PENDAMPINGAN BELAJAR TRANSFORMASI GEOMETRI MENGGUNAKAN SOFTWARE GEOGEBRA

Authors

  • Shofia Hidayah Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo
  • Filda Wardatul Hasanah Universitas Nurul Jadid
  • Aisatus Sumarwiyah Universitas Nurul Jadid

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i1.12341

Keywords:

Pendampingan Belajar, Transformasi Geometri, GeoGebra

Abstract

Matematika dipelajari siswa sejak Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi. Akan tetapi, masih banyak siswa menganggap bahwa matematika adalah mata pelajaran yang membosankan karena sulit untuk dipelajari. Salah satu materi matematika yang dinilai sulit untuk dipelajari adalah materi Transformasi Geometri karena materi ini bersifat abstrak dan membutuhkan visualisasi untuk memudahkan siswa dalam mempelajarinya. Solusi yang tim tawarkan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan minat belajar siswa pada materi Transformasi Geometri adalah melakukan pendampingan belajar. GeoGebra adalah salah satu software yang dapat digunakan untuk memvisualisasikan konsep Transformasi Geometri. Tujuan pengabdian ini adalah meningkatkan pemahaman konsep dan minat belajar siswa pada materi Transformasi Geometri menggunakan software GeoGebra, sehingga siswa tidak lagi mengalami kesulitan saat mempelajari materi tersebut di jenjang selanjutnya. Metode yang digunakan pada kegiatan pengabdian ini adalah observasi, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dari hasil kegiatan pengabdian ini disimpulkan bahwa pelaksanaan pendampingan belajar Transformasi Geometri menggunakan software GeoGebra dapat meningkatkan pemahaman konsep dan minat belajar siswa. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan peningkatan persentase banyaknya siswa yang mencapai nilai di atas KKM setelah dilakukan pendampingan belajar menggunakan software GeoGebra, 32% (sebelum pendampingan belajar) menjadi 86% (setelah pendampingan belajar). Dari hasil angket yang telah dianalisis diperoleh informasi bahwa 24 siswa (86%) menyatakan pembelajaran Transformasi Geometri menggunakan software GeoGebra lebih mudah dipahami. Selain itu, 23 siswa (82%) menyatakan pembelajaran Transformasi Geometri menggunakan software GeoGebra “menyenangkan” dan   5 siswa (18%) menyatakan “sangat menyenangkan”.

Author Biography

Shofia Hidayah, Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo

Mathematics Education Department

References

Ashri, H.Z., & Aini, I.N. (2021). Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Matematika Transformasi Geometri Kelas IX. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 22-31

Faizah, H., & Astutik, E.P. (2017). Efektifitas Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbantuan Software GeoGebra pada Materi Program Linear. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 3(2), 103-110

Fitriasari, P. (2017). Pemanfaatan Software Geogebra dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan matematika RAFA, 3(1), 57-69

Funny, R.A. (2020). Pelatihan Pengembangan Kegiatan Pembelajaran Matematika Berbasis Aplikasi GeoGebra Bagi Guru SMA Angkasa Adisutjipto. Jurnal Anugerah, 2(2), 83-92

Hohenwarter, M., Hohenwarter, J., Kreis, Y., & Lavicza, Z. (2008). Teaching and Learning Calculus with Free Dynamic Mathematics Software GeoGebra. ICME 11: 11th International Congress on Mathematical Education, 1-9

Leonard & Supardi. (2010). Pengaruh Konsep Diri, Sikap Siswa pada Matematika dan Kecemasan Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika. Cakrawala Pendidikan, 29(3), 341-352

Maf”ula, D.A., & Mardhiyana, D. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Transformasi Geometri Berdasarkan Kriteria Watson. Proceeding Konferensi Ilmiah Pendidikan Pekalongan 2021, 159-164

Maulani, F.I., & Aznthy, L.S. (2020). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Transformasi Geometri. Jurnal Gammath, 5(1), 16-25

Mulyono, D., & Asmara, Y. (2020). Workshop Pemanfaatan e-learning Schoology dalam Pembelajaran pada Guru SMP Bakti Ibu 11 Lubuklinggau. Jurnal Cemerlang: Pengabdian pada Masyarakat, 2(2), 173-183

Paulina, S.T., & Adirakasiwi, A.G. (2022). Analisis Kekeliruan dalam Menyelesaikan Soal Transformasi Geometri Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika. Jumlahku: Jurnal Matematika Ilmiah, 8(1), 84-94

Purwasi, L.A., Luthfiana, M., Elly, A., & Fitriyana, N. (2021). Pelatihan Penggunaan Software GeoGebra dalam Materi Geometri pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Lubuklinggau. Jurnal Cemerlang: Pengabdian pada Masyarakat, 3(2), 171-184

Sapawardi, L. (2016). Efektifitas Metode Pembelajaran Drill dengan Pendekatan Peer Teaching Ditinjau dari Minat dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 39-46

Sumargiyani & Yanto, I.T.R. (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis GeoGebra di SD Muhammadiyah Mertosanan Bantul. Prosiding Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, HAPEMAS 2, 439-447

Tanzimah. (2019). Pemanfaatan Software GeoGebra dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 610-616

Wasilah, Iltavia, & Amelia, M. (2023). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Transformasi di Kelas XI MIPA SMAN 1 Kecamatan Kapur IX. Jurnal Inspirasi Pendidikan (ALFIHRIS), 1(1), 177-189

Yuniawatika, Y. (2018). Kemampuan Koneksi Matematik Mahsiswa PGSD Ditinjau dari Perbedaan Gender. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 3(2), 148-156

Zaina, I., Johar, R., & Saminan. (2019). Pelaksanaan Matrikulasi untuk Meningkatkan Penguasaan Operasi Hitung Dasar Matematika Siswa SMKN 2 Langsa. Jurna Peluang, 7(1), 136-150

Downloads

Published

2023-02-20

How to Cite

Hidayah, S., Hasanah, F. W. ., & Sumarwiyah, A. . (2023). PENDAMPINGAN BELAJAR TRANSFORMASI GEOMETRI MENGGUNAKAN SOFTWARE GEOGEBRA . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 565–571. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i1.12341