DESAIN SISTEM INFORMASI E-PORTOFOLIO SISWA DI SEKOLAH SD LUKMAN HAKIM KABUPATEN SUMENEP

Authors

  • Ach. Andiriyanto Universitas Wiraraja
  • Ahmed David Anugerah Universitas Wiraraja
  • Zarnuji Zarnuji Universitas Wiraraja

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.10261

Keywords:

Teknologi Informasi, E-portofolio

Abstract

Peran Teknologi Informasi memiliki peluang besar untuk kemudahan transformasi pembelajaran cepat sehingga terkesan lebih efektif dan menarik, karena tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Dimasa Pandemic seperti Covid 19 mengharuskan para   pengelola Pendidikan untuk berfikir keras merancang metode yang tepat dalam pengembangan instansi pendidikan yang di gawanginya, berbagai inovasi berbasis teknologi harus diterapakan agar pelayanan dan kualitas pendidikan tetap terjaga. Seiring keadaan tersebut  TIM  Program  Kemitraan Masyarakat Universitas Wiraraja menawarkan solusi  yang tepat dalam memastikan proses pembelajaran  dapat  berlangsung  secara  efektif  dan  efesien,  ide  PKM  ini merupakan sistem yang dirancang untuk mempermudah penilaian  pembelajaran, pengawasa secara terintegritasi antar guru, siswa dan wali murid sehingga bisa digunakan sebagai bahan evaluasi dan rekomendasi bagi masa depan sekolah yang lebih berkualitas,  solusi ini berdasarkan  temuan dilapangan  bahwa selama ini keluhan pihak pengelola sekolah di Yayasan Hidayatullah merasa kesulitan pada proses administrasi pembuatan  portofolio siswa dimasa Pandemi . Maka Tim PKM Universitas Wiraraja merancang sistem baru yaitu e-portofolio dalam mewujudkan digital school sesuai keingianan yang diharapakan oleh pemerintahdan juga pihak sekolah. Hasil dari pengabdian adalah memberikan satu aplikasi e-portofolio yang bisa di gunakan sekolah untuk kelengkapan laporan penilaina siswa dan hal ini mendapatkan sambutan positif  dari guru dan kepala sekolah, bentuk sambutan positif tersebut antara lain terlihat dari partisipasi aktif, baik dari pihak sekolah maupun dari para guru dalam belajar mengoprasikan aplikasi e-portofolio ini.Pihak sekolah juga sudah berencana menggunakan aplikasi ini ditahun pelajaran yang akan datang. Selain itu output lainnya adalah terpublikasikannya pengabdian ini melalui jurnal Abdiraja dan Media Online Fisip Wiraraja.

References

Esabella, Shinta. Internet Sehat Untuk Sekolah Digital (Program Studi Teknik Informatika Universitas Teknologi Sumbawa. 04 Mei 2016 pada Mini Seminar di SDN 2 Sumbawa)

Palupi Putri, Dini. Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital.

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup (Bengkulu: AR-RIAYAH Jurnal Pendidikan Dasar vol. 2, no. 1, 2018)

Subrata, Gatot. Perpustakaan Digital, (Malang: Jurnal Pustakawan UM, 2009) Chyberton,Solution. 2010. Kupas Tuntaas Database Server, 2008, Andi, Yogyakarta.

Slamet Firmansyah dkk (2019) Pengembangan Electronic Portfolio (E-Portfolio) Sebagai Assessment Pembelajaran Biologi Diunduh dari:

http://www. https://jurnal.unma.ac.id/index.php/BE/article/view/1699

Downloads

Published

2022-11-30 — Updated on 2022-12-15

Versions

How to Cite

Andiriyanto, A., Anugerah, A. D. ., & Zarnuji, Z. (2022). DESAIN SISTEM INFORMASI E-PORTOFOLIO SISWA DI SEKOLAH SD LUKMAN HAKIM KABUPATEN SUMENEP. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 2098–2102. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.10261 (Original work published November 30, 2022)