REFLEKSI KISAH ISRA MI’RAJ DALAM PENDIDIKAN DAN MASYARAKAT DI MASJID NURUL HIDAYAH LUBUK LINGGAU
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12950Keywords:
Refleksi, Isra Mi’raj, Pendidikan, MasyarakatAbstract
Kegiatan bakti sosial ini merupakan bagian dari program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang diselenggarakan mahasiswa Prodi Magister Manajemen Pendidikan Islam. Adapun tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan baik dalam bidang pendidikan ataupun tentang kemasyarakatan. Permasalahan yang dialami oleh masyarakat terkait kurangnya minat pada remaja didaerah sana untuk lebih menghidupkan masjid disana melalui berbagai kegiatan islami ataupun hanya sekedar sholat berjamaah disana. Maka dari itu untuk permasalahan yang ada, kami tim PKM ingin berusaha menghidupkan kembali citra masjid yang ada disana, lebih tepatnya Masjid Nurul Hidayah di Kota Lubuk Linggau melalui kegiatan memperingati Isra Mi’raj. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan monitoring serta evaluasi. Hasil pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan bakti sosial ini diketahui bahwa para mahasiswa sebagai pihak penyelenggara mendapatkan maafat dan begitupula kepada masyarakat disana untuk dapat memperoleh pengaruh positif dari acara tersebut dan menyambung silaturahmi bagi semua yang terlibatReferences
Alim, M. (2018). Bunga Rampai Media Sosial. Guepedia.
Ega, J. (2014). Bakti Sosial Poliklinik UIN Alauddin. Uin-Alauddin.Ac.Id. https://uin-alauddin.ac.id/berita/detail/bakti--sosial-poliklinik-uin-alauddin/8190
Indy, R. (2019). Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial Di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. HOLISTIK, Journal Of Social and Culture, 12(4), 1–18. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/view/25466
Lestari, Y. A. (2021). Penanaman Nilai Karakter Melalui Metode Bercerita Kisah Nabi Dan Rasul Pada Anak Usia Dini Di Ra As-Sunnah Nw Pendem Tahun Pelajaran 2020/2021. UIN Mataram.
Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
Muntaqo, R., & Musfiah, A. (2018). Tradisi Isra’ Mi’raj Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Generasi Millenial. Paramurabi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 65–78.
Tabi’in, A. (2017). Menumbuhkan Sikap Peduli Pada Anak Melalui Interaksi Kegiatan Sosial. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 1(1). https://doi.org/10.21043/ji.v1i1.3100
Wibowo, F. C., Sanjaya, L. A., Darman, D. R., Fitri, U. R., Oktavianty, E., Ermawati, E. A., Nasbey, H., Mahartika, I., Widiyatmoko, A., & Haeruman, L. D. (2023). Pembelajaran Nano Learning Berbasis STEM. Yayasan Kita Menulis.
Wirahmasari, S. W. (2020). Menabung Kebaikan dengan Bakti Sosial. Sipemas.Uin-Malang.Ac.Id. https://sipemas.uin-malang.ac.id/blog/menabung-kebaikan-dengan-bakti-sosial
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Saipul Annur, Aisyah Khairunnisa, Benny Wachyudianta, Ellen Okta Divy, Irham Khumaidi, Wulan Oktarina, Serli Widya Astuti, Muhtadi Muhtadi, Nikita Lusitania, Astri Astri, Citra Lestari, Rahma Rahma, Resti Utami, Lisa Hepriyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.