PENDAMPINGAN GURU SD PENGGERAK PALANGKA RAYA DALAM PEMBUATAN BAHAN AJAR KURIKULUM MERDEKA BERBASIS KEARIFAN LOKAL LAHAN GAMBUT

Authors

  • Joni Bungai Universitas Palangka Raya
  • Laila Rachmawati Universitas Palangka Raya
  • Wahyu Nugroho Universitas Palangka Raya

Keywords:

Pendampingan Guru, Bahan Ajar, PjBL

Abstract

Pelestarian lahan rawa gambut menjadi tanggung jawab bersama seluruh masyarakat Kalimantan Tengah. Kesadaran akan lingkungan dan pelestarian lahan rawa gambut harus ditanamkan sejak dini yaitu sejak di usia Sekolah Dasar (SD). Masyarakat memiliki nilai-nilai yang sudah dijadikan pedoman bersama dan itu yang harus dipertahankan. Maka dari itu guru harus mampu mendesain pembelajaran dengan kearifan lokal terlebih pada menjaga dan melestarikan lahan rawa gambut. Seorang guru perlu mempunyai keterampilan dalam mengembangkan modul pembelajaran yang menjadi komponen penerapan Kurikulum Merdeka Belajar. Sebuah pelatihan dan pendampingan terhadap para guru SD Penggerak di Kota Palangka dalam Pengembangan Modul Pembelajaran Merdeka Belajar Berbasis kearifan lokal untuk pelestarian lahan gambut. Hasil yang didapatkan dalam pelatihan dan pendampingan ini didapatkan hasil rata-rata persentase perserta mitra yakni 81% kemampuan mereka sangat baik dalam mengembangkan modul pembelajaran. Hasil dari kegiatan program ini, selain berupa pengetahuan guna pengembangan modul pembelajaran, juga disebarluaskan dalam bentuk dokumentasi video kegiatan yang diunggah ke kanal Youtube sebagai luaran wajib utama kegiatan ini, serta dalam bentuk artikel ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal nasional terindeks SINTA dan produk modul pembelajaran

References

Alec Patton. (2013). Work That Matters?: The Teacher’s Guide to Project-Based Learning. In Radiology management (1st ed., Vol. 35). https://doi.org/10.1097/ede.00000000000 00240

Ardiansyah, R., Diella, D., & Suhendi, H. Y. (2020). Pelatihan pengembangan perangkat pembelajaran abad 21 dengan model pembelajaran project based learning berbasis STEM bagi guru IPA. Publikasi Pendidikan, 10(1), 31-36.

Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan. 2022. Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Jakarta.

Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan. 2022. Pengembangan Projeck Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Jakarta.

Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan. 2022. Surat Keputusan Nomor 009/H/KR/2022 tentang Dimensi, Elemen dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Jakarta.

Clifton, J.A. (1968). Introduction to cultural anthropology. Boston: Houghton Mifflin Company

Diella, D., & Ardiansyah, R. (2019). Pelatihan Pengembangan LKPD berbasis Keterampilan Proses Sains Dan Instrumen Asesmen KPS Bagi Guru IPA. Publikasi Pendidikan, 9(1), 7. https://doi.org/10.26858/publikan.v9i1.68 55

Meylani, V., Putra, R. R., & Ardiansyah, R. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan Pengayaan Materi Biologi Dalam Mata Pelajaran IPA Sesuai Kurikulum Nasional Bagi Guru IPA di Lingkungan SMP / Sederajat Se-Kota Tasikmalaya. Jurnal Pengabdian Siliwangi, 4(1), 13–17

Nyre, G. F., & Rose, C. (1979). CSE, MO, and AA: Three Evaluation Strategies. POD Quarterly. The Journal of The Professional and Organizational Development Network in Higher Education, Vol.1 No.4, 245-249. (Diakses 10 Mei 2021)

Republik Indonesia. 2022. Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Jakarta.

Republik Indonesia. 2022. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 21 tentang Standar Penilaian Pendidikan Pada Pendidikan Anak Usia Dini Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Jakarta.

Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Surahman, A., Soni, P., & Shivakoti, G.P. (2018). Reducing CO2 emissions and supporting food security in Central Kalimantan, Indonesia, with improved peatland management. Land Use Policy, 72, 325-332.

Wahyunto, A.D., Pitono, D., & Sarwani, M. (2013). Prospek Pemanfaatan Lahan Gambut untuk Perkebunan Kelapa Sawit di Indonesia. Perspektif, 12(1), 11-12.

Downloads

Published

2023-03-21

How to Cite

Bungai, J. ., Rachmawati, L. ., & Nugroho, W. . (2023). PENDAMPINGAN GURU SD PENGGERAK PALANGKA RAYA DALAM PEMBUATAN BAHAN AJAR KURIKULUM MERDEKA BERBASIS KEARIFAN LOKAL LAHAN GAMBUT. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1274–1280. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/13107

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.