MENINGKATKAN KEMAMPUAN KETRAMPILAN BERNYANYI GENERASI MUDA DI GEREJA HKBP BERASTAGI KABUPATEN KARO

Authors

  • Junita Batubara Universitas HKBP Nommensen
  • Jubilezer Sihite Universitas HKBP Nommensen
  • Ken Steven Universitas HKBP Nommensen
  • Ronald Heriko Saragih Universitas HKBP Nommensen
  • Kamaluddin Galingging Universitas HKBP Nommensen
  • Emmi Simangunsong Universitas HKBP Nommensen
  • Ance J. Panggabean Universitas HKBP Nommensen
  • Joseph Sibarani Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12034

Keywords:

HKBP Berastagi, Pelatihan Bernyanyi, Songlieder, Lagu Buku Ende

Abstract

Huria Kristen Batak Protestan atau yang biasa disebut dengan HKBP, sebagian besar jemaatnya adalah orang Nasrani yang bersuku Batak. Sampai Sekarang gereja HKBP sudah menyebar luas hingga ke luar negeri. Pada Kesempatan ini, Pengabdian Masyarakat dilaksanakan di Gereja HKBP Berastagi, dimana gereja ini berdiri pada tahun 1940, dengan jumlah anggota jemaatnya sekitar 1424 orang (156 KK). Gereja ini melakukan kebaktian ibadah setiap Minggunya sebanyak dua kali yaitu pada pukul 08.00wib dan pukul 10.00wib. Dilihat dari jumlah jemaatnya, lebih banyak orangtua (lansia) sebagai anggota gereja daripada naposobulung atau disebut muda-mudi gereja. Kemampuan bernyanyi muda-mudinya, bisa dikatakan kurang mampu dikarenakan kurangnya pelatihan bernyanyi khususnya nyanyian dari Buku Ende.  Dengan adanya fakta tersebut maka dilakukanlah pelatihan bernyanyi untuk menambah ketrampilan muda-mudi gereja sebagao songlieder. Adapun metode yang digunakan adalah dengan melakukan ceramah dan pelatihan langsung terhadap mereka dengan cara pengenalan frasering, artikulasi, vibrasi, dan intonasi. Berdasarkan uraian latar belakang di atas maka pelatih menerapkan bagaimana teknik vokal yang benar dari lagu Buku Ende Nomor 716 “Di Na Mamolus Sandok Ngoluon”di gereja HKBP Berastagi khususnya sebagai seorang song lieder, sehingga mereka mampu menyanyikan lagu tersebut ketika saat ibadah di gereja HKBP Berastagi.

References

Batubara, Junita et.al. (2021). Praktek dan Partisipasi Dosen Dan Mahasiswa Melatih Bernyanyi Naposo Bulung HKBP Sola Gratia Binjai. Community Development Journal, Vol. 3 No. 1. Hal. 145-150.

Batubara, Junita et.al. (2022). Peningkatan Membaca Notasi Angka Terhadap Parguru Malua di Gereja HKBP Gratia Melalui Kegiatan Praktik Lapang Tematik. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. Vol.6, No. 1.

Departemen Pendidikan Indonesia (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Ende, T. B. (2009). Buku Ende. Pematang Siantar: Percetakan HKBP Pematang Siantar.

Ende, T. B. (2015). Buku Ende. Pematang Siantar: Percetakan HKBP Pematang Siantar.

Fithrah R., Toruan J., Maestro E. (2012). Peningkatan Kemampuan Bernyanyi Melalui Solfegio Dalam Pembelajaran Vokal di Man Lubukalung. Padang : Fakultas Bahasa dan Seni

Jamalus. (1988). Pengajaran Musik Untuk Melalui Pengalaman Musik. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Kantor Pusat HKBP Pearaja Tarutung (2009). Buku Logu HKBP Suplemen Kantor Pusat HKBP Pearaja Tarutung. Cetakan ke 10. ISBN 978-979-98792-8-8. HAK CIPTA HKBP. Pematang Siantar; Percetakan HKBP.

Lumbantobing, P. D. D. (2019). Reposisi Pekabaran Injil. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Oktara, B. (2011). Jago Teknik Vokal. Jakarta: Gramedia

Downloads

Published

2023-02-01 — Updated on 2023-02-01

Versions

How to Cite

Batubara, J. ., Sihite, J. ., Steven, K. ., Saragih, R. H. ., Galingging, K. ., Simangunsong, E. ., Panggabean, A. J. ., & Sibarani, J. . (2023). MENINGKATKAN KEMAMPUAN KETRAMPILAN BERNYANYI GENERASI MUDA DI GEREJA HKBP BERASTAGI KABUPATEN KARO. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 71–76. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12034