PENINGKATAN KEMAMPUAN ETIKA BERBAHASA INGGRIS DI DAERAH WISATA BAKKARA MELALUI PENGGUNAAN SIMPLE TENSE DALAM PERCAKAPAN SEHARI-HARI DIDUKUNG DENGAN KEARIFAN LOKAL DI SMA N 1 BAKTIRAJA

Authors

  • Hotmaida Simanjuntak Universitas HKBP Nommensen
  • Lili Sowari Siregar Universitas HKBP Nommensen
  • Roslitha Uli Banjarnahor Universitas HKBP Nommensen
  • Romauli Siahaan Universitas HKBP Nommensen
  • Nanda Claudia Sitorus Universitas HKBP Nommensen
  • Renita Wati Lumban Gaol Universitas HKBP Nommensen

Keywords:

Etika Berbahasa Inggris; Daerah Wisata; Simple Tense; Literasi Siswa

Abstract

Melihat potensi wisata alam yang cukup banyak di beberapa kecamatan tersebut, Pemerintah Kabupaten Humbahas sangat berharap ada dukungan bukan saja dari masyarakat setempat tetapi juga berbagai stakeholder. Tujuan dilakukan pegabdian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan etika berbahasa inggris melalui simpel tense dalam keterampilan percakapan sehari-hari.  Mekanisme pelaksanaan kegiatan PkM (Pengabdian kepada Masyarakat)- Pengabdian Universitas HKBP Nommensen Medan meliputi:  1. Persiapan 2. Observasi lapangan 3. Pemilihan lokasi PkM. 4. Pendaftaran Peserta PkM. 5. Pembekalan bagi mahasiswa dan dosen pembimbing lapangan (DPL). 6. Pengantaran mahasiswa ke lokasi PkM. 7. Monitoring evaluasi 8. Penarikan mahasiswa dari lokasi PkM. Hasil yang diperolah dari kegiatan ini adalah Minggu ke-Pertama mahasiswa PkM memberikan Materi dengan Judul Simple Present Tense dalam satu kelas. Media yang digunakan adalah papan tulis, spidol, buku cetak dan internet di setiap kelas. Minggu Ke-Dua Mahasiswa PkM memberikan Materi Mengenai Cause and Effect dalam satu kelas. Media yang digunakan adalah papan tulis, spidol, buku cetak dan internet di setiap kelas. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah Mahasiswa memberikan bantuan kepada pihak sekolah di SMA N 1 BAKTIRAJA, terkait dengan penyusunan data buku di perpustakaan, persiapan kebaktian mingguan, Jumat bersih dan kegiatan literasi siswa siswi di setiap Minggu.

References

Andriyani, A. A. A. D., Rahayu, E. T., Hartati, H., & Santika, I. D. A. D. M. (2021). Pelatihan Berkomunikasi Lisan Melalui Tata Bahasa Jepang bagi Pemandu Wisata Khusus di Kabupaten Bangli. JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), 2(4), 330–339. https://doi.org/https://doi.org/10.36596/jpkmi.v2i4.280

Ariyani, E. (2021). Pelatihan Bahasa Inggris Dasar Bagi Anak Usia Dini Di Pesisir Pantai Ampenan-NTB. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Radisi, 1(3), 240–248. https://doi.org/https://doi.org/10.55266/pkmradisi.v1i3.53

Ariyani, E. (2022). Metode Pembelajaran Task Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa InggriS. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 5(2), 150–154. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/pendekar.v5i2.10522

Budiarta, I. W., Laksmi, P. A. S., & Kasni, N. W. (2022). Peningkatan Perekonomian Masyarakat melalui Pelatihan Bahasa Inggris dan Penumbuhan Jiwa Kewirausahaan di Desa Ababi Kecamatan Abang Kabupaten Karangasem. Jurnal Abdidas, 3(6), 1021–1028. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i6.718

Cahyati, S. S., Parmawati, A., & Atmawidjaja, N. S. (2019). Optimizing English teaching and learning process to young learners (a Case Study in Cimahi). Journal Of Educational Experts (JEE), 2(2), 107–114. https://doi.org/https://doi.org/10.30740/jee.v2i2p107-114

Claria, D. A. K., & Rajistha, I. G. N. A. (2021). Pelatihan Bahasa Inggris untuk Membangun Pelayanan Prima pada Staff Taman Baca Kesiman. Jurnal Abdimas Indonesia, 1(2), 19–25. https://doi.org/https://doi.org/10.53769/jai.v1i2.67

Claria, D. A. K., & Rajistha, I. G. N. A. R. (2020). Optimalisasi Penggunaan Media Daring dalam Pelatihan Bahasa Inggris Bidang Pelayanan Untuk Para Pengemudi Taksi di Desa Sanur Bali. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 81–92. https://doi.org/https://doi.org/10.31537/dedication.v4i2.356

Dzulkifli, M. (2022). English Language Training for Pancoh Ecotourism Village Guides, Sleman Regency, Yogyakarta. ABDI INDONESIA, 2(2).

Fatoni, A. F., & Hafidhah, H. (2022). Pelatihan Promosi Keris Berbahasa Inggris Dengan Metode Role Play Bagi Sentra Kerajinan Keris Desa Aeng Tong-Tong. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1715–1721. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.8581

Hermawan, H. (2021). Pendampingan Desa Wisata Garongan: Program Kerjasama Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta dengan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Jurnal Abdimas Pariwisata, 2(1), 33–52. https://doi.org/https://doi.org/10.36276/jap.v2i1.26

Junaedi, S., Hayati, E. D., & Muslimah, M. (2020). Pemberdayaan Lokal Masyarakat Kelurahan Wonolopo Kecamatan Mijen Kota Semarang Melalui Pengembangan Desa Agrowisata. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 120–129. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/abdi.v2i2.67

Komang, S. I., Eka, P. D. P., & Arindra, A. K. T. (2022). Pelatihan Bahasa Inggris Dan Hospitality Kepada Staff Beyond Bungalows. LOKATARA SARASWATI, 1(2), 55.

Ludji, I., & Hambandima, E. S. N. (2020). PKM Pemberdayaan Kelompok Penggerak Pariwisata Melalui Pelatihan Bahasa Inggris Di Kawasan Wisata Pantai Liman, Pulau Semau-Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 422–428. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cdj.v1i3.1111

Mahsar, L. (2022). Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Content-Based Instruction (Cbi) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Di Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram. Media Bina Ilmiah, 16(12), 7853–7868.

Nadirah, N., Tahir, M. H., & Asrifan, A. (2019). The Ability To Translate English Phrases Into Indonesian And The Difficulties Faced By The Eleventh Grade Students Of Sman 1 Pancarijang. Journal Of Advanced English Studies, 2(1), 41. Https://Doi.Org/10.47354/Jaes.V2i1.53

Nainggolan, M. L., Yuni, Y., & Suryanti, Y. (2020). Hubungan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Persamaan Kuadrat. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Stkip Kusuma Negara Iii, 180–189.

Nanda, R. (2021). Analisis Elemen Pengajaran Bahasa Inggris Dasar Dan Lanjutan Untuk Pemandu Wisata Pada Kegiatan Pelatihan Kecakapan Kerja. Jurnal Real Riset, 3(2), 222–228.

Nashir, M., Laili, R. N., & Wirawati, W. A. (2022). Pengenalan English For Tourism Untuk Kelompok Sadar Wisata Di Wisata Alam Bukit Sewu Sambang Papring Banyuwangi. Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, Dan Humaniora, 2(2), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v2i2.1285

Permana, D., Qomariyah, S. S., & Rizka, M. A. (2020). Pelatihan Keterampilan Berkomunikasi Bahasa Inggris Bagi Pramusaji Kedai di Kawasan Wisata Aik Berik. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 1(1), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jpu.v1i1.2546

Rauf, R., & Majid, B. (2022). Pelatihan Bahasa Inggris Bagi Pelaku Usaha Wisata Di Pantai Jikomalamo Kota Ternate. COMMENT: Journal of Community Empowerment, 2(2), 47–52. https://doi.org/https://doi.org/10.33365/comment.v2i2.186

Riadil, I. G. (2020). Tourism Industry Crisis and its Impacts: Investigating the Indonesian Tourism Employees Perspectives’ in the Pandemic of COVID-19. Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas Dan Perjalanan, 4(2), 98–108. https://doi.org/10.34013/jk.v4i2.54

Santika, I. D. A. D. M., Putri, I. G. A. V. W., Sudipa, M. H. D., & Diantari, N. P. A. (2022). Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris untuk Memperkenalkan Kearifan Lokal ke Manca Negara. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(4), 915–924. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i4.10014

Setianingsih, T., Qomariyah, S. S., Nafisah, B. Z., & Terasne, T. (2021). Pelatihan Tata Cara dan Etika Melamar Kerja Dalam Bahasa Inggris Bagi Siswa SMAN 1 Batulayar Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 2(2), 293–300. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jpu.v2i2.4329

Setiawan, K. M. P. (2022). Vulnerable but Resilient: Indonesia in an Age of Democratic Decline. Bulletin of Indonesian Economic Studies, 58(3), 273–295. https://doi.org/10.1080/00074918.2022.2139168

Starinne, A. R., Susatya, B., & TP, C. I. (2019). Pelatihan Bahasa Inggris Komunikasi Bagi Staff Bidang Kepemudaan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda Dan Olahraga (Disparbudpora) Dan Komunitas Pemuda Kreatif Tuban. Prosiding SNasPPM, 4(1), 203–209. http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/256

Yunita, M., Yuneva, Y., Citra, F. W., Utami, E., Sugandi, W., Zairin, Z., & Alfi, M. (2021). Pelatihan Bahasa Inggris dan Pengelolaan Mangrove untuk Pemberdayaan Karang Taruna dalam Pengembangan Objek Wisata Mangrove. Abdihaz: Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 41–48. https://doi.org/https://doi.org/10.32663/abdihaz.v3i2.1890

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Simanjuntak, H. ., Siregar, L. S. ., Banjarnahor, R. U. ., Siahaan, R. ., Sitorus, N. C. ., & Gaol, R. W. L. . (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN ETIKA BERBAHASA INGGRIS DI DAERAH WISATA BAKKARA MELALUI PENGGUNAAN SIMPLE TENSE DALAM PERCAKAPAN SEHARI-HARI DIDUKUNG DENGAN KEARIFAN LOKAL DI SMA N 1 BAKTIRAJA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 899–908. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/12654