PENERAPAN TEKNOLOGI PAKAN FERMENTASI UNTUK BUDIDAYA IKAN RAMAH LINGKUNGAN DI DESA LUBUK PABRIK KABUPATEN BANGKA TENGAH

Authors

  • Nurzaidah Putri Dalimunthe Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Agung Setiawan Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Erida Kanalia Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Yuandita Sepgianti Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Zikri Aprillah Pratama Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i1.12503

Keywords:

Pakan Fermentasi, Pengabdian Masyarakat, Ikan Lele, Budidaya

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilatarbelakangi oleh adanya kendala yang dihadapi oleh kelompok pemuda Desa Lubuk Pabrik dalam melakukan kegiatan wirausaha budidaya ikan Lele (Clarias sp.). Kendala yang dihadapi adalah adanya serangan penyakit ikan budidaya dan tingginya biaya pakan yang berimbas pada minimnya hasil dan keuntungan yang diperoleh dari usaha yang dilakukan. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dan minat kelompok pemuda Desa Lubuk Pabrik dalam budidaya ikan Lele (Clarias sp.) melalui kegiatan pelatihan dan pendampingan. Metode yang digunakan dalam memfasilitasi peningkatan ketrampilan pembuatan pakan fermentasi ini adalah dengan mengadakan pelatihan melalui: metode ceramah; metode praktek dan pendampingan. Upaya pemberdayaan masyarakat dalam mendukung realisasi program di Desa Lubuk Pabrik, Kecamatan Lubuk Besar, Provinsi Bangka Belitung dalam rangka meningkatkan kualitas dan keterampilan dikelompokkan melalui beberapa program kegiatan yaitu: penyiapan bahan baku pakan, penyiapan alat fermentasi, aktivasi ragi dan fermentasi pakan, serta pengaplikasian pakan hasil fermentasi. Dengan terlaksananya pelatihan ini, kelompok pemuda pembudidaya memperoleh keterampilan tambahan untuk meningkatkan hasil dari budidaya yang dilakukan.

References

Adibrata, S., Lingga, S., Fatimah,S. (2022). Implementasi blue economy dengan pengelolaan potensi udang di air tawar, pendampingan studi banding umkm STC Agro Bangka Belitung. Abdimas Galuh, 4 (2), 1140-1151.

Adibrata, S., Lingga, R., Nugraha, M.N. (2022). Penerapan blue economy dengan budidaya udang vaname (Litopenaeus vannamei. J Trop Mar Sci, 5 (1): 45-54.

Horopu, M.C., Sampekalo, J., Lantu, S. (2018). Pemanfaatan bungkil kelapa fermentasi dalam pada ikan nila (Oreochromis niloticus). Budidaya Perairan, 6 (3), 7-12.

Lingga, R., Astuti, R.F., Bahtera, N.I., Adibrata S., Nurjannah, Ahsaniyah, S., Fatansyah, F., Irawati (2022). Effect Of Additional Probiotic In Cattle Feed On Cattle's Consumption And Growth Rate. Internatio J Sci Tech Man, 3 (5): 1418-1425.

Macey, B.M., Coyne, V.E. (2005) Improved growth rate and disease resistance in farmed Haliotis midae through probiotic treatment. Aquaculture, 245, 249-261.

Nayak, S.K. (2010). Probiotics and immunity: A fish perspective. Fish Shelfish Immunol, 29, 2-14.

Mohapatra, S., Chakraborty, T., Prusty, A.K., Das, P., Paniprasad, K., et al. (2012). Use of different microbial microbial in the diet of Rohu, Labeo rohita fingerling: effects on growth, nutrient digestibility and retention, digestive enzyme and intestinal microflora. Aquaculture Nutrition, 18, 1-11.

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Dalimunthe, N. P., Setiawan, A. ., Kanalia, E. ., Sepgianti, Y. ., & Pratama, Z. A. . (2023). PENERAPAN TEKNOLOGI PAKAN FERMENTASI UNTUK BUDIDAYA IKAN RAMAH LINGKUNGAN DI DESA LUBUK PABRIK KABUPATEN BANGKA TENGAH. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 894–898. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i1.12503