This is an outdated version published on 2023-02-02. Read the most recent version.

PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DENGAN STIK KALAKAI SEBAGAI PRODUK UNGGULAN DESA SEI ASAM

Authors

  • Fatma Sarie Universitas Palangka Raya
  • Imam Taufik Hidayat IPB University
  • Prisca Alvionita Universitas Riau
  • Rezikna Rezikna IAIN Palangka Raya
  • Ade Mezha Universitas Bangka Belitung
  • Allan Padang Universitas Palangka Raya
  • Elnatan Keningatko Universitas Palangka Raya
  • Celine Patricia Tiono Universitas Palangka Raya
  • Raudhatus Sholehah Universitas Palangka Raya
  • Putri Namora Nasution Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12083

Keywords:

Pemberdayaan Ekonomi, Kalakai, Asset Based Community Development (ABCD)

Abstract

Kegiatan pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan pembuatan Stik Kalakai sebagai produk unggulan di Desa Sei Asam Kecamatan Kapuas Hilir, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah. Tujuan dari kegiatan ini adalah memfasilitasi masyarakat terutama Ibu-Ibu yang aktif dalam kegiatan PKK untuk dapat mengelola tanaman kalakai menjadi produk stik kalakai. Produk ini diharapkan dapat menjadi produk unggulan khas Desa Sei Asam. Sehingga masyarakat tidak lagi mengolah kalakai hanya menjadi sayur mayur. Kegiatan pemberdayaan ini mengutamakan pemanfaatan potensi dan aset yang sudah ada di lingkungan sekitar Desa Sei Asam yaitu tanaman kalakai. Untuk mendapatkan hasil yang diharapkan penulis menerapkan metode Asset Based Community Development (ABCD) yang merupakan model pendekatan dalam pengembangan masyarakat. Pendekatan ABCD mengutamakan pemanfaatan aset dan potensi di sekitar wilayah yang dimiliki oleh masyarakat. Hasil dari kegiatan pemberdayaan ini adalah pemanfaatan tanaman kalakai menjadi produk Stik Kalakai. Diketahui bahwa stik kalakai merupakan makanan ringan yang terinspirasi dari Stik Bawang, maka mahasiswa KKN Kebangsaan dan Bersama berinovasi mengolah tanaman kalakai menjadi sebuah produk unggulan. Produk ini dijual dengan kemasan yang menarik dan dipasarkan pada Pameran Produk KKN Kebangsaan X juga dibeli oleh dinas terkait untuk dipasarkan sebagai Produk Unggulan Desa Sei Asam.

References

Achmad Room Fitrianto, dkk. 2020. Membangun Kesadaran Msyarakat dalam Pemeliharaan Bendungan Gondrok (Sebuah Aksi Partisipatif dalam Memelihara Irigasi di Desa Bedohon, Jiwan, Madiun). Andi (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 80.

Ahmadi Dkk. (2021). Pedoman Kuliah Pengabdian Masyarakat Daring Dari Rumah. (KPM- DDR) LPPM IAIN Ponorogo.

Andrie Ellia Dkk. (2022). Pedoman Teknis KKN Kebangsaan dan KKN Bersama Tahun 2022 LPPM Universitas Palangka Raya.

Direktorat Jendral Perkebunan. 2012. Definisi Lahan Gambut, dari Ketidakjelasan Menjadi Jelas. https://ditjenbun.pertanian.go.id/definisi-lahan-gambut-dari-ketidakjelasan- menjadi-jelas/ diakses pada 15 Agustus 2022.

Gunawan Sumodiningrat. 1999. Pemberdayaan Masyarakat dan JPS. (Jakarta: Pustaka Utama).

Hadin Sri Isnaini, Dwi Setya Nugrahini. 2022. Pemberdayaan Ibu-Ibu Rumah Tangga Dalam Pengembangan Usaha Makanan Kerupuk Beras Sebagai Ekonomi Kreatif Di Dukuh Sumurgung Desa Pucangrejo Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun. Loyalitas (Jurnal pengabdian Kepada Masyarakat), 5(1), 33-55.

PERMEN LH No.7/2006.

PERMENTAN No.14/Permentan/LP.110/2009.

Ully Hikmah Andini, Mochamad Saleh Soeaidy, Ainul Hayat. (2015). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa Tertinggal Menuju Desa Tidak Tertinggal: Studi di Desa Muktiharjo Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati. Kota Malang. Jurnal Administrasi Publik (JAP), 2(12), 7-11.

Yulianti, Khairun Nisa. (2020). Diversifikasi Produk Olahan Kolang Kaling dan Kalakai Untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat di Sekitar Lahan Basah, Pro Sejahtera (Prosiding Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat).

Downloads

Published

2023-02-02

Versions

How to Cite

Sarie, F. ., Hidayat, I. T. ., Alvionita, P., Rezikna, R., Mezha, A. ., Padang, A. ., Keningatko, E. ., Tiono, C. P. ., Sholehah, R. ., & Nasution, P. N. . (2023). PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DENGAN STIK KALAKAI SEBAGAI PRODUK UNGGULAN DESA SEI ASAM. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 123–131. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12083