PELATIHAN MENULIS PUISI BERBASIS MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS VIDEO DI SD MATER DEI PAMULANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13011Keywords:
Puisi; Penulisan; Pemahaman; Media; VideoAbstract
SD Mater Dei adalah sekolah yang terletak di Kompleks Witana Harja Pamulang Barat, Kec. Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten. SD Mater Dei merupakan lembaga pendidikan yang sudah cukup lama beroperasi, khususnya sejak tahun 1987, dan memiliki jumlah siswa yang banyak. Pengamatan yang dilakukan di SD Mater Dei mengungkapkan bahwa siswa belum memahami cara membuat puisi yang sesuai dengan kaidah puisi. Oleh karena itu, sangat penting untuk mendapatkan pelatihan menulis puisi yang meningkatkan kemampuan seseorang untuk memilih kata-kata yang nantinya akan dikumpulkan menjadi sebuah puisi. Latihan ini dimaksudkan untuk melatih anak-anak agar mampu menyampaikan ide, perasaan, dan pikirannya melalui menulis puisi, karena dengan tujuan mendidik anak-anak menulis puisi akan mengembangkan kreativitas, imajinasi, dan kemampuan kognitifnya. Acara PKM akan berlangsung mulai 7 September hingga 9 September 2022, mulai pukul 10.00 hingga 14.00. WIB. Program ini menggunakan pendekatan ceramah, latihan, dan penugasan yang beralamatkan di SD Mater Dei. Secara umum, hasil kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa tentang menulis puisi, dengan nilai persentase 65% untuk pemahaman siswa awal dan 88% untuk pemahaman siswa akhir. Setelah mendapatkan pelatihan ini, siswa akan mampu menulis puisi dengan benar.References
Adisaputera, A., Hadi, W., & Hutagalung, T. (2018). Pembinaan kemampuan menulis puisi di padepokan iqro desa kolam kecamatan percut sei tuan kabupaten deli serdang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(4), 175–180.
Arianti, R. (2020). PELATIHAN MENULIS KREATIF PUISI PADA SISWA KELAS TINGGI SD NEGERI 006 RAMBAH KABUPATEN ROKAN HULU. JURNAL MASYARAKAT NEGERI ROKANIA, 1(1), 1–5.
Ariyana, A., Ramdhani, I. S., & Anggraini, N. (2022). PENINGKATAN BUDAYA LITERASI DENGAN PELATIHAN MENULIS PUISI DI SMA MUHAMMADIYAH 3 KOTA TANGERANG. Community Services and Social Work Bulletin, 1(1), 34–38.
Astuty, A., Farikah, F., & Ekawati, M. (2021). Peningkatan keterampilan menulis puisi berbasis pendidikan karakter menggunakan teknik kata kunci. Indonesian Journal of Education and Learning, 4(2), 494–499.
Emha, R. J., Abdullah, V. A., Pujiati, T., & Iskandari, Y. (2020). Pelatihan virtual menulis puisi di masa pandemi COVID-19 untuk meningkatkan budaya literasi di SMP negeri 1 karangampel kab. indramayu. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 331–335.
Husna, T., & Fatria, F. (2019). TEKNIK AKROSTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DI SD PAB 34 PATUMBAK. PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENGABDIAN, 2(1), 589–594.
Idawati, I., Hasibuan, N. S., & Nurkholija, A. (2021). Pembinaan minat sastra anak melalui pelatihan menulis puisi bebas dengan aksara arab melayu di MDTA Muhammadiyah Sigiring Giring dan MDTA Muhammadiyah Sadabuan. Aptekmas Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2).
Maulidah, T. (2020). Peningkatan keterampilan menulis puisi dengan media gambar. Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, Dan Pengembangan, 2(01), 64–70.
Nalenan, J. S. (2020). Pelatihan Menulis Puisi Dengan Media Gambar Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Kota Baru Kefamenanu. Bakti Cendana, 3(2), 92–98.
Puspita, I. D., & Khasanah, R. (2020). KELAS ONLINE: MEDIA MENINGKATKAN MENULIS PUISI BERBAHASA INGGRIS. Lintang Songo: Jurnal Pendidikan, 3(1), 40–44.
Rahayu, T., & Kurniawan, P. Y. (2021). Pelatihan Membaca dan Menulis Puisi pada Peserta Didik TPA Al-Husna. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(01), 89–96.
Ruslan, & Nazriani. (2019). Pelatihan Menulis Puisi Siswa Kelas VI SDN 1 Baubau. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Membangun Negeri, 3(1), 64–71.
Sidiq, S., Pramono, W. B., & Damayanti, A. (2013). PELATIHAN MENULISKREATIF UNTUK MENGEMBANGKAN POTENSI DAN KREATIVITAS ANAK. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 2(03), 217–223.
Thamimi, M., Hariyadi, H., & Sulastri, S. (2021). PENULISAN SASTRA KREATIF PUISI RELIGIUS DI SMA NEGERI 2 SUNGAI KAKAP. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 276–284.
Winarni, R., Slamet, S. Y., Poerwanti, J. I. S., Sriyanto, M. I., Yulisetiani, S., & Syawaludin, A. (2022). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KREATIF BERMUATAN PENDIDIKAN BUDI PEKERTI PADA GURU-GURU SEKOLAH DASAR MELALUI HYBRID LEARNING. WIDYA LAKSANA, 11(1), 98–105.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yasir Mubarok, Sugiyo Sugiyo, Dewi Yanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.