PENDAMPINGAN PENYUSUNAN LKPD DAN SOAL HOTS UNTUK GURU SEKOLAH DASAR DI SDN 2 PALANGKA KOTA PALANGKA RAYA

Authors

  • Roso Sugiyanto Universitas Palangka Raya
  • Diplan Diplan Universitas Palangka Raya
  • Ichyatul Afrom Universitas Palangka Raya
  • Mariane Tinse Universitas Palangka Raya
  • Femmy Femmy Universitas Palangka Raya

Keywords:

LKPD, soal HOTS, dan Guru SD

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk: 1) Meningkatkan pemahaman guru SD tentang konsep penyusunan LKPD dan soal HOTS, 2) Meningkatkan keterampilan guru SD untuk menyusun LKPD dan butir soal HOTS, 3) Mendorong guru kreatif untuk membuat, dan mengembangkan LKPD dan soal-soal HOTS sebagai penunjang menyajikan pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman. Hasil evaluasi diketahui bahwa 5 Guru (25%) mampu menyusun LKPD dan soal HOTS dengan, 12 guru (60%) cukup baik mampu menyelesaikan Menyusun LKPD dengan baik namun masih kurang dalam menysun soal HOTS, dan 3 guru (15%) masih kurang baik dalam menyusun LKPD dan soal HOTS

References

Alshwaier, A. (2012). A New Trend for E-Learning in KSA Using

Educational Clouds. Advanced Computing: An International Journal,

(1), 81–97. https://doi.org/10.5121/acij.2012.3107

Agung, J. (2018). Higher Order Thinking Skills Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Struktur Aljabar Grup.

Apertha, F. K., Zulkardi, & Yusup, M. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Open-Ended Problem Pada Materi Seigiempat Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika .

Ardiansyah, R., Diella, D., & Suhendi, H. Y. (2020). Pelatihan pengembangan perangkat pembelajaran abad 21 dengan model pembelajaran project based learning berbasis STEM bagi guru IPA. Publikasi Pendidikan, 10(1), 31-36.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta. Dinni, H. N. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika.IEA. (2016). TIMMS 2015 International Results in Mathematics.

Diella, D., & Ardiansyah, R. (2019). Pelatihan Pengembangan LKPD berbasis Keterampilan Proses Sains Dan Instrumen Asesmen KPS Bagi Guru IPA. Publikasi Pendidikan, 9(1), 7. https://doi.org/10.26858/publikan.v9i1.68 55

Istiyono, E., Mardapi, D., & Suparno. (2014). Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika (Pys’THOTS) Peserta Didik SMA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

Jailani & Heri Retnawati. (2016). Keefektifan Pemanfaatan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan HOTS dan Karakter Siswa.

Mufidah, S., & Wijaya, A. (2017). Pengembangan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Realistik.

Meylani, V., Putra, R. R., & Ardiansyah, R. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan Pengayaan Materi Biologi Dalam Mata Pelajaran IPA Sesuai Kurikulum Nasional Bagi Guru IPA di Lingkungan SMP / Sederajat Se-Kota Tasikmalaya. Jurnal Pengabdian Siliwangi, 4(1), 13–17

R Sugiyanto, A Utami, AT Abeng. (2018). Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Vidio untuk Guru Sekolah Dasar Kota Palangka Raya. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(2), 196-201. https://doi.org/10.32696/ajpkm.v2i2.202

Downloads

Published

2023-03-13

How to Cite

Sugiyanto, R. ., Diplan, D., Afrom, I. ., Tinse, M. ., & Femmy, F. (2023). PENDAMPINGAN PENYUSUNAN LKPD DAN SOAL HOTS UNTUK GURU SEKOLAH DASAR DI SDN 2 PALANGKA KOTA PALANGKA RAYA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1109–1113. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/12876