This is an outdated version published on 2023-02-22. Read the most recent version.

SOSIALISASI PANDANGAN TERHADAP PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 2 TAPIAN DOLOK PEMATANG SIANTAR

Authors

  • Desy Asriliani Simalango Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Windi Putriani Sijabat Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Rose Lina Marpaung Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Lestari Bruna Tumanggor Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Angel Grace Karolina Sinaga Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Rasita Apriana Situmorang Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Yusri Handayani Sinaga Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Tya Marchelda Pakpahan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Herman Herman Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i1.12434

Keywords:

Pandangan Pendidikan, Sosialisasi, Pengantar Pendidikan

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pembelajaran siswa siswi melalui observasi.Kegiatan ini diadakan pada tanggal 9 Pebruari 2023 di SMP NEGERI 2 TAPIAN DOLOK, Pematang Siantar.Kegiatan ini diawali dengan perkenalan masing masing anggota observasi, perkenalan siswa, dilanjutkan ice breaking, dan kemudian menyampaikan materi kepada siswa yang berjudul “Pandangan Terhadap Pendidikan”, selama kegiatan diadakan juga sesi tanya jawab. Adapun hasil yang didapat dalam kegiatan ini adalah 1)Setelah pemaparan kemampuan siswa memahami materi yaitu sebesar 33,88% siswa yang sangat paham, sebesar 52,9% siswa yang paham pada materi yang disampaikan, sebesar 10,33% siswa yanng kurang paham pada materi yang disampaikan, dan sebesar 1% siswa yang tidak paham pada materi yyang disampaikan; 2) Siswa yang sangat bersemangat selama kegiatan adalah sebesar 63,89%, siswa yang kurang bersemangat sebesar 25,32% dan yang tidak bersemangat sebesar 10,68%.

References

Ansyar, M. (1988). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Dirjen Dikti

Davies, Ivor K. (1976). Objectives In Curriculum Design, Megraw-Holl Book Company, London

Herman et al. (2021). Strengthening Character Education Through School Culture at SMK Swasta Teladan Tanah Jawa. ABDI DOSEN: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, Vol. 5, No. 2, PP. 178-186, DOI: https://doi.org/10.32832/abdidos.v5i2.868.

Herman, H., Shara, A. M., Silalahi, T. F., Sherly, S., and Julyanthry, J. (2022). Teachers’ Attitude towards Minimum Competency Assessment at Sultan Agung Senior High School in Pematangsiantar, Indonesia. Journal of Curriculum and Teaching, Vol. 11, No. 2, PP. 01-14. DOI: https://doi.org/10.5430/jct.v11n2p1

Kurniawan, dkk. (2022). Metode Pembelajaran Inovatif. PT. Global Eksekutif Teknologi, ISBN : 978-623-8051-10-6

Raihan, S., dkk. (2022). Ilmu Pendidikan. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi. ISBN: 978-623-99749-0-9

Silalahi, D. E., dkk. (2022). Literasi Digital Berbasis Pendidikan: Teori, Praktek dan Penerapannya. PT. Global Eksekutif Teknologi, ISBN: 978-623-5383-54-5

andra-kirana.blogspot.comjournal.stkipsubang.ac.id

Downloads

Published

2023-02-22

Versions

How to Cite

Simalango, D. A. ., Sijabat, W. P. ., Marpaung, R. L. ., Tumanggor, L. B. ., Sinaga, A. G. K. ., Situmorang, R. A. ., Sinaga, Y. H. ., Pakpahan, T. M. ., & Herman, H. (2023). SOSIALISASI PANDANGAN TERHADAP PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 2 TAPIAN DOLOK PEMATANG SIANTAR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 675–679. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i1.12434