SEKOLAH PEREMPUAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI KELURAHAN JEMBATAN MAS

Authors

  • R.A. Rafika Panigoro Universitas Jambi
  • Riska Riska Universitas Jambi
  • M. Apri Shafari Universitas Jambi
  • Rika Yani Universitas Jambi
  • Untung Prayogo Universitas Jambi
  • Yola Dwi Candri Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i1.11941

Keywords:

Sekolah Perempuan, Dadung, Public Speaking

Abstract

Perkembangan revolusi industri yang semakin maju membawa berbagai dampak dalam kehidupan masyarakat terutama dalam nilai budaya dan sumber daya manusia. Hal ini mengakibatkan kebedaraan nilai-nilai budaya kearifan lokal semakin tergusur akan budaya lain yang masuk dan perlu peningkatan sumber daya manusia dalam mengikuti arus perkembangan dunia ini. Oleh karena itu, melalui hasil observasi dan wawancara bersama masyarakat akhirnya tim melaksanakan  program inovasi desa (Pro-IDE) yang dengan mengusung judul “Sekolah Perempuan Berbasis Kearifan Lokal di Kelurahan Jembatan Mas.” Tim bersama-sama berusaha merevitalisasi kesenian dadung yang sudah tenggelam kurang lebih selama 40 tahun dan meningkatkan softskill masyarakat melalui keterampilan berbicara didepan umum sebagai upaya untuk mempersiapkan generasi yang mampu bersaing ditengah derasnya arus perubahan dan perkembangan revolusi industri ini. Kegiatan ini dilakukan dengan metode observasi, wawancara, sosialisasi, membuat kurikulum, dan melaksanakan program dengan memberikan pelatihan secara praktik. Adapun sasaran program yaitu dari usia anak-anak hingga dewasa dengan batas umur 45 tahun. Hasil yang didapatkan yaitu masyarakat dapat memainkan tradisi lisan dadung dan mampu untuk berbicara didepan umum dengan komunikasi yang baik.

References

Lilianti, M, R., Said, H., Abubakar, Nurzaima, & Rosida, W. (2022). Pelestarian Budaya Daerah Guna Pengembangan Sektor Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , Negara Indonesia merupakan negara yang memiliki berbagai macam kebudayaan dari sabang ada disetiap daerah di Indonesia . Budaya merupakan identitas nasional yang me. Aksiologiya?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 181–190.

Putri, G. Y., & Yanuartuti, S. (2020). Revitalisasi Budaya Melalui Permainan Musik Angklung untuk Menunjang Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 5(1), 82–91. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/1145

Tarsinih, E., & Juidah, I. (2021). Kemampuan Public Speaking Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fkip Universitas Wiralodra Di Masa Pandemi Covid-19. Literasi?: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 5(2), 375. https://doi.org/10.25157/literasi.v5i2.6198

Downloads

Published

2023-02-21

How to Cite

Panigoro, R. R., Riska, R., Shafari, M. A. ., Yani, R. ., Prayogo, U. ., & Candri, Y. D. . (2023). SEKOLAH PEREMPUAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI KELURAHAN JEMBATAN MAS. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 607–612. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i1.11941