This is an outdated version published on 2022-11-30. Read the most recent version.

PELATIHAN AKUAPONIK DAN MINAPADI SERTA PEMASARAN DIGITAL DI DESA BONTOMINASA KECAMATAN BULUKUMPA

Authors

  • Arsad Bahri Universitas Negeri Makassar
  • Jabal Rahmat Ashar Universitas Muslim Indonesia
  • Tsalis Kurniawan Husain Universitas Muslim Indonesia
  • Andi Hamdillah Universitas Muslim Indonesia
  • Andi Farhanah Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.10506

Keywords:

Akuaponik, Minapadi, Pemasaran Digital, Pupuk Organik

Abstract

Desa Bontominasa merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba dengan dominasi penghasilan masyarakat melalui Pertanian dan Peternakan. Sistem pertanian yang selama ini digunakan masih bersifat konvensional dan tentunya belum bisa memaksimalkan potensi alam desa yang ada. Penerapan solusi dan pengembangan potensi yang bisa diberikan antara lain: (1) pelatihan pembuatan akuaponik, (2) penerapan sistem minapadi, (3) pembuatan pupuk organik cair dan pupuk kompos, (4) pemanfaatan bunga tanaman telang sebagai minuman herbal, dan (5) pelatihan pemasaran berbasis digital. Pelatihan pembuatan akuaponik, penerapan sistem minapadi dan pembuatan pupuk organik cair dan pupuk kompos dilakukan dalam tiga tahap yaitu sosialiasi dan penyuluhan, praktik pembuatan instalasi/sistem, serta monitoring dan evaluasi. Pelatihan pemanfaatan bunga tanaman telang sebagai minuman herbal dilakukan melalui dua tahap yaitu sosialisasi dan penyuluhan serta praktik pembuatan minuman herbal. Adapun kegiatan terakhir yaitu pelatihan pemasaran berbasis digital. Pelatihan ini dilakukan dengan empat tahap yaitu pelatihan pemasaran digital, pembuatan media pemasaran digital, pelatihan dan pembuatan iklan digital, serta monitoring dan evaluasi. Program/Produk yang dihasilkan dalam kegiatan ini adalah (1) instalasi akuaponik, (2) sistem budidaya minapadi, (3) produk pupuk organik cair dan pupuk kompos, (4) produk minuman herbal dari bunga telang, dan (5) program pemasaran berbasis digital. Untuk menghasilkan program/produk tersebut dilakukan pengembangan. Draft hasil pengembangan dijadikan sebagai bahan dalam kegiatan pelatihan penerapan inovasi teknologi yang dihadiri oleh masyarakat selaku mitra

References

Arini, W. (2019). Tingkat Daya Kapilaritas Jenis Sumbu pada Hidroponik Sistem Wick terhadap Tanaman Cabai Merah (Capsicum Annum L.). Jurnal Perspektif Pendidikan, 13(1), 23–34.

Badan Pusat Statistik. 2021. Provinsi Sulawesi Selatan dalam Angka 2021. Makassar: Badan Pusat Statistik Sulawesi Selatan.

Bastian H dkk 2018. Uji Efektivitas Bio Filter Dengan Tanaman Air Untuk Memperbaiki Kualitas Air Pada Sistem Akuaponik Ikan Lele Sangkuriang (Clarias Gariepinus). Jurnal Perikanan dan Kelautan Vol. IX No. 1 (134-142)

Budiyanto, M. A. K., 2010. Faktor Lingkungan Yang Mempengaruhi Mikroba. https://zaifbio.wordpress.com/2010/11/08/. Diakses pada tanggal 10 Oktober 2022.

Ismail Hasang dan Nasrullah A. 2015. Kontribusi Usahatani Padi Terhadap Pendapatan Petani di Kecamatan Paleteang Kabupaten Pinrang. Jurnal Economos Vol 30 (1) Hlm 27-34.

Downloads

Published

2022-11-30

Versions

How to Cite

Bahri, A. ., Ashar, J. R. ., Husain, T. K. ., Hamdillah, A. ., & Farhanah, A. . (2022). PELATIHAN AKUAPONIK DAN MINAPADI SERTA PEMASARAN DIGITAL DI DESA BONTOMINASA KECAMATAN BULUKUMPA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 2117–2122. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.10506