PELATIHAN PEMBUATAN EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS TIK BAGI GURU AKUNTANSI

Authors

  • Cipto Wardoyo Universitas Negeri Malang
  • Dudung Ma’ruf Nuris Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12232

Keywords:

Evaluasi Pembelajaran, TIK, Guru Akuntansi

Abstract

Tujuan diadakannya kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) pada guru akuntansi bagi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah: (1) Meningkatkan pengetahuan guru Akuntansi SMK Kabupaten Tuban tentang penyusunan evaluasi pembelajaran yang berbasis TIK (2) Meningkatkan keterampilan bagi guru akuntansi di seluruh SMK Kabupaten Tuban tentang cara menyajikan evaluasi pembelajaran dengan menggunakan berbagai aplikasi untuk pembelajaran akuntansi. Tujuan utama dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yaitu menyelesaikan masalah yang dialami mitra. Upaya yang dilakukan yaitu melalui pendampingan berkaitan dengan pengetahuan dan keterampilan membuat evaluasi pembelajaran berbasis TIK. Program kegiatan pengabdian masyarakat oleh Tim Pelaksana PKM dari Universitas Negeri Malang ini melibatkan mitra dari MGMP Akuntansi se-Kabupaten Tuban dan guru-guru akuntansi sebagai khalayak sasaran. Alasan sasaran kegiatan tersebut adalah dalam rangka menghadapi revolusi industri 4.0 yang juga terjadi di segala bidang khususnya pendidikan. Dengan adanya revolusi industri 4.0 ini maka guru dituntut untuk memahami dan dapat mengaplikasikan teknologi pada proses pembelajaran di kelas. Pentingnya mengembangkan perangkat pembelajaran dengan berbagai software ini dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah masing-masing. Jenis luaran kegiatan PKM ini bagi guru SMK adalah sebagai berikut: (1) Mengaplikasikan alat evaluasi pembelajaran dengan menggunakan Quizizz (2) Mengaplikasikan alat evaluasi pembelajaran dengan menggunakan KAHOOT.

References

Fachri, M. (2018). Urgensi Evaluasi Pembelajaran Dalam Pendidikan. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 64–68. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i1.758

Faznur, L. S., Khaerunnisa, & Sumardi, A. (2020). Aplikasi Kahoot Sebagai Media Dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Guru Sma Di Sukabumi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik, 2(2), 39–44. https://doi.org/10.24853/jpmt.2.2.39-44

Ginting, J. M., & Mahfudin, R. K. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz Dan Kahoot Serta Penyuluhan Vaksinasi Covid-19. Journal Elektronik, 3(1), 312–316. https://journal.uib.ac.id/index.php/nacospro/article/view/5950

Jayadi, A., & Syarafuddin, H. . (2020). Evaluasi Pembelajaran Berbasis Digital Online. Journal Scientific of Mandalika, 1(4), 285–287.

Kamilia, F. F. S. K., & Wahyudin, D. (2021). Inovasi Kurikulum Pesantren. Inovasi Kurikulum, 18(2), 222–230. https://ejournal.stainupacitan.ac.id/index.php/Transformasi/article/downloadSuppFile/66/57

Magdalena, I., Fauzi, H. N., & Putri, R. (2020). Pentingnya Evaluasi Dalam Pembelajaran Dan Akibat Memanipulasinya. Bintang: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(2), 244–257. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Rahayu, E. E., & Listiyadi, A. (2015). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Berbasis Information And Communication Technologies (ICT) Pada Materi Mengelola Dokumen Transaksi. Jurnal Pendidikan Akutansi, 2(2), 1–7.

Downloads

Published

2023-02-10 — Updated on 2023-02-11

Versions

How to Cite

Wardoyo, C. ., & Nuris, D. M. . (2023). PELATIHAN PEMBUATAN EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS TIK BAGI GURU AKUNTANSI . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 308–313. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12232 (Original work published February 10, 2023)