PELATIHAN PENGGUNAAN MICROSOFT POWERPOINT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Authors

  • Friska Heriyanti Universitas Potensi Utama
  • Anyan Anyan STKIP Persada Khatulistiwa
  • Matius Stefanus Batu Universitas Timor
  • Derlini Derlini Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia
  • Hamid Wijaya Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Arisman Arisman STKIP Rokania

Keywords:

Pelatihan, Microsoft Powerpoint, Media, Pembelajaran

Abstract

Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan penggunaan Microsoft PowerPoint sebagai media pembelajaran kepada para guru di sekolah. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran semakin meluas dan penting untuk memahami penggunaan Microsoft PowerPoint sebagai media pembelajaran yang efektif dan efisien. Beberapa isu terkait dengan penggunaan Microsoft PowerPoint sebagai media pembelajaran adalah kurangnya pemahaman tentang fitur-fitur yang ada dalam PowerPoint, kurangnya kreativitas dalam penyusunan materi, dan kurangnya penggunaan media tambahan yang mendukung dalam pembelajaran. Penelitian-penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa penggunaan Microsoft PowerPoint dalam pembelajaran dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa serta mempermudah proses pembelajaran. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilaksanakan dengan metode pelatihan praktis dan interaktif. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa para guru memiliki pemahaman yang lebih baik tentang fitur-fitur PowerPoint sebagai media pembelajaran dan mampu mengembangkan materi yang lebih kreatif dan menarik. Para peserta juga mampu memanfaatkan media tambahan yang mendukung pembelajaran seperti gambar, video, dan animasi. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah bahwa pelatihan penggunaan Microsoft PowerPoint sebagai media pembelajaran sangat penting dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Oleh karena itu, diharapkan para guru dapat memanfaatkan Microsoft PowerPoint sebagai media pembelajaran dengan lebih optimal dan efektif.

References

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (Eds.). (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom’s taxonomy of educational objectives. Longman.

Armbruster, B. B., Lehr, F., & Osborn, J. (2001). Put reading first: The research building blocks for teaching children to read. National Institute for Literacy.

Balyer, A., Yilmaz, E., & Ozden, M. Y. (2019). Investigating the effectiveness of PowerPoint presentations in promoting students' academic achievement, attitudes, and retention. Journal of Educational Computing Research, 57(4), 945-965.

Baturay, M. H., & Tezci, E. (2014). An investigation into the use of PowerPoint presentations in EFL classroom: A study of practices and attitudes. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 141, 664-668.

Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2016). E-learning and the science of instruction: Proven guidelines for consumers and designers of multimedia learning. John Wiley & Sons.

Dunlosky, J., Rawson, K. A., Marsh, E. J., Nathan, M. J., & Willingham, D. T. (2013). Improving students' learning with effective learning techniques: Promising directions from cognitive and educational psychology. Psychological Science in the Public Interest, 14(1), 4-58.

Felder, R. M., & Brent, R. (2009). Active learning: An introduction. ASQ Higher Education Brief, 2(4), 1-5.

Kruse, K. (2013). Benefits and drawbacks of e-learning. Journal of Education and Practice, 4(22), 142-149.

Mayer, R. E. (2014). Cognitive theory of multimedia learning. The Cambridge Handbook of Multimedia Learning, 2nd Edition, 43-71.

Mayer, R. E., & Moreno, R. (2003). Nine ways to reduce cognitive load in multimedia learning. Educational Psychologist, 38(1), 43-52.

Paivio, A. (1991). Dual coding theory: Retrospect and current status. Canadian Journal of Psychology/Revue Canadienne De Psychologie, 45(3), 255-287.

Plass, J. L., Homer, B. D., & Hayward, E. O. (2009). Design factors for educationally effective animations and simulations. Journal of Computing in Higher Education, 21(1), 31-61.

Rieber, L. P. (1996). Seriously considering play: Designing interactive learning environments based on the blending of microworlds, simulations, and games. Educational Technology Research and Development, 44(2), 43-58.

Sweller, J., Ayres, P., & Kalyuga, S. (2011). Cognitive load theory. Springer.

Tindall-Ford, S., Chandler, P., & Sweller, J. (1997). When two sensory modes are better than one. Journal of Experimental Psychology: Applied, 3(4), 257-287.

Downloads

Published

2023-03-13

How to Cite

Heriyanti, F. ., Anyan, A., Batu, M. S. ., Derlini, D. ., Wijaya, H. ., & Arisman, A. (2023). PELATIHAN PENGGUNAAN MICROSOFT POWERPOINT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1104–1108. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/12873