PENINGKATAN KEMAMPUAN BERSAING MELALUI STRATEGI SALURAN PEMASARAN DAN MEREK KAFE USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KOTA BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12852Keywords:
Marketing Strategi, Distribusi, MerekAbstract
Strategi pemasaran membahas tentang pengambilan keputusan-keputusan terkait dengan biaya pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam hubungannya dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan. Wirausaha banyak menggunakan strategi bauran pemasaran saluran distribusi untuk memajang, menjual, atau mengirimkan produk dan jasa fisik kepada pembeli. Saluran distribusi langsung dilakukan melalui Internet, surat, atau telepon, atau saluran distribusi tidak langsung dengan menggunakan distributor, grosir, pengecer, dan agen sebagai perantara. Strategi bauran pemasaran yang lain juga banyak digunakan para Wirausaha adalah strategi merek. Beberapa pengusaha menganggap merek sebagai aset utama yang bersifat tetap, dan memiliki pengaruh positif tersendiri bahwa konsumen akan memberikan tanggapan untuk produk dan jasa dari merek yang mereka kenal.Pengalaman menjalankan usaha sejak tahun 2017 menjadikan mitra dikenal dikalangan penikmat minuman kopi yang dari waktu ke waktu selalu menjadi trend konsumen yang berorientasi pada gaya hidup tertentu. Usaha yang dijalankan saat ini tergolong se bagai usaha keluarga dimana seluruh kegiatan usaha mulai dari pengelolaan bahan baku, produksi, keuangan, dan penjualan termasuk aktifitas pelayanan kepada konsumen dilakukan oleh anggota keluarga pemilik Kafe. Meskipun mitra memiliki produk yang cukup beragam, dalam menjalankan usahanya saat ini mitra belum memiliki lokasi yang cukup strategis dan identitas produk untuk memaksimalkan penjualannya. Mengadapi situasi persaingan usaha mitra memerlukan strategi memperluas jangkauan penjualan dan merek sebgai identitas produk agar dapat memaksimalkan laba yang yang dinginkan.Permasalahan yang dihadapi mitra adalah kurangnya pengetahuan tentang saluran distribusi dan pentingnya Merk, sehingga dirumuskan oleh Kelompok PkM untuk berbagi pengetahuan kepada Mitra pelaku usaha Kafe tentang Marketing Strategi saluran Distribusi untuk melayani konsumen dan peran Merek sebagai identitas produk dalam situasi persaingan usaha Kafe. Keseluruhan kegiatan pengabdian ini mulai dari persiapan sampai dengan evaluasi dilakukan selama bulan November 2022 hingga Februari 2023, dikemas dalam bentuk penyuluhan yang dilaksanakan kepada wirausaha yang terdaftar secara resmi sebagai pelaku usaha katagori Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di kota Bandung. Aktivitas penyuluhan mencakup ceramah, diskusi, dan menawarkan desain logo sebagai merek usahaReferences
https://opendata.jabarprov.go.id/id/dataset/jumlah-usaha-mikro-kecil-menengah-umkm-berdasarkan-kategori-usaha-di-jawa-barat
Fildzah, A. N., & Mayangsari, I. D. (2018). Analisis Strategi Promosi pada UMKM Social Enterprise (Studi Kasus Pascorner Cafe and Gallery). Jurnal Komunikasi, 12(2), 101–112. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol12.iss2.art1
Kotler, P., & G Amstrong. (2008). Principles Of Marketing, 12th Edition, New Jersey: Pearson Education Inc/Prentice Hall.
Kushnir, Khrystyna., Melina Laura Mirmulstein, and Rita Ramalho. (2010). Micro, Small, and Medium Enterprises Around the World: How Many Are There, and What Affects the Count MSME Country Indicators. World Bank / IFC
Watono, A. Adji & Maya C Watono. (2011). Integrated Marketing Communication that Sells. Jakarta: PT. Gramedia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Syakieb Arsalan, Evi Octavia, Niki Hadian, Shinta Dewi Herawati, Dini Verdania Latif, Rina Tresnawati, Mochamad Kohar Mudzakar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.