This is an outdated version published on 2022-11-30. Read the most recent version.

PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN BAGI IBU-IBU DI WAROPEN

Authors

  • Moses Yomungga Universitas Ottow Geissler Papua

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.10192

Keywords:

Kewirausahan Meningkatkan Kemampuan, Biaya Dan Pemasaran

Abstract

Kegiatan Pengabdian Masyarakat berjudul : Pelatihan Kewirausahaan bagi Ibu-Ibu di Kab.Waropen, bertujuan untuk meningkatkan  kapasitas dan kapabilitas maupun kopentensi dari  ibu-ibu di bidang wirausaha khusunya kemapuan menghitung biaya produksi dan pemasaran produk-produk yang telah dihasilkan berupa, Kripik, Sambal dari Kerang, tepung sagu dan beberapa broduk lainnya, pelatihan ini dilakukan karena para ibu-ibu yang berada di kabupaten waropen mengalami kesulitan dalam menentukan harga jual produk yang berdasarkan biaya produk yang terdiri dari biaya bahan baku dan biaya overhet, selain itu para ibu-ibu juga mengalami kesulitan dalam memasarkan produ-produk kuliner yang telah dihasilkan, baik di pasar lokal, pasar moderen dan pemasaran produk secara online (e-commerce)melalui media-media sosial dan platfrom. Dengan dilakukannya pelatihan tersebut selama seminggu dan kini para ibu-ibu telah memiliki kemampuan untuk menghitung baiya produksi, sehingga para ibu-ibu sudah bisa menetapkan harga jual produk berdasarkan biaya. Ibu-ibu juga sudah melakukan pemasaran produk secara online dan ofline.

References

Abdullah, T. dan Tantri, F. 2012. Manajemen Pemasaran. PT. Rajagrafindo Persada, Depok.

Ayu, D.H.T. 2015. Pengertian, Unsur dan Tujuan Biaya Produksi. [Internet]. [Diakses pada tanggal 5 September 2019]. Tersedia pada: https://www.google.com/amp/s/www.kompasiana.com/amp/dhanatsr/pengertian-unsur-dan-tujuan-biaya-produksi_56406be1727a61d606048be2.

Budiman, J.J., Ilat, V., dan Mawikere, L.M. 2019. Analisis Penentuan Biaya Produksi Dengan Menggunakan Metode Full Costing Untuk Menentukan Harga Jual Pada PT. Blue Ocean Grace International. Jurnal Riset Akuntansi Going Concern 14(1), 122-129.

Chaniago, H. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Harga pada Loyalitas Konsumen Nano Store. International Journal Administration, Business and Organization, 1(2), 2020.

Syarief, F. (2020). Pengembangan Dan Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM). Yayasan Barcode. Makassar

Downloads

Published

2022-11-30

Versions

How to Cite

Yomungga, M. . (2022). PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN BAGI IBU-IBU DI WAROPEN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 2081–2084. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.10192