SOSIALISASI PENDAMPINGAN ASSESOR IASP 2020

Authors

  • Ansori Ansori nstitut Agama Islam Nusantara Batanghari
  • M. Shofa Saifillah Alfaruq Institut Islam Mambaul Ulum Jambi
  • Muhammad Yusup Institut Agama Islam Nusantara Batanghari
  • Sarinah Sarinah Universitas Merangin Bangko Jambi
  • Iwan Aprianto Institut Agama Islam Nusantara Batanghari
  • Taupiq Taupiq Institut Agama Islam Nusantara Batanghari

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12718

Keywords:

BAN-SM, Akreditasi, Instrumen Akreditasi

Abstract

Sekolah merupakan instansi yang diposisikan sebagai garda terdepan dan posisi sentral didalam pelaksanaan pendidikan dan pengajaran dalam mengahsilkan generasi-generasi terdidik. Permasalahan mutu pendidikan pada satuan pendidikan tidak berdiri sendiri, melainkan saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya dan merupakan satu sistem yang saling mempengaruhi. Proses pencapaian mutu satuan pendidikan melalui proses penilaian evaluasi dari lembaga penjamin mutu sekolah dalam hal ini adalah BAN-SM. BAN-SM sebagai lembaga penjaminan mutu pendidikan untuk ikut ambil bagian dalam mendorong continous improvement, yaitu perubahan akreditasi Sekolah/Madrasah ke arah yang lebih baik yang difokuskan pada penilaian Sekolah/Madrasah pada pemenuhan mutu yang lebih substantif. Pergeseran paradigma dalam pelaksanaan akreditasi ini mutlak diperlukan sebagai bagian penting dari upaya BAN S/M Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP 2020) diharapkan dapat memberikan gambaran secara komprehensif baik yang terkait dengan landasan filosifis, sosiologis, maupun yuridis, serta kerangka pikir penyusunan Instrumen Akreditasi tentang arah pengembangan Instrumen Akreditasi yang sudah disusun oleh BAN-S/M. namun konsep ini sangat berbeda bila dibandingkan evaluasi sebelumnya yaitu Standar Nasional Pendidikan (SNP). Oleh sebab itu perlu kegiatan sosialiasasi Pendampingan Assesor IASP 2020 sebagai sarana pembekalan ilmu pengetahuan dan keterampilan bagi assessor untuk menerapkannya pada saat penilaian akreditasi sekolah. Penguasaan Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2020 akan memudahkan asseor menjalankan tugas dan kewajibannya.

References

Arifin, Z. (2021). Model Pengembangan Akreditasi Satuan Pendidikan pada Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Evaluasi Kinerja (Studi Kasus Di Kota Semarang). Journal of Primary Education, 10(1), 10-16.

Cahyadi, Wawan. "Evaluasi implementasi program akselerasi guru ke jenjang sarjana: studi kasus di universitas negeri Malang." Jurnal Pendidikan dan Pengajaran 52.2 (2019): 95-102.

Darmawan, D., & Imron, A. (2020). Kualitas Pendidikan dan Akreditasi Sekolah: Studi Pembanding SMP di Kabupaten Malang. Cakrawala Pendidikan, 39(2), 212-223.

Darsono, W., & Ananda, A. (2020). Model Pengembangan Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan pada Sekolah Dasar Berbasis Kinerja. Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(2), 129-135.

Daryanto, D. (2021). Penjaminan Mutu Pendidikan Dalam Kebijakan Nasional. Jurnal Ilmu Pendidikan, 23(1), 1-8.

Fauzi, Muhammad, et al. "Evaluasi Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pelaksanaan Kegiatan Proses Pembelajaran di SMAN 1 Garum Blitar." Jurnal Pendidikan Islam 8.2 (2020): 279-296.

Fitria, R., Widyanti, A., & Utami, L. W. (2021). Implementasi Sistem Akreditasi Berbasis Kinerja di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 23(1), 64-73.

Hasanah, M. U., & Widodo, A. (2020). Pengaruh Implementasi Akreditasi Sekolah Terhadap Mutu Pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Jember. Jurnal Pendidikan Vokasi, 10(1), 57-68.

Jannah, M., Suharsimi, A., & Djazuli, A. (2021). Implementasi Akreditasi Sekolah pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kota Kediri. Jurnal Administrasi Pendidikan, 28(1), 56-64.

Kurniawan, Bambang, et al. "Implementasi penjaminan mutu di perguruan tinggi keagamaan Islam negeri: Studi kasus IAIN Salatiga." Jurnal Penjaminan Mutu 7.1 (2021): 1-14.

Kusumadewi, I. A. S., & Supadmi, W. (2020). Evaluasi Pelaksanaan Akreditasi Sekolah di SMP Negeri 3 Denpasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 27(1), 43-52.

Mubarok, A., Kurniawan, T., & Soeharto, A. (2021). Implementasi Akreditasi Sekolah pada Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Kudus. Jurnal Administrasi Pendidikan, 28(1), 65-71.

Muluk, M. T. Hasyim. "Kompetensi asesor lembaga penjaminan mutu pendidikan: Penelitian survei pada asesor LPMP provinsi NTT." Indonesian Journal of Educational Assessment 2.1 (2019): 37-43.

Nasir, Abdul, et al. "Implementasi kebijakan penyelenggaraan Pendidikan Akhlak di madrasah: Studi kasus di Kabupaten Tangerang, Banten." Tarbawi: Journal of Education in Muslim Society 7.1 (2020): 47-56.

Nurhasanah, N. (2020). Peran Pengawas Sekolah Dalam Implementasi Akreditasi Sekolah di Kabupaten Sragen. Jurnal Administrasi Pendidikan, 27(2), 156-165.

Priyono, Anjar, and Hanif Nurcholis. "Panduan lengkap asesor lembaga penjaminan mutu pendidikan." Penebar Plus (2020).

Rahmadani, R., & Hudha, M. N. (2021). Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Implementasi Akreditasi Sekolah di SMAN 1 Pemangkat. Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(2), 85-90.

Rosyadi, A., & Yusuf, M. (2020). Pelaksanaan Akreditasi Sekolah di Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 27(2), 143-155.

Suratiyah, Suratiyah, et al. "Efektivitas supervisi akademik kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru SD di Kecamatan Krian, Sidoarjo." Jurnal Pendidikan dan Pengajaran 53.1 (2020): 99-107.

Suryani, Dewi, and Joko Sutrisno. "Asesmen kesesuaian perangkat penilaian pada kurikulum 2013 kelas 4 dan 5 sekolah dasar." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4.2 (2020): 77-85.

Downloads

Published

2023-03-08

How to Cite

Ansori, A., Alfaruq, M. S. S. ., Yusup, M. ., Sarinah, S., Aprianto, I. ., & Taupiq, T. (2023). SOSIALISASI PENDAMPINGAN ASSESOR IASP 2020. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 946–952. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12718