Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Sicepat Bangkinang

Authors

  • Efti Novita Sari Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Syafriade Zulmi Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Bustami Bustami Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v2i2.5810

Abstract

Sicepat merupakan salah satu perusahaan kurir dan logistik besar yang yang didukung secara online yang tersebar luas di Indonesia, melayani pengiriman Express, serta distribusi di Indonesia. Dengan adanya kualitas pelayanan yang baik di dalam suatu perusahaan jasa, akan menciptakan kepuasan bagi para konsumennya. Setelah konsumen merasa puas dengan produk atau jasa yang diterimanya, konsumen akan membandingkan pelayanan yang diberikan. Kualitas layanan dapat berpengaruh kepada kepuasan konsumen dan kemudian berdampak terhadap kepercayaan, dan juga kepuasan konsumen dapat menimbulkan loyalitas konsumen. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang pelanggan Sicepat di Bangkinang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan jumlah 10 item untuk variabel kualitas pelayanan dan 10 item untuk variabel kepuasan pelanggan. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kuantitaif dengan menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan Sicepat Bangkinang dengan nilai thitung > ttabel atau 4,917 > 1,66055 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Apabila variabel kualitas pelayanan ‘meningkat’ 1 satuan secara constant sebesar 25,414 maka kepuasan pelanggan akan ‘meningkat’ pula sebesar 0,340. Besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Sicepat Bangkinang adalah sebesar 19,8%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-08-12

How to Cite

Sari, E. N., Zulmi, S., & Bustami, B. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Sicepat Bangkinang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(2), 50–57. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i2.5810