PELAKSANAAN BERMAIN MENCIPTA DARI BENTUK GEOMETRI UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS ANAK

Authors

  • Tiurlan Mariasima Doloksaribu Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Medan
  • Agustina Boru Gultom Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Medan
  • Arbani Batubara Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.10147

Keywords:

Bermain, Mencipta, Bentuk Geometri, Kreatifitas

Abstract

Kreativitas merupakan potensi penting untuk dikembangkan sejak usia dini untuk mengembangkan potensinya. Permainan mencipta bentuk geometri dapat menstimulasi perkembangan kreativitas dan imajinasi anak. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kreativitas anak melalui pelaksanaan bermain mencipta dari bentuk geometri di TK Negeri Pembina Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang Tahun 2017. Metode yang digunakan adalah kegiatan bermain mencipta dari bentuk geometri dari bahan kertas asturo warna-warni yang ditempelkan menggunakan lem kastol pada spons. Anak diminta untuk membuat bentuk sesuai keinginannya, kemudian diberikan simulasi atau contoh cara membuat bentuk dari bentuk geometri selanjutnya anak diminta mencipta bentuk sesuai dengan contoh ataupun membuat berbagai bentuk sesuai yang diinginkannya. Penilaian pre tes dan post tes dilakukan menggunakan lembar observasi, wawancara menggunakan panduan wawancara yang berisi 6 pertanyaan.  Sasaran adalah anak usia 4 – 6 tahun merupakan murid-murid di TK Negeri Pembina, Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang berjumlah 68 orang anak. Hasil penilaian pre test mayoritas anak kurang kreatif sebanyak 64 anak (94%), penilaian post test menunjukkan kreatifitas anak pada tingkat kurang kreatif sebanyak 28 anak (41%), kreatif sebanyak 22 anak (32%) dan sangat kreatif sebanyak 18 anak (27%). Ada peningkatan kreatifitas anak setelah diberikan kegiatan bermain mencipta dari bentuk geometri.

References

Rahmawati, Y., & Euis Kurniati. (2005). Strategi Pengembangan Kreatifitas Pendidikan Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta.

Sri Yuli Ristanti. (2013). Meningkatkan Kreatifitas Anak Melalui Kegiatan Bermain Mencipta Dari Bentuk Geometri Pada Kelompok B TK Muslimat NU Tamanagung I Muntilan. Yogyakarta.

Undang-Undang RI,No.20. (2003). Sistem Pendidikan Nasional.

Utami Munandar. (1992). Mengembangkan Bakat dan Kreaktifitas Anak Sekolah?: Petunjuk Bagi Para Guru dan Orangtua. PT Gramedia Widiasarna Indonesia.

Downloads

Published

2022-11-30 — Updated on 2022-12-13

Versions

How to Cite

Doloksaribu, T. M. ., Gultom, A. B. ., & Batubara, A. . (2022). PELAKSANAAN BERMAIN MENCIPTA DARI BENTUK GEOMETRI UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS ANAK. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 2074–2080. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.10147 (Original work published November 30, 2022)