PENINGKATAN KETERSEDIAAN PANGAN KELUARGA PETANI LAHAN KERING MELALUI PENGEMBANGAN TANAMAN HORTIKULTURA SISTEM POLYBAG DI LAHAN PEKARANGAN DI DESA TANAK AWU LOMBOK TENGAH

Authors

  • Wuryantoro Wuryantoro Universitas Mataram
  • Ni Luh Sri Supartiningsih Universitas Mataram
  • I Ketut Budhastra Universitas Mataram
  • Candra Ayu Universitas Mataram
  • Ni Made Wirastika Sari Universitas Mataram
  • M. Yusuf Universitas Mataram
  • Muhammad Nursan Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.13056

Keywords:

Lahan Kering, Pekarangan, Tanaman Hortikultura, Polybag

Abstract

Desa Tanak Awu merupakan desa sebagian besar lahan pertanian merupakan lahan kering dengan curah hujan yang rendah serta produktivitasnya rendah. Selain itu banyaknya alih fungsi lahan akibat keberadaan Bandara Internasional Lombok menyebabkan luas kepemilikan lahan pertanian petani di Desa Tanak Awu semakin berkurang. Kondisi ini, mendorong masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan sebagai alternatif dalam mengembangkan tanaman pertanian. Namun, permasalahan dihadapi oleh masyarakat di Desa Tanak Awu adalah kurangnya pengetahuan dan informasi terhadap cara mengelola dan memanfaatkan lahan pekarangan. Tujuan kegiatan pengabdian adalah meningkatkan pengetahuan serta memotivasi masyarakat khususnya dalam pemanfaatan lahan pekarangan sebagai sumber pangan, serta meningkatkan keterampilan peserta kegiatan pengabdian dalam. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Tanak Awu Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah dengan sasaran rumahtangga petani yang berpenghasilan rendah. Metode yang digunakan adalah metode partisipatif serta serta menerapkan konsep belajar orang dewasa. Berdasarkan hasil kegiatan, disimpulkan bahwa masyarakat sangat berminat dalam melakukan kegiatan pemanfaatan lahan pekarangan dengan budidaya tanaman hortikultura. Selain itu, kegiatan ini juga telah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta pengabdian dimana mereka telah memahami dan mampu melakukan budidaya tanaman hortikultura di lahan pekarangannya dengan baik.  

References

BPTP Sumbar. (2018). Budidaya Cabe dalam Pot/Polybag, http://sumbar.litbang.pertanian.go.id

BPTP NTB. 2012. Petunjuk Teknis Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL) di Nusa Tenggara Barat. Penerbit ISBN. Available Online at: http:// ntb.litbang.pertanian.go.id.pdf

Disbun Propinsi NTB. (2019). Pedoman Singkat Panen Tomat. https://distanbun.ntbprov.go.id

Kementerian Pertanian. (2012). Petunjuk Teknis Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL) Di Nusa Tenggara Barat.

Dwiratna, N. P. S., Widyasanti, A., & dan Rahmah, D. M. 2016. Pemanfaatan lahan pekarangan dengan menerapkan konsep kawasan rumah pangan lestari. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 5(1), 19–22.

Lubis. N., Yunidawati, W., Mazlina. (2021). Purba Budidaya Tanaman Hortikultura dengan Menggunakan Pupuk Vermikompos Skala Rumah Tangga di Kelompok Tani Sejati, Kelurahan Sidomulyo, Kecamatan Stabat. Jurnal Pengabdian Kontribusi (Japsi), 1, (1), 35-40.

Saptana., Sejati, W.K., & Rusastra, I.W. (2014). Kemandirian Pangan Berbasis Pengembangan Masyarakat: Pelajaran Dari Program Pidra, SPFS, dan Desa Mapan di Nusa Tenggara Timur dan Jawa Barat. Jurnal Analisis Kebijakan Pertanian. 12 (2), 119-141.

Sjah, T., Hidayati, A., & Jayaputra. (2019). Pengembangan Kawasan Rumah Pangan Lestari Untuk Masyarakat Desa Gumantar Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara. Jurnal Abdi Insani Universitas Mataram, 6 (1), 148-157.

Suliartini, N.W.S., Ngawit, I.K., Farida, N., & Anugrahwati, D.R. (2021). Usaha Peningkatan Produksi Padi Fungsional Melalui Aplikasi Teknologi Tepat Guna Di Desa Kateng Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Abdi Insani Universitas Mataram, 8 (2), 236-248.

Sugiarso., Riyadi, A., & Rusmadi. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pemanfaatan Tanah Pekarangan (PTP) untuk Konservasi dan Wirausaha Agribisnis di Kelurahan Kedung Pane Kota Semarang. Jurnal DIMAS, 17(2), 343-366.

Downloads

Published

2023-08-30

How to Cite

Wuryantoro, W., Supartiningsih, N. L. S. ., Budhastra, I. K. ., Ayu, C., Sari, N. M. W. ., Yusuf, M. ., & Nursan, M. . (2023). PENINGKATAN KETERSEDIAAN PANGAN KELUARGA PETANI LAHAN KERING MELALUI PENGEMBANGAN TANAMAN HORTIKULTURA SISTEM POLYBAG DI LAHAN PEKARANGAN DI DESA TANAK AWU LOMBOK TENGAH. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 6829–6835. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.13056