This is an outdated version published on 2023-01-30. Read the most recent version.

PELATIHAN MENGGUNAKAN MICROSOFT POWERPOINT SEBAGAI SARANA MEDIA PEMBELAJARAN

Authors

  • Micheal Sonny Universitas Indraprasta PGRI
  • Rudy Susanto Universitas Indraprasta PGRI
  • Indah Pangesti Universitas Indraprasta PGRI
  • Sri Mardiyati Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.11970

Keywords:

Peningkatan Pembelajaran Guru, Microsoft Powerpoint, Media Pembelajaran

Abstract

Pada tahun ajaran 2020/2021, hampir dipastikan seluruh sekolah di bawah naungan Kemendikbud dan Dinas Pendidikan DKI Jakarta telah menerapkan kurikulum 2013. Kurikulum ini kaya akan detail dan memberikan pendidikan menyeluruh bagi siswa. Diketahui bahwa kurikulum 2013 ini mendorong guru- guru untuk meningkatkan kualitas mengajar sebagai seorang tenaga pendidik yang disesuaikan kebutuhan pada masa sekarang. Aspek terpenting dari literasi teknologi informasi seorang guru adalah kemampuan mereka untuk mengakses dan menggunakan teknologi secara efektif. Aspek terpenting dari literasi TI guru adalah kemampuan mereka untuk mengakses dan menggunakan teknologi secara efektif. Tujuan dari Pengabdian Masyarakat ini adalah memberikan pelatihan dalam menggunakan Microsoft powerpoint sebagai sarana media pembelajaran bagi guru-guru SDN Klender 13 Jakarta Timur.

References

Febriyanti, R. H., & Sundari, H. (2020). Platform Form Application Of Use In Online English Based Teaching. Rangkiang: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat UP3M STKIP PGRI Sumatera Barat, 2(1), 17–27.

Helling, L. S. (2021). Pelatihan Penggunaan Ms. Power Point Bagi Staf di Yayasan Pendidikan Dan Kesejahteraan Islam Al-Muhajirin, Bogor. Jurnal Abdimas PHB: Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 4(2), 233–237.

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran matematika melalui media game quizizz untuk meningkatkan hasil belajar matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73.

Musfiqon, H. M. (2012). Pengembangan media dan sumber pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Permata, E., & Fatkhurrokhman, M. (2021). Pelatihan Komputer Microsoft Office dan Media Pembelajaran Animasi untuk Meningkatkan Kompetensi Guru SDIT Al Muhajirin. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 413–420.

Rahmawati, A. (2017). Laporan pengabdian masyarakat. Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung Semarang,(201910367), 1–35.

Rusli, M., Winarso, E., & Putri, D. (2020). Pelatihan Microsoft Powerpoint Dasar Bagi Guru Guru Paud Kabupaten Bekasi. ABDIMAS Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 12–15.

Satori, D., & Komariah, A. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif, cet. 6. Bandung: Alvabeta.

Sitanggang, R., Manurung, I. H. G., & Situmorang, H. (2021). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Microsoft Office Power Point Pada Guru Smp Swasta Masehi Sibolangit. Jurnal Abdimas Mutiara, 2(2), 304–312.

TIMUR, M. N. J. (n.d.). Kurikulum 2013.

Widoyoko, E. P. (2014). Penilaian hasil pembelajaran di sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1(2), 8.

Downloads

Published

2023-01-30

Versions

How to Cite

Sonny, M. ., Susanto, R. ., Pangesti, I. ., & Mardiyati, S. . (2023). PELATIHAN MENGGUNAKAN MICROSOFT POWERPOINT SEBAGAI SARANA MEDIA PEMBELAJARAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 41–44. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.11970