PENDAMPINGAN GURU PEMBINA OSN MATEMATIKA SMP NEGERI 1 JETIS BESERTA SEKOLAH IMBASNYA

Authors

  • Arta Ekayanti Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Senja Putri Merona Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Uki Suhendar Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v1i3.1004

Keywords:

Pendampingan, OSN, Matematika, SMP

Abstract

Kegiatan OSN merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan SMA, Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, yang merupakan kompetisi yang menjadi perhatian khusus dari sekolah. Dimana sekolah-sekolah akan mengirimkan peserta didik terbaiknya khususnya dalam bidang Sains. Tujuan dari kegiatan pendampingan ini untuk memberikan penguatan materi kebutuhan OSN Matematika bagi para pembina OSN Matematika. Hal ini dilakukan agar lebih optimal dalam mendampingi serta membina peserta didiknya. Metode kegiatan ini dilakukan melalui beberapa tahapan meliputi, tahap awal, tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Tahap awal berupa analisis kebutuhan, tahap persiapan berupa penyiapan instrumen sedangkan tahap pelaksanaan terdiri dari tiga sesi yaitu penyajian materi, pembahasan contoh soal dan pengerjaan soal latihan dilanjutkan presentasi jawaban soal latihan. Hasil kegiatan pendampingan ini sudah baik. Terlihat dari antusiasme peserta dalam mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir yaitu selalu aktif berdiskusi. Serta pemahaman yang baik dari peserta, terlihat dari kemampuan peserta dalam menyelesaikan soal latihan yang cukup bervariasi serta membutuhkan penalaran yang tinggi.

Author Biographies

Arta Ekayanti, Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Senja Putri Merona, Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Uki Suhendar, Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Ponorogo

References

Antonius Rachmat Chrismanto, Katon Wijana, Rosa Delima, Yuan Lukito, H. B. S. (2018). Analisis Perbandingan Model Program Pendampingan untuk Pelatihan OSN Komputer Siswa SMA (pp. 79–87). Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat.

Kemendikbud. (2018a). Panduan Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional.

Kemendikbud. (2018b). Silabus OSN Tingkat SMP 2018.

Ningsih, R. E. . (2016). Penerapan Metode Drill untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Tanjung Morawa. School Education Journal PGSD FIP UNIMED, 6(2), 72–78.

Susanto, G. N., Sembiring, S., & Ekowati, C. N. (2016). PEMBINAAN GURU SEBAGAI DASAR PENINGKATAN PRESTASI SISWA SD DALAM AJANG KOMPETISI OSN SD IPA TINGKAT NASIONAL. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL-HASIL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS LAMPUNG 2016 (p. 1120123). Bandar Lampung: LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS LAMPUNG.

Downloads

Published

2020-10-12

How to Cite

Ekayanti, A., Merona, S. P., & Suhendar, U. (2020). PENDAMPINGAN GURU PEMBINA OSN MATEMATIKA SMP NEGERI 1 JETIS BESERTA SEKOLAH IMBASNYA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 301–306. https://doi.org/10.31004/cdj.v1i3.1004