PENINGKATAN KOMPETENSI SDM SERTA PENDAMPINGAN PERHITUNGAN BIAYA PRODUK DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN

Authors

  • Lidya Primta Surbakti Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Ranti Nugraheni Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Ekawati Jati Wibawaningsih Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Yeni Elfiza Abbas Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Swadaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12717

Keywords:

Pelatihan, Kompetensi, Biaya Produk, Pesantren

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa dan siswi dengan pelatihan pembuatan donat dan pizza serta pendampingan dalam perhitungan biaya produk tersebut di Pesantren Syukur Al-Amin. Peserta dalam pelatihan dan pendampingan tersebut terdiri dari 17 siswa dan siswi dari Pesantren tersebut. Pentingnya PKM ini dilaksanakan karena latar belakang siswa siswi dari Pesantren ini adalah anak- anak yang tidak mempunyai orang tua dan anak-anak yang dititipkan dikarenakan orang tua mereka yang mempunyai ekonomi lemah, sehingga penting meningkatan kompetensi dari siswa tersebut untuk dapat mendidik mereka untuk memiliki kompetensi dalam mendirikan usaha untuk menunjang kemandirian mereka. PKM ini menggunakan metode pelatihan untuk peningkatan kompetensi serta metode pendampingan untuk melatih pemahaman perhitungan biaya produksi dari siswa pesantren. Dari hasil pelatihan pembuatan donat dan pizza tersebut seluruh peserta dapat mempraktekkannya dengan baik dan dalam pendampingan perhitungan harga pokok produk dari kedua produk tersebut semua siswa dan siswi dapat melakukannya dengan baik. Dengan Pelatihan dan pendampingan ini diharapkan siswa siswi di pesantren tersebut dapat terampil dan mandiri dalam melakukan usaha dalam rangka kemandirian mereka kedepannya.

References

Datar, S.M dan Rajan, M.V. (2018). Horngren’s Cost Accounting: Managerial Emphasis, Inggris: Pearson

Fauzi, Y. (2017). Peran Pesantren Dalam Upaya Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia (Msdm) Entrepreneurship (Penelitian Kualitatif Di Pondok Pesantren Al-Ittifaq Rancabali Bandung). Jurnal Pendidikan Uniga, 6(1), 1-8.

Kartasasmita, Ginanjar. (1996). “Reaktualisasi Nilai-nilai Kepesantrenan”. Makalah pada Dies Natalis XXXI IAI Cipasung, Tasikmalaya.

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2020 tentang Pendirian dan Penyelengaraan Pesantren

Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan. Ikatan Akuntan Indonesia

Sulaiman, I. A. (2010). Masa Depan Pesantren: Eksistensi Pesantren di Tengah Gelombang Modernisasi. Malang: Madani

Thoyyibah, N. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Santri Pondok Pesantren. At-Taqaddum, 12(1), 75-90.

Undang-undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren

Downloads

Published

2023-03-08

How to Cite

Surbakti , L. P. ., Nugraheni, R. ., Wibawaningsih, E. J. ., & Abbas, Y. E. (2023). PENINGKATAN KOMPETENSI SDM SERTA PENDAMPINGAN PERHITUNGAN BIAYA PRODUK DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 940–945. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12717