KELOMPOK IBU MENYUSUI DALAM STRATEGI PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF PADA KELUARGA BROKEN HOME DENGAN TEKHNIK YOGA

Authors

  • Eka Sutrisna Universitas Bumi Persada
  • Rita Wahyuni Universitas Bumi Persada

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12250

Keywords:

Strategi, ASI Eksklusif, Keluarga Broken Home, Stres, dan Tekhnik Yoga

Abstract

Permasalahan di Gampoeng Hagu Selatan yang terletak di pesisir pantai adalah cakupan ASI Eksklusif terendah yaitu 11.7%, angka kelahiran juga masih sangat tinggi, motivasi yang rendah dalam pemberian ASI Eksklusif, dukungan keluarga dan pemahaman yang kurang dalam pemberian ASI Eksklusif, angka perceraian, perselingkuhan serta pengangguran, kekerasan dalam rumah tangga dan kemiskinan yang tinggi. Permasalahan-permasalahan rumah tangga selama menyusui akan menyebabkan ibu stres dan depresi, stress pada ibu menyusui dapat mempengaruhi produksi ASI dan menyebabkan kegagalan dalam pemberian ASI eksklusif. Berkaitan dengan masalah tersebut, pengabdian masyarakat ini khususnya di Gampong Hagu Selatan memberikan solusi untuk menyelesaikan persoalan yaitu relaksasi dan yoga pada ibu menyusui untuk mengatasi stress akibat permasalahan keluarga, sehingga ibu menyusui dapat mengurangi stress selama menyusui. Latihan yoga dapat menjadi salah satu solusi yang paling baik bagi ibu menyusui dengan kondisi stress maupun depresi saat menyusui dan setelah melahirkan. Latihan yoga dapat membantu meringankan masalah psikologis. Metode pelaksanaan: Pelatihan, penyuluhan ASI eksklusif dan Manfaat yoga pada kelompok ibu menyusui, Konseling ibu menyusui beserta permasalahan pada ibu menyusui, Pendampingan pada Ibu Menyusui broken home selama 6 Bulan didampingi Kader Desa dan Melatih tekhnik relaksasi dan Yoga pada ibu menyusui serta latihan senam yoga selama 2 bulan dengan menggunakan tenaga profesional. Hasil dari kegiatan ini adalah: mengatasi stres dan depresi pada ibu menyusui dan meningkatnya pemberian ASI eksklusif pada keluarga broken home.

References

Ariani R. (2018). Efektivitas yoga selama kehamilan terhadap penurunan kecemasan pada ibu nifas di klinik Eka Sri Wahyuni dan klinik pratama Niar.

Damayanti. (2013). Asyiknya Minum ASI. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Depkes RI. (2016). Pedoman Pekan ASI Eksklusif Sedunia. (Internet), Tersedia dalam : gizi.depkes.go.id/wp-content/uploads/2016/07/Pedoman_PASI

Eka Sutrisna, Reva Afdila, Isnawati. (2017). Efektivitas Yoga Terhadap Penurunan Tingkat Nyeri Saat Menstruasi di SMK Negeri I Baktiya Barat Kabupaten Aceh Utara. https://scholar.google.com/citations.

Eka Sutrisna, Kahalidah. (2017). Efektifitas Penggunaan Kombinasi Metode BASOKU dan Pola Makan Terhadap Peningkatan Produksi ASI di PMB Santi Yosina Kecamatan Syamtalira Bayu Kabupaten Aceh Utara. Prefotif, Jurnal Kesehatan Masyarakat. https://scholar.google.com/citations.

Puskesmas Banda Sakti. (2021). Laporan Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe.

Resya Rosalina. (2012). Pengaruh Senam Yoga Terhadap Peningkatan Produksi ASI ibu di Wilayah Kerja Puskesmas Nanggalo Padang. http://repo.unand.ac.id/553/

Roesli, U. (2012). Mengenal ASI Eksklusif. Jakarta: Trubus Agriwidya.

Sujoko. (2016). Faktor Ekonomi Memicu Tingginya Angka Perceraian Di Lhoksemawe. (Internet). Tersedia dalam: <http://buanaindonesia.co.id/aceh/faktor-ekonomi-memicu-tingginya-angka-perceraian-di-lhoksemawe/>.

Susanti, (2013). Manfaat Pemberian ASI Eksklusif. (Internet). Tersedia dalam:

Vyola Chania Arefti. (2022). Yoga Postpartum Terhadap Produksi Asi Dan Kebugaran Ibu Postpartum. Semarang:Kebidanan Magister Terapan Kesehatan. http://123.231.148.147:8908

Williams. (2012). Yoga Untuk Mengatasi Stres Pada Ibu Menyusui. (Internet). Tersedia dalam: <https://karyatulisilmiah.com/yoga-untuk-mengatasi-masalah-stres-pada-ibu-menyusui/>.

Downloads

Published

2023-02-11 — Updated on 2023-02-12

Versions

How to Cite

Sutrisna, E. ., & Wahyuni, R. . (2023). KELOMPOK IBU MENYUSUI DALAM STRATEGI PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF PADA KELUARGA BROKEN HOME DENGAN TEKHNIK YOGA . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 368–382. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12250 (Original work published February 11, 2023)