Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Sicepat Bangkinang
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v2i2.5810Abstract
Sicepat merupakan salah satu perusahaan kurir dan logistik besar yang yang didukung secara online yang tersebar luas di Indonesia, melayani pengiriman Express, serta distribusi di Indonesia. Dengan adanya kualitas pelayanan yang baik di dalam suatu perusahaan jasa, akan menciptakan kepuasan bagi para konsumennya. Setelah konsumen merasa puas dengan produk atau jasa yang diterimanya, konsumen akan membandingkan pelayanan yang diberikan. Kualitas layanan dapat berpengaruh kepada kepuasan konsumen dan kemudian berdampak terhadap kepercayaan, dan juga kepuasan konsumen dapat menimbulkan loyalitas konsumen. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang pelanggan Sicepat di Bangkinang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan jumlah 10 item untuk variabel kualitas pelayanan dan 10 item untuk variabel kepuasan pelanggan. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kuantitaif dengan menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan Sicepat Bangkinang dengan nilai thitung > ttabel atau 4,917 > 1,66055 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Apabila variabel kualitas pelayanan ‘meningkat’ 1 satuan secara constant sebesar 25,414 maka kepuasan pelanggan akan ‘meningkat’ pula sebesar 0,340. Besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Sicepat Bangkinang adalah sebesar 19,8%.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2022-08-12
How to Cite
Sari, E. N., Zulmi, S., & Bustami, B. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Sicepat Bangkinang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(2), 50–57. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i2.5810
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Efti Novita Sari, Syafriade Zulmi, Bustami Bustami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).