PENDAMPINGAN PEMBUATAN LKPD BERBASIS PROYEK PADA GURU SD SWASTA BAKTI – II MEDAN
Keywords:
Pendampingan, LKPD, Berbasis Proyek, Guru SDAbstract
Lokasi Mitra Pengabdian di SD SWASTA BAKTI –II Jalan Keladi No.61 Tanjung Mulia Hilir Medan . Fokus Permasalahan dalam pelaksanaan pengabdian program kemitraan masyarakat ini adalah : 1) Persepsi guru terhadap fungsi LKPD dalam pembelajaran cendrung berpusat pada guru. 2) Guru belum terampil membuat LKPD sendiri untuk dapat menciptakan situasi dan kondisi belajar secara efektif, inovatif dan kreatif dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan . 3) Minimnya keterampilan guru dalam mengembangkan LKPD berbasis Proyek. Solusi yang ditawarkan adalah mengadakan pendampingan pembuatan LKPD berbasis proyek pada guru SD Swasta Bakti – II Tahap kegiatan Tahap 1) Sosialisasi LKPD berbasis proyek, 2) Peatihan merancang LKPD berbasis proyek, 3) Evaluasi Implementasi LKPD berbasis proyek , 4) Refleksi dan tindak lanjut, 5 ) Penulisan Laporan, 6) Diseminasi, analisis data menggunakan deskriptif kualitatif, dalam pelaksanaan tugasnya tim pengabdian memposisiskan dirinya sebagai perencana dan pembimbing, pemberi informasi, fasilitator, motivator dan evaluator.Medan Hasil Kegiatan dideskripsikan berdasar hasil analisis penilaian dari 13 peserta terdapat 84,61 % yang menyatakan “Sangat Puas” dengan Pelatihan ini yang didukung dengan beberapa indikator bahwa kegiatan pengabdian yang diselenggarakan dapat diikuti dengan lancar, penuh pemahaman serta meningkatkan keterampilan guru dalam membuat LKPD berbasis Proyek , 15,38 % peserta menyatakan “ Puas “ dengan keterangan masih butuh pendampingan dalam pemahaman berbasis proyek.References
Apertha, F, K, P, Zulkardi, Yusup, M. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Open-Ended Problem Pada Materi Segi Empat Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika.
Astuti. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning untuk Kelas VII SMP/MTs Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 5(2).
Doppelt, Y. (2003). Implementation and assessment of project-based learning in flexible environment. Instructional Journal of Technology and Design Education, Vol. 13, hal. 255-272.
Karina, N. K. D., dkk. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kecerdasan Emosional Siswa SMP. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 4, hal. 1-11 .
Setiati, S, Saiful, R, Dwi, S. (2013) Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Multiple Intelegences Pada Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan. Unnes.J.Biol.Educ, Vol 2 (3)
Luthvitasari, N., Made, N. D. P., dan Linuwih, S. (2012). Implementasi Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif dan Kemahiran Generik Sains. Journal of Innovative Science Education, Vol. 1, No. 2, hal. 93-97
Abdul majid (2011). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
Dimyati, dkk, 2006, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.
Amrullah et.al, Adhitya. 2019. Refleksi Perserta Didik Terhadap Pembelajaran Berbasis Digital. Jurnal Meta Edukasi. 1 (1): 15-16.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nila Lestari
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.