuhkan keterampilan yang lebih tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat resiliensi matematis siswa jurusan MIPA dan IPS di SMAN 94 Jakarta. Metode penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan secara keseluruhan tingkat resiliensi matematis siswa gabungan antara jurusan MIPA dan IPS maupun per jurusan di SMAN 94 Jakarta berada pada kategori sedang. Lebih lanjut, rata-rata skor resiliensi matematis siswa jurusan MIPA sebesar 66,36 dan rata-rata skor resiliensi matematis siswa jurusan IPS sebesar 64,71 sehingga dapat disimpulkan tingkat resiliensi matematis siswa jurusan MIPA lebih tinggi daripada siswa jurusan IPS. Berdasarkan indikator resiliensi matematis, pada indikator 1 dan 2 Jurusan IPS memiliki rata-rata skor yang lebih tinggi dibandingkan jurusan MIPA, dan pada indikator 3,4,5, dan 6 jurusan MIPA memiliki rata-rata skor yang lebih tinggi daripada jurusan IPS. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan para guru dapat meningkatkan kemampuan resiliensi matematis peserta didik sehingga mampu mengikuti proses pembelajaran dengan baik serta peserta didik diharapkan dapat menganalisis tingkat resiliensi matematis dalam dirinya untuk lebih semangat dalam belajar matematika

References

Ansori, Abdurrahman & Hindriyanto, Yunio. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Ditinjau Berdasar pada Kemampuan Resiliensi Matematis. JKPM: Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 5(2), 253-262.

Ariyanto, L dkk. (2017). Developing Mathematical Resilience of Prospective Math Teachers. International Conference on Mathematics and Science Education (ICMScE). doi:10.1088/1742-6596/895/1/012062

Bashooir, Khoirul & Supahar. (2018). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Asesmen Kinerja Literasi Sains Pelajaran Fisika Berbasisi Stem. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 219-230. https://doi.org/10.21831/pep.v22i2.19590

Fatimah, Ade Evi, Purba, Azrina, & Siregar, Yulia Anita. (2020). Hubungan Resiliensi Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Matematika Dasar. Journal of Didactic Mathematics, 1(3), 151-157. Doi: 10.34007/jdm.v1i3.470

Hendriana, Heris, Rohaeti, Euis Eti, & Sumarmo, Utari. (2018). Hard Skill dan Soft Skill Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.

Hendryadi. (2017). Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Instrumen. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 2(2), 169-178.

Iman, Stefani Ayuning & Firmansyah, Dani (2019). Pengaruh Kemampuan Resiliensi Matematis Terhadap Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika. Karawang: Universitas Singaperbangsa.

Jayusman, Iyus & Shayab, Oka Agus Kurniawan. (2020). Studi Deskriptif tentang Aktifitas Belajar Mahasiswa dengan Menggunakan Media Pembelajaran Edmodo dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1), 13-20.

Kamarullah. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al-Khawarizmi Jurnal Pendidikan Matematika dan Pembelajaran Matematika, 7(1), 21-32.

Kooken dkk. (2013). Measuring Mathematical Resilience: An Application of The Construct of Resilience to The Study of Mathematics. In: American Educational Research Association (AERA) 2013 Annual Meeting: Education and Poverty: Theory, Research, Policy and Praxis, 27 Apr - 1 May 2013, San Francisco, CA, USA.

Kurnia dkk. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP Ditinjau dari Resiliensi Matematik. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 933-940

Missasi, Vallahatullah & Izzati, Indah Dwi Cahya. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Resiliensi. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Newman, Tony. (2004). What Works in Building Resilience?. United Kingdom: Barnado’s.

Pranatawijaya dkk. (2019). Pengembangan Aplikasi Kuesioner Survey Berbasis Web Menggunakan Skala Likert dan Guttman. Jurnal Sains dan Informatika, 5(2), 128-137. DOI: 10.34128/jsi.v5i2.185

Rahmawati, Citra & Zhanty, Luvy Sylviana. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Siswa Menengah terhadap Resiliensi Matematis. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2(3), 147-154.

Siregar, Nani Restati. (2017). Persepsi Siswa pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan pada Siswa yang Menyenangi Game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia. Semarang: Hotel Grasia.

Uyun, Zahrotul. (2012). Resiliensi dalam Pendidikan Karakter. Prosiding Seminar Nasional Psikologi Islami. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Wahyuni, D. (2018) Pro Kontra Sistem Zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2017/2018. Info Singkat: Kajian Singkat terhadap Isu Aktual dan Strategis, 10(14), 13-18.

Wibowo, Arista, Slamet, Isnandar, Sujadi, Imam. (2018). Construct Validity of Mathematical Resilience: Confirmatory Factor Analysis. 1st International Conference of Mathematics Education (INCOMED 2017). Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Zhanty, Luvy Sylviana. (2018). Kontribusi Resiliensi Matematis terhadap Kemampuan Akademik Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistika Matematika. Jurnal Mosharafa, 7(1), 85-93.

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Salsabila, S., & Hadi, M. S. . (2023). ANALISIS TINGKAT RESILIENSI MATEMATIS SISWA JURUSAN MIPA DAN IPS DI SMA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1541–1548. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13134