PENDAMPINGAN PEMBUATAN LKPD BERBASIS PROYEK PADA GURU SD SWASTA BAKTI – II MEDAN

Authors

  • Nila Lestari Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Toni Hidayat Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Dwi Novita Sari Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Khairina Ulfa Syaimi Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Keywords:

Pendampingan, LKPD, Berbasis Proyek, Guru SD

Abstract

Lokasi Mitra Pengabdian di  SD SWASTA BAKTI –II  Jalan Keladi No.61 Tanjung Mulia Hilir Medan . Fokus Permasalahan dalam pelaksanaan pengabdian program kemitraan masyarakat ini adalah : 1) Persepsi guru terhadap fungsi LKPD dalam pembelajaran  cendrung berpusat pada guru. 2)  Guru belum terampil membuat LKPD sendiri untuk dapat menciptakan  situasi dan kondisi belajar secara efektif, inovatif dan kreatif dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan . 3) Minimnya keterampilan guru dalam mengembangkan LKPD berbasis Proyek. Solusi yang ditawarkan adalah mengadakan pendampingan pembuatan LKPD berbasis proyek pada guru SD Swasta Bakti – II Tahap kegiatan Tahap 1) Sosialisasi LKPD berbasis proyek, 2) Peatihan merancang LKPD berbasis proyek, 3) Evaluasi Implementasi LKPD berbasis proyek , 4) Refleksi dan tindak lanjut, 5 ) Penulisan Laporan, 6) Diseminasi, analisis data menggunakan deskriptif kualitatif, dalam pelaksanaan tugasnya tim pengabdian  memposisiskan dirinya sebagai perencana dan pembimbing, pemberi informasi, fasilitator, motivator dan evaluator.Medan Hasil Kegiatan dideskripsikan berdasar hasil analisis penilaian  dari  13  peserta  terdapat  84,61  %  yang menyatakan “Sangat Puas” dengan Pelatihan ini yang didukung dengan beberapa indikator bahwa kegiatan pengabdian yang diselenggarakan dapat diikuti dengan lancar, penuh pemahaman  serta meningkatkan  keterampilan guru dalam membuat LKPD berbasis Proyek , 15,38 %  peserta menyatakan “ Puas “ dengan keterangan masih butuh pendampingan dalam pemahaman berbasis proyek.

References

Apertha, F, K, P, Zulkardi, Yusup, M. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Open-Ended Problem Pada Materi Segi Empat Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika.

Astuti. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning untuk Kelas VII SMP/MTs Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 5(2).

Doppelt, Y. (2003). Implementation and assessment of project-based learning in flexible environment. Instructional Journal of Technology and Design Education, Vol. 13, hal. 255-272.

Karina, N. K. D., dkk. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kecerdasan Emosional Siswa SMP. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 4, hal. 1-11 .

Setiati, S, Saiful, R, Dwi, S. (2013) Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Multiple Intelegences Pada Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan. Unnes.J.Biol.Educ, Vol 2 (3)

Luthvitasari, N., Made, N. D. P., dan Linuwih, S. (2012). Implementasi Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif dan Kemahiran Generik Sains. Journal of Innovative Science Education, Vol. 1, No. 2, hal. 93-97

Abdul majid (2011). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Dimyati, dkk, 2006, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.

Amrullah et.al, Adhitya. 2019. Refleksi Perserta Didik Terhadap Pembelajaran Berbasis Digital. Jurnal Meta Edukasi. 1 (1): 15-16.

Downloads

Published

2023-03-19

How to Cite

Lestari, N. ., Hidayat, T. ., Sari, D. N., & Syaimi, K. U. (2023). PENDAMPINGAN PEMBUATAN LKPD BERBASIS PROYEK PADA GURU SD SWASTA BAKTI – II MEDAN . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1240–1244. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/13045