SUSTAINABLE TOURISM PADA PENGEMBANGAN SITUS BETENG DI DESA SIDOMEKAR KECAMATAN SEMBORO KABUPATEN JEMBER

Authors

  • Resha Dwi Ayu Pangesti Mulyono Universitas Jember
  • Bayu Aprilianto Universitas Jember
  • Dien Vidia Rosa Universitas Jember
  • Hery Prasetyo Universitas Jember
  • Mochammad Farid Afandi Universitas Jember

Keywords:

Desa Wisata, Sustainable Tourism, Participatory Rural Appraisal

Abstract

Desa Sidomekar merupakan salah satu desa yang berpotensi menjadi desa wisata dimulai dengan aliran sungai Bondoyudo yang dapat digunakan sebagai wisata air, situs peninggalan kebudayaan Majapahit yang terkenal dengan situs Beteng serta wisata edukasi Semboro Sweet Garden. Sustainable tourism diimplementasikan untuk membangun kembali Image Desa Sidomekar sebagai Desa Wisata yang sudah lama hilang. Metode Participatory Rural Appraisal memungkinkan para anggota perangkat desa serta lembaga BUMDES dan pengawas desa di Desa Sidomekar untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya dengan tim pelaksana sebagai fasilitator dari luar, berbagi informasi, membuat perencanaan dan tindakan nyata dalam mewujudkan Desa wisata. Hasil kegiatan ini berupa kesepakatan untuk membuat profil desa wisata Beteng di Desa Sidomekar dengan pakar sejarah, bersama dengan Ketua Bumdes dan perangkat desa Sidomekar akan melakukan integrasi obyek wisata situs Beteng dengan beberapa obyek wisata lainnya yang akan disiapkan, pembuatan taman yang sudah tidak terawat dilingkungan situs Beteng, dan perencanaan pembangunan wisata edukasi dan hiburan di sekitar Situs Beteng.

References

Adimihardja, Kusnaka, and Harry Hikmat. 2003. Participarory Research Appraisal: Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat. Bandung: Humaniora.

Bhandari, B.B. 2003. Participarory Rural Appraisal. In: Kanagawa, japan: Institute for Global Environmental Strategies (IGES).

Karyono, Hari. 1997. Kepariwisataan. Jakarta: Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management. 15th Ed. New York, NY: Pearson Education, Inc.

Leisen, Birgit. 2001. ‘Image Segmentation: The Case of a Tourism Destination’. Journal of Services Marketing 15 (1): 49–66. https://doi.org/10.1108/08876040110381517.

Pradikta, Angga. 2013. ‘Strategi Pengembangan Situs Beteng Dan Sungai Bondoyudo Gunungrowo Indah Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Pati’. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Seryasat, Rahmani, Hajari, Karimian, and Hajilo. 2013. ‘Rural Tourism Development Strategies Using SWOT Analysis: Case Study’. Life Science Journal 10 (4s): 395–403.

Downloads

Published

2023-03-19

How to Cite

Mulyono, R. D. A. P. ., Aprilianto, B. ., Rosa, D. V., Prasetyo, H. ., & Afandi, M. F. . (2023). SUSTAINABLE TOURISM PADA PENGEMBANGAN SITUS BETENG DI DESA SIDOMEKAR KECAMATAN SEMBORO KABUPATEN JEMBER. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), Vol.4, No.2 Juni 2023, Hal. 1245–1252. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/13046