REFLEKSI KISAH ISRA MI’RAJ DALAM PENDIDIKAN DAN MASYARAKAT DI MASJID NURUL HIDAYAH LUBUK LINGGAU

Authors

  • Saipul Annur Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Aisyah Khairunnisa Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Benny Wachyudianta Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Ellen Okta Divy Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Irham Khumaidi Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Wulan Oktarina Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Serli Widya Astuti Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Muhtadi Muhtadi Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Nikita Lusitania Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Astri Astri Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Citra Lestari Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Rahma Rahma Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Resti Utami Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Lisa Hepriyanti Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12950

Keywords:

Refleksi, Isra Mi’raj, Pendidikan, Masyarakat

Abstract

Kegiatan bakti sosial ini merupakan bagian dari program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang diselenggarakan mahasiswa Prodi Magister Manajemen Pendidikan Islam. Adapun tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan baik dalam bidang pendidikan ataupun tentang kemasyarakatan. Permasalahan yang dialami oleh masyarakat terkait kurangnya minat pada remaja didaerah sana untuk lebih menghidupkan masjid disana melalui berbagai kegiatan islami ataupun hanya sekedar sholat berjamaah disana. Maka dari itu untuk permasalahan yang ada, kami tim PKM ingin berusaha menghidupkan kembali citra masjid yang ada disana, lebih tepatnya Masjid Nurul Hidayah di Kota Lubuk Linggau melalui kegiatan memperingati Isra Mi’raj. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan monitoring serta evaluasi. Hasil pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan bakti sosial ini diketahui bahwa para mahasiswa sebagai pihak penyelenggara mendapatkan maafat dan begitupula kepada masyarakat disana untuk dapat memperoleh pengaruh positif dari acara tersebut dan menyambung silaturahmi bagi semua yang terlibat

References

Alim, M. (2018). Bunga Rampai Media Sosial. Guepedia.

Ega, J. (2014). Bakti Sosial Poliklinik UIN Alauddin. Uin-Alauddin.Ac.Id. https://uin-alauddin.ac.id/berita/detail/bakti--sosial-poliklinik-uin-alauddin/8190

Indy, R. (2019). Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial Di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. HOLISTIK, Journal Of Social and Culture, 12(4), 1–18. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/view/25466

Lestari, Y. A. (2021). Penanaman Nilai Karakter Melalui Metode Bercerita Kisah Nabi Dan Rasul Pada Anak Usia Dini Di Ra As-Sunnah Nw Pendem Tahun Pelajaran 2020/2021. UIN Mataram.

Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303

Muntaqo, R., & Musfiah, A. (2018). Tradisi Isra’ Mi’raj Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Generasi Millenial. Paramurabi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 65–78.

Tabi’in, A. (2017). Menumbuhkan Sikap Peduli Pada Anak Melalui Interaksi Kegiatan Sosial. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 1(1). https://doi.org/10.21043/ji.v1i1.3100

Wibowo, F. C., Sanjaya, L. A., Darman, D. R., Fitri, U. R., Oktavianty, E., Ermawati, E. A., Nasbey, H., Mahartika, I., Widiyatmoko, A., & Haeruman, L. D. (2023). Pembelajaran Nano Learning Berbasis STEM. Yayasan Kita Menulis.

Wirahmasari, S. W. (2020). Menabung Kebaikan dengan Bakti Sosial. Sipemas.Uin-Malang.Ac.Id. https://sipemas.uin-malang.ac.id/blog/menabung-kebaikan-dengan-bakti-sosial

Downloads

Published

2023-03-16

How to Cite

Annur, S. ., Khairunnisa, A. ., Wachyudianta, B. ., Divy, E. O. ., Khumaidi, I. ., Oktarina, W. ., Astuti, S. W., Muhtadi, M., Lusitania, N. ., Astri, A., Lestari, C., Rahma, R., Utami, R. ., & Hepriyanti, L. . (2023). REFLEKSI KISAH ISRA MI’RAJ DALAM PENDIDIKAN DAN MASYARAKAT DI MASJID NURUL HIDAYAH LUBUK LINGGAU. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1186–1190. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12950