STUDI LITERATUR PEMANFAATAN APLIKASI ASSEMBLR EDU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA JENJANG SMP/MTS
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12881Keywords:
Assemblr Edu, Learning Media, Literature StudyAbstract
Pemanfaatan teknologi dalam pembuatan media pembelajaran matematika dapat membantu guru menyampaikan informasi kepada peserta didik salah satunya menggunakan aplikasi Assemblr Edu. Assemblr Edu merupakan sebuah aplikasi yang dikembangkan untuk membuat konten tiga dimensi (3D) dan Augmented Reality (AR) yang interaktif dan menyenangkan. Assemblr Edu dapat menggunakan konten edukasi AR siap pakai yang bersifat interaktif. Pengguna Assemblr Edu dapat langsung memilih topik atau mata pelajaran yang diinginkan lalu selanjutnya dapat memilih konten yang sesuai dengan materi yang ingin disampaikan di kelas. Aplikasi Assemblr Edu merupakan salah satu solusi pembuatan media pembelajaran untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. Metode yang dipakai pada penelitian ini yaitu metode studi kepustakaan atau biasa disebut studi literatur (library research). Hasil dari penelitian ini yaitu aplikasi Assemblr Edu dapat dimanfaatkan untuk membuat media pembelajaran matematika yang interaktif dan menyenangkan. Kesimpulan penelitian ini dari artikel penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya terkait penggunaan Assemblr Edu sebagai media pembelajaran matematika.References
Andesta Bujuri, D. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI, IX(1), 37. www.ejournal.almaata.ac.id/literasi
Ar Rakhman Awaludin, A., Hartuti, P. M., & Rahadyan, A. (2019). Aplikasi Cabri 3D Berbantu Camtasia Studio untuk Pembelajaran Matematika di SMP. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(1), 68–75. http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas
Assemblr. (2023). Assemblr-Visualize Ideas in 3D and AR. https://id.edu.assemblrworld.com/how-it-works
Iskandar, S., Sholihah Rosmana, P., Mutiara, E. A., Nisrina, A., Nadhirah, N. E., & Nengsih, N. W. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Assemblr EDU Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi ASEAN Kelas VI. AL QODRI, 20(3), 596–606. https://doi.org/10.53515/qodiri
Kosasih, I. (2015). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Saintifika Islamica, 2(1), 43–52.
Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia, 2(2), 94–100. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia
Mestika Zed. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan (3rd ed.). Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Padang, F. A. L., Ramlawat, Yunus, S. R., & Samputri, S. (2021). Penerapan Media Assemblr Edu Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VII SMPN 3 Makassar (Studi pada Materi Pokok Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup).
Prayogo Ryza. (2017, December 6). Mengenal Assemblr, Platform Berkreasi dengan Teknologi AR. https://dailysocial.id/post/mengenal-assemblr-platform-berkreasi-dengan-teknologi-ar
Rissa Putri Intari Dewi, P., Made Winda Wijayanti, N., & Dewa Putu Juwana, I. (2022). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Digital Assemblr Edu Pada Mata Pelajaran Matematika di SMK Negeri 4 Denpasar. PKM. Widya Mahadi, 2(2), 98–109. https://doi.org/10.5281/zenodo.6606066
Sugiarto, A. (2022). Penggunaan Media Augmented Reality Assemblr Edu untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peredaran Darah. Madaris, 1–13.
Wulandari, D. A. (2021). Analisis Kesalahan Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Siswa Kelas VIII SMPS Tunas Agro Subur Kencana. Jurnal Ilmu Pendidikan, 08(01), 62–71.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhamad Chairudin, Nurhanifa Nurhanifa, Trifirma Yustianingsih, Zahratul Aidah, Atoillah Atoillah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.