PENERAPAN PRAKTIK BAIK DALAM UPAYA MENINGKATAKAN MUTU SEKOLAH SMP SWASTA PASAORAN PARBULUAN DAIRI

Authors

  • Bangun Munthe UnUniversitas HKBP Nommensen
  • Fernando S. H Rajagukguk Universitas HKBP Nommensen
  • Melga J Capah Universitas HKBP Nommensen
  • Natalina Simanjuntak Universitas HKBP Nommensen
  • Enzelina Napitupulu Universitas HKBP Nommensen
  • Kartini Cahaya Septiana Universitas HKBP Nommensen
  • Sherina Debora Simamora Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12855

Keywords:

Mutu sekolah, peningkatan, praktik baik

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat sejauhmana Implementasi Media Pembelajaran  terhadap prestasi Belajar siswa di SMP Swasta Pasaoran Parbuluan Dairi. Jumlah sampel sebanyak 85 orang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, sedangkan analisis data yang dilakukan dalam penelitian hipotesis adalah korelasi product moment pearson dengan alat pengumpulan data adalah angket untuk Variabel X (Praktik Baik) dan Variabel Y (Mutu sekolah). Untuk mengetahui sejauhmana Penerapan Praktik Baik Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Sekolah di SMP Swasta Pasaoran Parbuluan Dairi, maka digunakan Uji Statistik Korelasi Product Moment Pearson. Dari hasil pengujian diperoleh pengujian korelasi (r) 0.8678  dengan uji determinasi sebesar 75,3%  dan untuk mengetahui signifikan tidaknya koefisien korelasi pada taraf nyata  = 0,05 maka diadakan uji “t” dengan kriteria pengujian jika thitung yang didapat dari perhitungan lebih besar (>) dari ttabel pada taraf signifikan 1 – 0,05 dengan dk = n – 2 maka hipotesis diterima dan dalam hal lain ditolak. Dari hasil pengujian diperoleh thitung >  ttabel (1,70 > 1,68 ), maka hipotesis diterima. Dengan demikian dapat dikemukakan Berpengaruh yang berarti antara Penerapan Praktik Baik Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Sekolah di SMP Swasta Pasaoran Parbuluan Dairi.

References

Abidin, Z. (2006). Bimbingan Belajar Untuk Meningkatan Kualitas Dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Pemikiran Kependidikan 11, no. 1, 1–12

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Cet-14. Jakarta: Rineka Cipta

Fadhli, M. (2017). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Tadbir, 1(2), 216–238

Hatimah, I. (2016). Regulasi Dan Implementasi Pendidikan Informal. PEDAGOGIA Jurnal Ilmu Pendidikan 13(1), 2016

Herman, H., Silalahi, D. E., and Sinaga, Y. K. (2022). Collaborative Teacher and Students Sebagai Realisasi Pembelajaran Inovatif. Indonesia Berdaya, 4(1), 267-272, DOI: 10.47679/ib.2023408

Muhammadiah, M., Tannuary, A., Romadhianti, R., Fatmawati, E., and Herman, H. (2023). Critical Discourse Analysis in the Education Community to Respond the Hoax Based on Technology and Information. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 15(1), 95-104. DOI : 10.35445/alishlah.v15i1.2158

Munthe, B., Damanik, S. Y., and Pasaribu, S. (2022). Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Kristen Bagi Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 13 Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Tambusai 6 (2022), 3042–3048

Purba, E., Munthe, Y., Hutasoit, A., Hutabarat, E., Purba, S., Herman, H., and Sinaga, Y. K. (2023). Pengaruh Ruang Baca terhadap Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa di Sekolah Dasar Negeri 034798 Pangguruan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1397-1402

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif, Cet-1. Yogyakarta: CV.Budi Utama

Sardiman, AM. (2011). Interaksi Motivasi Belajar Mengajar, Cet-20. Jakarta: PT. Rajawali Pers

Sinaga, J. A. B., Butarbutar, I. P., Pangaribuan, F., and Herman, H. (2023). In House Training: Upaya meningkatkan kemampuan guru dalam penulisan karya ilmiah di SMA Swasta Teladan Pematangsiantar. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 199-206. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12175

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif Kombinasi, R&D Dan Penelitian Tindakan), ed. Apri Nuryanto, Cet-3. Bandung: Alfabeta

Six sites meet for comprehensive anti-gang initiative conference. (2006, November/December). OJJDP News @ a Glance. Diunduh dari:

Downloads

Published

2023-03-12

How to Cite

Munthe, B. ., Rajagukguk, F. S. H. ., Capah, M. J. ., Simanjuntak, N., Napitupulu, E. ., Septiana , K. C. ., & Simamora, S. D. . (2023). PENERAPAN PRAKTIK BAIK DALAM UPAYA MENINGKATAKAN MUTU SEKOLAH SMP SWASTA PASAORAN PARBULUAN DAIRI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1070–1075. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12855